5 Mobil Pintu Geser di Bawah Rp100 Juta, Cocok Buat Usaha dan yang Punya Anak Banyak
Enda · 21 Des, 2024 10:02
0
0
Memilih mobil pintu geser di bawah Rp 100 juta, kami punya beberapa rekomendasi model yang bisa kalian pertimbangkan. Mobil dengan pintu geser memiliki daya tarik tersendiri. Tak sedikit orang mempunyai alasan mengapa mencari mobil dengan pintu tengah jenis sliding door.
Mobil pintu geser memiliki akomodasi yang terbilang sangat lapang untuk kabin baris kedua. Dimana penumpang akan lebih leluasa ketika keluar-masuk mobil, serta terasa lebih mudah ketika ingin menaikan atau menurunkan barang. Mobil dengan pintu geser juga memiliki kelebihan untuk kalian yang punya garasi sempit. Itu dikarenakan bukaan pintu mobil tidak perlu memakan ruang yang banyak.
Tak perlu berlama-lama, berikut rekomendasi mobil pintu geser di bawah Rp 100 juta versi Autofun Indonesia.
1. Mobil Pintu Geser di Bawah Rp 100 Juta, Nissan Serena C24 Tawarkan Paket Komplit
Di Indonesia, mobil pintu geser banyak dipakai untuk kendaraan yang menyasar segmen menengah atas. Tak heran apabila beberapa orang beranggapan bahwa mobil dengan pintu geser adalah kendaraan mewah.
Bicara mobil pintu geser di bawah Rp100 juta versi Autofun Indonesia, yang pertama adalah Nissan Serena C24. Generasi kedua Serena yang dijual secara resmi di Tanah Air ini pertama kali meluncur pada 2004. Menyasar segmen Medium MPV, harga bekas Serena C24 kini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan.
Mobil ini memiliki beragam keunggulan yang tidak dimiliki kendaraan keluarga kebanyakan. Serena C24 ditawarkan dalam tiga varian, Comfort Touring (CT), Highway Star (HWS) dan Autech. Meski punya harga bekas yang terjangkau, mobil ini tetap menawarkan kesan mewah dan kenyamanan berkendara.
Seperti yang bisa dilihat untuk varian HWS dan Autech, pintu gesernya dilengkapi motor penggerak guna membuka dan menutup pintu secara otomatis. Selain itu, dua tipe dua tipe ini juga berhasil disematkan monitor sebagai infotaimentnya, jok kulit, serta kamera mundur.
Bahkan mobil ini juga memiliki monitor pada kedua head rest, meja lipat di baris kedua, serta horden yang berfungsi untuk meningkatkan privasi penumpang sekaligus membuatnya terkesan semakin premium dan mewah.
Kesan mewah juga ditawarkan pada baris kedua. Dimana joknya mengaplikasikan kursi jenis captain seat yang sudah dibekali pengaturan reclining guna menawarkan kenyamanan serta keleluasan ruang kabin. Oh iya, tipe HWS juga mendapatkan meja lipat yang disertai arm rest di jok baris pertama dan kedua.
Mobil ini dipersenjatai mesin QR20DE 2.0 liter 4 silinder segaris 16 valve berkapasitas 1.998 cc, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 152 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 200 Nm pada putaran 4.000 rpm. Mesinnya dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter sebelum diteruskan ke roda depan. Serena C24 ini memiliki kesamaan dengan X-Trial 2.0L khususnya pada bagian mesin.
Mengenai suku cadangnya, mobil ini masih mudah ditemukan walaupun harganya terbilang cukup mahal. Dengan begitu kalian tidak perlu kahawtir kesusahan mendapatkan suku cadang apabila mengalami kerusakan pada bagian mesin.
2. Daihatsu Luxio Mobil Keluarga yang Bisa Dipakai Usaha
Mobil pintu geser di bawah Rp 100 juta pilihan berikutnya ada Daihatsu Luxio. Meluncur pertama kali pada 2009, untuk harga bekasnya mobil ini mulai dari Rp80 jutaan. Luxio merupakan Gran Max versi mewah. Tak heran apabila didalamnya mobil ini memiliki fitur lebih komplit.
Dapat memenuhi beragam kebutuhan sejalan dengan kapasitas kabin yang luas, sebagai mobil keluarga yang bisa dipakai usaha, Luxio sanggup memuat 8 orang sekaligus. Mobil ini ditawarkan dalam tiga varian, yang mana tipe D sebagai varian terendah, M varian tengah, dan X sebagai tipe teratasnya.
Karena diperuntukan sebagai mobil keluarga, Luxio sudah dilengkapi AC, power window, power steering, cup holder di setiap baris, serta beberapa laci penyimpanan barang untuk semua varian. Namun untuk tipe M dibekali dengan double blower, spion elektrik, selanjutnya varian X ketambahan airbags dan sistem pengereman ABS.
Berbeda dengan Serena C24, Luxio menggunakan jok tengah yang dibuat menyatu antara kedua sisi. Memberikan kesan nyaman, pada bagian tengah jok terdapat arm rest berikut cup holder dengan pengaturan fleksibel.
Luxio banyak dipakai sebagai kendaraan travel lantaran irit bahan bakar, perawatan mudah, dan spare part yang murah. Bicara jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin 3SZ-VE 4-silinder segaris DOHC VVT-i berkubikasi 1.495 cc, dengan perolehan tenaga 97 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 134 Nm pada 4.400 rpm.
Pada varian D dan M, mobil ini hanya menggunakan transmisi manual 5-percepatan, sedangkan tipe X memiliki opsi transmisi otomatis 4-percepatan.
3. Daihatsu Gran Max, Mobil Niaga Berpenumpang dengan Pintu Geser
Daihatsu Gran Max hadir sebagai mobil niaga berpenumpang dan barang. Pertama kali hadir pada 2007, mobil ini merupakan suksesor dari Daihatsu Zebra Master atau yang lebih dikenal dengan Espass. Secara bentuk Gran Max sama seperti Luxio dengan menggunakan pintu geser pada bagian tengah. Yang membedakan keduanya secara tampilan luar ada pada fascia serta buritan.
Versi minibus Gran Max sendiri hadir dalam dua model, yakni penumpang dan blind van. Untuk model minibus berpenumpang mobil ini sanggup memuat 9 orang sekaligus dengan jok baris ketiga yang dibuat saling berhadapan.
Model minibusnya ini cocok buat kalian yang mencari mobil keluarga dengan daya tampung banyak, namun juga bisa dipakai untuk usaha. Baik usaha dilakoni seperti catering makanan, travel, maupun antar-jemput anak sekolah.
Karena ditempatkan di bawah Luxio dengan mengutamakan akomodasi serta daya angkut, untuk fitur mobil ini hanya mengandalkan AC di bagian depan. Bahkan pada varian bawahnya tidak dilengkapi power steering.
Pasaran harga bekas mulai dari Rp50 jutaan, Gran Max punya dua opsi pilihan mesin. Varian 1.5 memakai mesin 3SZ-VE DOHC 16 Valve 4-silinder segaris 1.495 cc dengan teknologi Fuel Injection VVT-i yang sama persis digunakan oleh Luxio. Di atas kertas, mesinnya mampu melecutkan tenaga maksimal sampai 97 PS pada 6.000 rpm serta torsi 134 Nm di 4.400 rpm.
Sleanjutnya untuk varian 1.3, memakai mesin K3-DE, DOHC Fuel Injection 16 Valve 4-silinder segaris. Mesin berkapasitas silinder 1.298 cc tersebut dapat memeras tenaga sampai 88 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 114 Nm di 4.400 rpm. Berbeda dengan Luxio, Gran Max hanya ada dengan menggunakan transmisi manual 5-percepatan.
4. Nissan Evalia, Serena C24 Versi Lite
Nissan Evalian merupakan mobil pintu geser yang sempat populer di masanya. Pertama kali hadir pada 2012, untuk pasar Indonesia Evalia ditawarkan dua varian, yaitu SV dan XV. Satu tahun setelah kehadirannya, Nissan menghadirkan tipe St sebagai trim terendahnya. Kemudian pada Januari 2014, Evalia mendapat tambahan satu varian lagi XV Highway Star (HWS) yang sekaligus merupakan tipe termewahnya.
Harga bekas Evalia kini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan. Sebagai mobil keluarga dengan pintu geser, untuk kapasitas angkutnya mobil ini bisa membawa 8 penumpang sekaligus dalam satu kali perjalanan tanpa mengurangi rasa nyaman berkendara.
Varian teratas mobil ini telah dilengkapi head unit dengan DVD, AM/FM Radio, USB, and AUX, layar LCD 10" Roof Monitor, 4 Speakers, Tray Table with Cup Holders, Lower and Upper Glovebox, Center Console Box, 2nd Row Center Arm Rest, 1st Row and 2nd Row Seat Folding and Reclining, serta 3rd Row Tip-Up Foldable Seat
Lalu dari sisi kenyamanan dan keamanan mengemudi juga ada Color MID, Power Door Lock, Front Power Windows, Leather Seat, Rear AC vent, Rear Parking Sensors, EPS, Driver Airbag, ABS, EBD, Brake Assist, Keyless Entry, Alarm System dan terakhir I-Key System.
Evalia dibekali mesin HR15DE Dual CVTV DOHC 1.5L 4-silinder segaris yang juga dipakai oleh Livina. Tenaga yang dihasilkan sebesar 109 PS di 5.600 rpm serta torsi maksimal 142 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
5. Suzuki Every Buat yang Suka Tampil Kalcer
Suzuki Every merupakan minibus dengan pintu geser yang masuk ke Indonesia pada 2003 dengan cara import CBU (Completely Build Up) Jepang. Saat itu Suzuki Every dihadirkan sebagai mobil contoh untuk tes pasar di Indonesia.
Awalnya Every dihadirkan secara khusus untuk pasar Jepang atau yang disebut Japan Domestic Market (JDM). Di sana mobil ini ditujukan sebagai kendaraan keluarga atau niaga terjangkau yang hemat bahan bakar.
Populasi mobil ini di Tanah Air tidak banyak. Tercatat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya berhasil menjual 550 unit Every. Mobil ini memiliki bentuk yang terbilang lucu khas mobil JDM. Memiliki daya tampung 6 orang, mobil ini menjadi incaran sebagian kolektor dan orang yang doyan modifikasi oem look bergayakan kalcer.
Harga bekas Suzuki Every sendiri kini berada di angka Rp60 jutaan. Mobil ini memiliki fitur yang terbilang komplit dan canggih di zamannya. Seperti yang bisa dilihat di bagian dalam khususnya center cluster terdapat pengaturan AC dengan beberapa arah semburan. Bahkan untuk AC nya sudah dibekali heater dan defogger.
Untuk lingkar kemudinya mobil telah dilengkapi airbags yang dapat meminimalisir cedera ketika mengalami benturan cukup keras. Fitur lainnya mobil ini dilengkapi dengan power window dan central lock.
Dapat meningkatkan gaya bekendara, pada plafon antara baris pertama dan keduanya dibenamkan panoramic sunroof berukuran besar. Sunroof ini dapat dikendalikan hanya dengan menekan tombol.
Jok tengahnya menggunakan model captain seat yang memberikan kesan mewah. Selain lebih nyaman, dengan penggunaan jok captain seat, penumpang baris ketiganya dapat secara bebas keluar-masuk kabin melewati lorong di tengah tanpa harus melipat bangku.
Mobil ini dipersenjatai mesin G13B 4-ilinder segaris SOHC dengan kapasitas 1.300 cc. Jantung pacu yang memiliki beberapa kesamaan Carry Futura 1.3L dengan teknologi multi-point injection ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 82 PS dan torsi 111 Nm. Every hadir dengan pilihan transmisi matic 4-percepatan torque converter.
Mobil dengan sistem sliding doors alias pintu geser umumnya berjenis MPV (Multi Purpuse Vehicle), baik Low MPV seperti Daihatsu Gran Max Minibus, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia, Honda Freed, atau Toyota Sienta. Kemudian ada juga Medium MPV seperti Nissan Serena atau Toyota Voxy. Dan Big MPV contohnya Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Nissan Elgrand, serta Honda Oddysey.
Mobil sliding door di Indonesia apa saja?
Mobil dengan sistem pintu geser untuk akses penumpang belakang yang dipasarkan di Indonesia cukup banyak. Berikut diantaranya:
Daihatsu Gran Max Minibus
Daihatsu Luxio
Nissan Evalia
Honda Freed
Toyota Sienta
Nissan Serena
Toyota Voxy
Mazda Biante
Toyota Alphard
Toyota Vellfire
Nissan Elgrand
Hyundai H-1
Hyundai Staria
Honda Oddysey
Apa maksudnya mobil sliding door?
Mobil sliding door merupakan kendaraan roda empat dimana sistem buka tutup pintu penumpang belakang pakai mekanisme geser, buka membuka ke arah luar. Mobil pintu geser memiliki akomodasi yang sangat lapang untuk kabin baris kedua. Penumpang akan lebih leluasa ketika keluar-masuk mobil, serta terasa lebih mudah ketika ingin menaikan atau menurunkan barang.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.