Daihatsu Ayla 2023 jadi pilihan menarik untuk kalian yang sedang mencari mobil perkotaan dengan harga terjangkau. Agar dapat bersaing secara ketat dengan Honda Brio, generasi kedua Ayla kini terlihat jauh lebih atraktif, dengan membawa fitur lebih lengkap, serta kabin lebih lapang berkat penggunaan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture).
Diluncurkan secara resmi lewat ajang Gaikindo Jakara Auto Week (GJAW) 2023, Ayla 2023 ditawarkan mulai dari Rp134 juta hingga Rp189,9 juta. Sebagai varian tengah yang cukup menyita perhatian calon konsumennya, Ayla X dibandrol Rp146,9 juta sampai dengan Rp172,8 juta.
Melalui perhelatan GJAW 2023 kami berkesempatan untuk mencoba secara langsung Ayla X ADS dengan transmisi manual 5-percepatan. Sebagai informasi, arena tes drive yang disediakan panitia penyelenggara pameran di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan sangatlah terbatas. Kami pun hanya bisa melakukan test drive secara singkat. Ingin tahu bagaimana rasa berkendara menggunakan Ayla 2023 X MT ADS? Simak terus ulasannya di bawah ini.
Baca juga: Segini Harga Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Usai Naik 5 Persen
Berkesempatan untuk mencobanya secara langsung, ketika singgah di bangku pengemudi, untuk posisi duduknya terasa lebih nyaman dibanding generasi sebelumnya. Namun menurut kami, pandangan mengemudinya terasa kurang begitu luas berkat dashboard yang dibuat tinggi, serta adanya stiker test drive yang ditempelkan pada bagian atas kaca depannya.
Untuk visibilitas ke samping, menurut kami cukup baik. Terlebih kaca spionnya yang lebar membuat pandangan ke belakang dapat terlihat dengan jelas.
Daihatsu Ayla 2023 tipe X dibekali mesin 998 cc 3-silinder segaris dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i. Mesin yang digunakan menggantikan model sebelumnya 1KR-DE yang belum menggendong teknologi VVT-i.
Menurut data, mesin yang disematkan sanggup memeras tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, mobil test drive yang kami gunakan terasa begitu repsonsif pada tarikan bawahnya.
Jika kami boleh sedikit menilai, varian manual sangat cocok bagi yang menyukai gaya berkendara cepat dalam menembus kemacetan. Untuk pijakan koplingnya, varian X MT terasa ringan serta perpindah gigi yang mudah ketika dioperasikan.
Mengenai putaran setir, mobil ini dilengkapi Electronic Power Steering (EPS) dengan mendapatkan improvement. Dari segi putarannya saat melakukan parkir maupun bermanuver di arena test drive yang sempit, mobil ini terasa ringan serta mudah digunakan. Tak hanya itu, radius putar yang hanya 4,4 meter, mobil ini juga terasa mudah ketika melakukan U turn.
Berbekal platform DNGA, secara kekedapan kabin Daihatsu Ayla 2023 menurut kami lebih baik dibanding model sebelumnya. Berawal dari menutup pintu, kalian tidak akan lagi mendengar suara bantingan pintu yang nyempreng.
Ketika mobil dijalankan, suara mesin yang merangsek masuk ke dalam kabin pun sedikit berkurang, meski suara yang dihasilkan masih bisa kalian dengar. Oh iya, di arena test drive terdapat aspal yang berlubang serta jalan tidak rata. Saat melewatinya dengan kecepatan 20-30 km/jam, kabinnya juga masih terasa kedap.
Baca juga: Daihatsu Ayla X 2023 Jadi Pilihan Menarik, Intip Spesifikasi dan Fiturnya Sebelum Membeli
Meski suara asing dari luar kendaraan sedikit berkurang berkat penggunaan platform DNGA serta pemakaian peredam kabin yang lebih banyak, soal getaran mesin 3 silinder yang dihasilkan masih dapat terasa di dalam meski hanya sedikit. Namun saja menurut kami getaran yang masih terasa di dalam kabin mengurangi rasa nyaman berkendara.
Di beberapa titik arena test drive disediakan speed bump. Hal ini menjadi kesempatan kami untuk mengetahui bagaimana bantingan suspensi yang dihasilkan dari Daihatsu Ayla X 2023 ADS dengan transmisi manual. Secara karakter, suspensinya terasa stiff dan bagi kami sangat jauh dari kesan nyaman. Sebagai informasi, pada bagian depan Ayla 2023 menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut dengan Coil Spring, dan Torsion Axle Beam dengan Coil Spring pada roda belakang.
Setelah melakukan test drive secara singkat, secara konklusi Daihatsu Ayla 2023 X manual terasa responsif pada tarikan bawah. Untuk perpindahan giginya mudah dan pijakan koplingnya terasa ringan.
Mengenai kekedapan kabin, mobil ini juga lebih baik dibanding model sebelumnya. Hanya saja getaran mesin 3-silinder yang dihasilkan masih bisa kalian rasakan di dalam kabin. Selain itu, bantingan suspensi yang dihasilkan juga masih terasa keras. Meski begitu mobil ini mudah dikendarai di dalam kota berkat radius putarnya yang kecil.
Baca juga: Cuma Beda Rp200 Ribu, Honda Brio Satya E Apakah Lebih Oke Daripada Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
5.751 km
1 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
15.855 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2
14.892 km
2 tahun
Jawa Barat