Mazda CX-3 merupakan salah satu pilihan terbaru untuk SUV kompak Indonesia. Dengan harga Mazda CX-3 dimulai dari Rp399 jutaan, kelengkapan fiturnya membuatnya semakin mengesankan. Dengan dua varian yang ditawarkan, ini dia fitur keselamatan Mazda CX-3 terbaru di Indonesia.
Sistem yang sering digunakan pada kendaraan baru, yaitu sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Braking Assist (BA). Sekumpulan sistem ini saling bahu membahu mencegah mobil mengalami selip ketika mengerem di jalanan yang licin.
Sistem ABS berfungsi untuk membuat roda tidak terkunci apabila sedang mengerem terlalu dalam, atau force brake. Sedangkan sistem EBD berfungsi mendistribusikan tenaga yang disalurkan pada roda untuk mengerem sesuai dengan kondisi pengereman.
Dan yang terakhir, dan paling sering ditinggalkan pada mobil yang tidak terlalu lengkap bertujuan untuk membantu dalam pengereman. Meski pedal rem Mazda CX-3 hanya terinjak sedikit, maka sistem akan menambahkan tenaga untuk membantu menambah kemampuan pengereman.
Turut membantu sistem pengereman, namun teknologi Dynamic Stability Control secara otomatis akan mengambil kendaraan ketika mendeteksi terjadinya selip pada saat berkendara. Sehingga menjaga stabilitas ketika menikung di jalan licin.
Misalnya ketika mobil mengalami understeer, maka sistem akan menekan roda dengan menurunkan output tenaga serta mengerem roda pada sisi dalam. Ketika kendaraan mengalami oversteer, sistem akan menerapkan tenaga pada roda luar, sehingga menghindari selip pada roda belakang.
Bekerja sama dengan sistem DSC, maka Traction Control System Mazda CX-3 merupakan fungsi sekunder dari kontrol stabilitas electronik yang dirancang untuk mencegah hilangnya traksi roda ketika sedang digerakkan. Sistem ini bisa diaktifkan ketika torsi mesin tidak sesuai dengan kondisi permukaan jalan.
Teknologi ini merupakan fitur pendukung yang membuat mobil Mazda CX-3 2020 menjadi SUV yang tangguh di jalanan luar kota. HLA memberikan kenyamanan bagi pengemudi ketika berhenti di jalanan mendaki, mengurangi resiko kendaraan mundur di di area tanjakan.
Merupakan salah satu teknologi anyar yang ditawarkan pada model Mazda. Salah satu kelebihan Mazda CX-3, sistem G-Vectoring Plus merupakan sistem yang sangat berguna dalam memberikan rasa aman ketika menikung.
GVC akan mengurangi torsi mesin ketika mobil Mazda CX-3 mulai memasuki tikungan. Bobot mobil akan berpindah sehingga mengurangi kemungkinan understeer. Sistem ini akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi ketika mendapatkan gaya sentrifugal pada saat berbelok.
Teknologi yang sering terpinggirkan, sistem Emergency Stop Signal akan memberikan sinyal bagi pengemudi di belakang. Dengan fitur ini, maka lampu sein akan berkedip ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak.
Keunggulan tersendiri dari Mazda CX-3 terbaru adalah kehadiran sistem i-Activsense. Kumpulan sistem dari Mazda ini merupakan serangkaian teknologi keamanan canggih menggunakan perangkat deteksi seperti radar maupun kamera.
Teknologi ini mendukung pengendaraan dengan membantu pengemudi mengenali potensi bahaya, serta mencegah tabrakan sebelum terjadi atau mengurangi tingkat keparahan jika terjadi benturan. Dua sistem yang diperkenalkan pada CX-3 adalah Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).
Sama seperti namanya, Blind Spot Monitoring akan memberikan kenyamanan ketika berkendara dengan memberitahu pengemudi ketika ada kendaraan lain yang melaju di area blind spot pengemudi untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
Sedangkan RCTA dirancang untuk membantu pengemudi keluar dari ruang sempit, contohnya ketika keluar dari tempat parkir. Sensor akan mendeteksi ketika ada kendaraan yang mendekat dari kanan maupun kiri. Sistem ini sering dipasangkan dengan kamera belakang.
Mazda CX-3 Indonesia sudah mendapatkan 6 airbag yang tersebar di kabin, dua airbag di depan, side airbag, dan side curtain airbag. Hanya saja CX-3 belum mendapatkan airbag lutut sebagaimana yang ditemukan pada Mazda CX-30.
Fitur Mazda CX-3 ini menggunakan struktur jok untuk mengurangi cedera parah pada pengemudi. Sistem ini akan mengoptimalkan posisi sandaran kepala. Teknologi khusus kursi depan ini akan menopang kepala dan tubuh untuk mengurangi guncangan pada leher ketika terjadi tabrakan.
Mazda dikenal dengan teknologi struktur sasis yang kokoh bernama Skyactiv-body. Struktur ini dibuat lebih kokoh dimana garis-garis struktur dibuat selurus mungkin. Memberikan keseimbangan antara bodyframe yang kaku, bobot yang lebih ringan, serta tangguh ketika dihadapkan dengan kecelakaan.
SUV Mazda CX-3 merupakan salah satu produk unggulan Mazda Indonesia dengan berbagai kelengkapan pada sistem keselamatannya. Dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, SUV CX-3 terbaru terasa lengkap dengan berbagai teknologi baru yang disematkan untuk keselamatan pengemudi dan penumpang.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4
94.919 km
7 tahun
Banten
2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5
45.271 km
4 tahun
Jakarta
2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5
84.641 km
5,5 tahun
Banten
2017 Honda CR-V TURBO 1.5
64.558 km
6 tahun
Jakarta
2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5
76.014 km
4,5 tahun
Banten