Perbedaan Suzuki Jimny Biasa dengan Varian Sierra dan Caribian, Jip Serba Bisa

Suzuki Jimny Caribian, Jimny Sierra, Jimny Trepes, adalah nama-nama Suzuki Jimny yang ada di Indonesia. Meski sama-sama satu keluarga dari Jimny, namun Suzuki Indonesia memasarkan model-model ini dalam tipe bodi yang berbeda.

Kalau ngomongin soal Suzuki Jimny, maka harus melihat sejarah panjang SUV Off road ikonik yang satu ini. Sebab sudah lebih dari setengah abad Jimny hadir di Indonesia, dengan ratusan ribu atau bahkan jutaan penggemarnya.

Kiprah Jimny di Indonesia dimulai pada era 1970-an melalui seri Jimny LJ50 yang debut globalnya lebih dulu dilakukan di Jepang pada 1968. Model Jimny pertama itu pun cukup sukses diterima pasar Indonesia.

Alhasil, Suzuki menawarkan lagi Jimny berkode LJ80 yang kini kerap disebut Jimny Jangkrik. Mesinnya berkapasitas 800 cc 4 silinder SOHC masih pakai karburator. Sukses lagi dengan model Jimny Jangkrik, Suzuki menawarkan model lainnya dengan atap trepes yang dikenal dengan kode LJ80V. Model ini pun menjadi Suzuki Jimny pertama dari Suzuki Indonesia yang dirakit di pabriknya di Cakung, Jakarta Timur.

Kerap disebut Jimny Jangkrik

Lanjut ke tahun 1982, Suzuki menghadirkan Jimny generasi kedua dengan desain lebih mengotak dan dan terlihat lebih modern dari pendahulunya. Selain itu juga dibekali mesin baru dengan kapasitas silinder yang lebih besar yaitu 1.000 cc untuk memfasilitasi kebutuhan off-road penggunanya yang saat itu sudah semakin meningkat.

Generasi kedua Jimny dalam model SJ410 berhenti dijual di Tanah Air pada 1993. Tetapi selama kiprahnya di dalam negeri, Suzuki juga Jimny gen 2 ini dalam beberapa varian model seperti Suzuki Jimny Sierra, Suzuki Jimny Caribian, Suzuki Katana, dan Suzuki Jimny Trepes. 

Suzuki Jimny dan Sierra hadir dalam versi short wheelbase (SWB), sedangkan varian long wheelbase (LWB) diberi penamaan Caribian dan Katana Long. Model LWB ini dikenal dengan nama Jimny Long.

Sementara untuk Jimny Trepes, ciri khasnya dapat dikenali dengan mudah dari desain atapnya yang pendek. Sehingga interiornya pun sempit dan tidak cocok bagi orang berpostur lebih dari 170 cm.

Super Jimny

Di tahun yang sama, Jimny Samurai SJ413 juga turut dijual di Indonesia, namun peredarannya sangat langka. Dibandingkan Trepes yang hanya berkapasitas 1.000cc, mesin Jimny Samurai lebih besar yakni 1.300cc. 

Adapun kode angka 10 dan 13 di belakang kode SJ4 menandakan kapasitas mesin. Dari segi bentuk body, keduanya tidak berbeda jauh dan Jimny Samurai ini kelak mesinnya dipakai pada Jimny Caribian.

Memasuki tahun 1984, posisi Suzuki Jimny Trepes digantikan oleh Suzuki Jimny V3 atau sering disebut sebagai Super Jimny 6. Varian ini desain atapnya sedikit lebih tinggi, tapi belum setinggi model Katana hasil produksi Suzuki Indomobil. 

Dari faktor estetika pun, model eksterior Super Jimny tergolong lebih proporsional dan sporty. Masalah yang kerap ditemui sebelumnya di Jimny Trepes yaitu headroom sempit, tak lagi ditemukan.

Suzuki Jimny 5 pintu

Pada Agustus 2017, Suzuki Indonesia pernah memasukkan Jimny generasi ketiga berkode JB23. Namun sayangnya, model ini bukan diproduksi secara lokal, namun diimpor utuh dari Jepang. Jumlahnya pun terbatas hanya 88 unit.

Lanjut ke 2018, Suzuki kembali menghadirkan Jimny sebagai generasi keempat. Mobil ini hadir bertepatan dengan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Jimny JB64 ini hadir dengan desain yang jauh lebih modern, dan menggunakan mesin K15B seperti yang terpasang di beberapa model modern Suzuki.

Jika awalnya Jimny Sierra gen 4 ini hanya hadir dalam versi 2 pintu, maka di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang dihelat Februari, hadir varian Jimny 5 pintu.

Baca juga: Obat Ganteng Suzuki Jimny Biar Makin Bisa Dipakai Berpetualang

Klasifikasi Suzuki Jimny, Jimny Sierra, dan Jimny Caribian

Suzuki Jimny Sierra

Kali ini kami akan fokus pada Suzuki Jimny generasi kedua yang juga diproduksi dalam beberapa tipe dan diberi nama yang berbeda. Ada Suzuki Jimny Sierra, Suzuki Jimny Caribian atau Suzuki Jimny Trepes.

Untuk dua model pertama merupakan kombinasi antara jip dan pick-up, karena memiliki bak belakang.  Jimny Sierra berbentuk mobil jip pick up dua pintu, dengan bak dibelakangnya. Bagian baknya ditutup dengan bodi yang terpisah dari bodi utama mobil. Bahan penutupnya bisa dari plastik ABS dengan kaca atau kanvas, bisa dilepas-pasang. 

Suzuki Jimny Sierra terbilang sangat unik. Dimensi bodinya sama persis seperti Jimny Trepes dengan atap rendah, tapi bagian bodi belakang menggunakan fiberglass atau kanvas yang dapat dibongkar pasang sehingga menjadi sebuah mini pick-up dan turut dilengkapi oleh panel targa ditengahnya.

Jimny Sierra model SWB pick up

Pada tahun 1983 hingga pertengahan 1984, kaca belakang Jimny Sierra ukurannya masih kecil. Sementara mulai pertengahan 1984 hingga 1985, ukuran kacanya diperbesar sehingga visibilitas pengemudi ke arah belakang mulai membaik.

Untuk pintu belakang, bagian kacanya dapat dibuka ke atas sedangkan bagian bawahnya dibuka ke arah samping seperti pada Honda CRV Gen 1 atau CRV Gen 2. Keunikan Jimny Sierra lainnya ada pada kaca depan dimana kacanya dapat dilipat seperti Jeep Willys, sebab terdapat sepasang engsel.

Baca juga: Menghitung Biaya Servis Suzuki Jimny 5 Pintu di Bengkel Resmi Sampai 100.000 Km, Tak Semahal yang Dibayangkan!

Suzuki Jimny Caribian, Model Fenomenal yang Pernah Dibawa Suzuki Indomobil

Modelnya lebih panjang ketimbang Sierra

Indonesia pernah kedatangan generasi terakhir dari Suzuki Jimny SJ-Series melalui jalur CBU dengan nama Jimny Caribian. Mobil ini memiliki bentuk bodi berupa jip pikap dua pintu. 

Jimny dengan kode SJ413 ini hadir pada tahun 2005 yang langsung didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand. Secara nomenklatur, Jimny Caribian masih masuk ke dalam generasi kedua. 

Bisa dikatakan, Caribian adalah versi Long Wheelbase dari Jimny Sierra, tapi ditambahkan sebuah extra-cab. Perlu kamu ketahui, Jimny Caribian tidak bisa disebut sebagai double-cab karena status kabin belakang hanya berfungsi sebagai kabin ekstra saja.

Ada extra cab di belakang

Desain kabin layaknya mobil extra cabin dengan kaca jendela samping kedua di pilar D. Sementara itu di bagian bak ada seperti frame tapi tidak ada bodi penutupnya seperti Sierra. 

Penjualan Caribian termasuk cukup singkat yakni dari tahun 2005 hingga 2007 saja dan bertugas sebagai varian penutup dari Jimny SJ-Series.

Untuk mesinnya sendiri sama seperti Jimny Samurai yakni 1.3 liter sehingga ia mengenakan kode SJ413. Jimny Caribian mengadopsi mesin G13B berkapasitas 1.300cc dengan sistem pengabutan semi injeksi (Injection Single Point) yang juga dapat ditemui pada Suzuki Every.

Rancangan mesinnya pun masih terbilang sederhana dibandingkan mesin modern masa kini, sebab masih menerapkan 2 katup per silinder (SOHC). Di atas kertas, mesin ini memiliki output lebih besar daripada mesin F10A yang ada pada Jimny lawas.

Mesinnya 1.300 cc

Mesin 1.300 cc mampu menghasilkan tenaga 69 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi 103 Nm pada 3.500 rpm. Selain lebih irit, mesin ini juga menjadikan akselerasi lebih cepat khususnya di putaran bawah hingga menengah.

Karena masih tergolong sebagai generasi kedua, maka detail penampilan Suzuki Caribian pun nyari sama seperti Jimny yang SJ410/SJ413, baik itu eksterior ataupun interior. Kecuali untuk konfigurasi body dengan ciri khas berbentuk pick-up sasis panjang dan extra-cab. Kemudian sektor mesin yang berkapasitas lebih besar dengan pasokan semi injeksi.

Dibandingkan model pick-up, model extra-cab ini menjadi varian paling banyak masuk ke Indonesia. Meski begitu, peredarannya tidaklah mudah ditemukan seperti varian Jimny lainnya.

Karena kemampuan terabasnya cukup mumpuni, maka unitnya sendiri banyak digunakan oleh beberapa perusahaan tambang dan perminyakan terkemuka di tanah air. Penggunanya menginginkan mobil kecil tapi bisa menaklukkan medan offroad.

Di pasar lokal, Suzuki Caribian juga mulai menjadi collector item, dan kini unitnya kebanyakan dimiliki oleh pehobi offroad. Caribian tidak bisa dikatakan jip tapi juga tidak bisa disebut sebuah pick-up walau nyatanya memang berbentuk pick-up. 

Baca juga: Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu, di Jalur Offroad Masih Tetap Tangguh?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Jimny

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki Jimny di Test Untuk Off-Road Oleh Para Jurnalis Otomotif Indonesia

Sosok Suzuki Jimny Caribian beberapa waktu belakangan ini mendadak viral di media sosial. Hal itu lantaran adanya kejadian satu pengguna mobil tersebut yang ditilang oleh polisi lalu lintas yang tengah bertugas. Si pengemudi diberhentikan, karena mobil Suzuki Jimny Caribian miliknya dianggap hasil modifikasi mobil penumpang menjadi mobil pick up. Padahal si pengemudi sudah menunjukkan surat-surat keterangan mengenai kendaraan itu, dan tertulis jika mobil yang ia kendarai memang berjenis pick up.
Berbagai aliran modifikasi mobil ditampilkan di IMX 2024 mulai dari yang simpel hingga ekstrim sekalipun. Mobil modifikasi dengan dilakukan banyak ubahan yang dipamerkan dalam gelaran IMX kali ini salah satunya adalah Daihatsu Charmant yang disulap menjadi modifikasi Toyota AE86. AE86 merupakan salah satu mobil legendaris Jepang yang memiliki nama lengkap Toyota Corolla Sprinter Trueno serta nama lain Levin AE86. Mobil ini menjadi dambaan pecinta otomotif di berbagai belahan dunia, salah satunya
Berbagai mobil modifikasi ditampilkan dalam ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2024 yang digelar di ICE BSD City Hall 9-10, Tangerang, Banten mulai dari 4 hingga 6 Oktober 2024. Salah satu mobil yang menarik perhatian pengunjung pada pameran ketujuh IMX ini hadirnya sosok modifikasi Toyota Starlet kotak berkelir putih. Yup, Starlet kotak dengan modifikasi simpel ini tampil klimis dan juga nyentrik berkat dilakukan sejumlah ubahan serta beberapa tambahan aksesoris. “Modifikasi tipis-tipis aj
Melihat mobil supercar dengan body menggunakan serat karbon (carbon fiber) jadi hal biasa, namun di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2024 hadir sebuah modifikasi Toyota Hilux full carbon. Ya, tampilan Hilux full carbon buatan Jogja ini membuat mobil double cabin tersebut jadi sangat berbeda, karena seluruh body mulai dari bagian depan hingga belakang yang awalnya bermaterial logam baja dilepas, dan diganti serat karbon. Menariknya, tampilan Hilux full carbon ini juga tidak hanya menghiasa
Kalau melihat modifikasi Honda Brio RS yang satu ini, mungkin kalian akan nilai biasa saja. Padahal sosok Brio kuning yang tampil di acara Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2024 tersebut bisa dibilang Serigala Berbulu Domba. Ya, dari luar ia memang terlihat modifikasi Honda Brio RS yang cukup proper. Pakai velg racing model TE37 yang kerap disebut "Velg Tak Pernah Salah", berpadu ban semi slick khas gaya modif anak muda. Kemudian bodi mobil juga udah dibuat ceper. Lalu apa istimewa

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta X

Rp 428,00 - 448,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5 GT

Rp 453,80 - 493,80 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8 Pro Max

Rp 586,50 - 628,50 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 419,80 - 498,80 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion Hyptec HT

Rp 685,00 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion ES

Rp 386,00 Juta

Lihat Mobil
Nissan

Nissan Serena e-POWER

Rp 635,00 Juta

Lihat Mobil
Lexus

Lexus LBX

Rp 895,00 - 942,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Jimny
Lihat