Suzuki Ertiga meluncur di Indonesia pertama kali pada semester pertama 2012. Mobil ini hadir guna menantang kedigdayaan Toyota Avanza dan Nissan Grand Livina yang lebih dulu meramaikan kancah otomotif Tanah Air.
Kemunculannya saat itu langsung mendapat respon yang baik karena mobil ini memiliki fitur cukup lengkap serta built quality baik berkat material yang digunakan. Tak hanya itu, dari segi berkendara Ertiga juga terbilang nyaman, sehingga jangan heran apabila mobil ini menjadi alternatif lain selain Avanza.
Oh iya, generasi pertama Suzuki Ertiga ditawarkan dalam 3 varian, yakni GA, GL dan GX. Sebagai varian paling basic, Ertiga GA tampak begitu sederhana. Karena awalnya tipe ini dihadirkan untuk menyasar konsumen fleet serta perorangan yang menginginkan Ertiga dengan harga terjangkau. Mengenai harga barunya, saat itu Ertiga GA dibandrol Rp143 juta. Untuk pasaran harga bekasnya, saat ini Ertiga GA ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan.
Harga bekas di bawah Rp100 juta, apabila kalian tertarik membelinya simak beberapa poin penting seputar Suzuki Ertiga GA gen 1 melalui ulasan berikut.
Baca juga: Ertiga Tandai Produksi ke-3 Juta Unit Pabrik Mobil Suzuki di Indonesia
Secara penampilan Suzuki Ertiga GA lansiran 2012 terlihat begitu sederhana. Seperti yang bisa dilihat pada bagian fascia mobil ini tidak dilengkapi foglamp. Selain itu juga mobil ini tidak mendapatkan ornamen krom baik di grill maupun bumpernya.
Melihat sisi samping, untuk lingkar rodanya mengandalkan velg kaleng berukuran 15 inci yang tidak ditutupi dop. Selain itu juga Ertiga GA tidak dilengkapi mud guard, talang air, dan spion serta handle pintu yang masih dibiarkan warna dasar hitam.
Untuk bagian belakang, mobil ini tampak polos tanpa adanya rear wiper dan aksen krom pada garnish namun sudah dibekali high mount stoplamp.
Tak hanya tampilan fasad, interior Suzuki Ertiga GA 2012 juga tampak begitu sederhana. Terlihat di baris pertamanya bawaan pabrik mobil ini tidak dilengkapi head unit. Pada panel instrumentnya, Ertiga GA hanya menampilkan informasi berupa kecepatan, jarak tempuh, tempratur serta amper bensin.
Lainnya, untuk pengaturan spion dilakukan secara manual dari dalam menggunakan tuas di bawah kaca pada pilar A nya. Tak hanya itu, untuk menaikan serta menurunkan keempat kacanya mobil ini dilakukan secara manual menggunakan engkol.
Beranjak ke baris kedua, Ertiga GA tidak mendapatkan head rest untuk penumpang tengah. Selain itu juga mobil ini tidak mendapatkan AC double blower. Oh iya, sama seperti baris keduanya, pada jok paling belakang juga belum dilengkapi head rest sehingga terasa kurang nyaman apabila digunakan berpergian ke luar kota.
Baca juga: Tidak Hanya Ertiga, Semua Produk Suzuki Akan Pakai Teknologi Smart Hybrid
Bicara soal keselamatan berkendara, Suzuki Ertiga GA 2012 tidak dilengkapi airbags. Selain itu, untuk sistem pengereman juga tidak disematkan ABS maupun EBD. Guna memberikan perlindungan terhadap pengguna ketika mengalami tumbukan, mobil ini hanya mengandalklan seatbelt di semua joknya.
Sebagai bentuk keamanan, Ertiga GA hanya dilengkapi central lock. Untuk fitur seperti immobilizer dan alarm tidak tersedia di varian ini.
Baca juga: 3 Hal Menarik Dari Suzuki Ertiga Dreza Bekas, Harga Bekasnya Setara Ignis!
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
8.996 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda MOBILIO RS 1.5
12.090 km
2,5 tahun
Java East