Suzuki sudah sejak lama terkenal sebagai pabrikan yang piawai memproduksi mobil murah tapi punya durabilitas oke. Salah satu mobil murah yang ikonik dari pabrikan berlogo huruf S ialah Karimun kotak.
Mobil mungil ini tak hanya ada di Indonesia tapi juga dijual dalam versi Japanese Domestic Market dengan nama Wagon R. Meluncur pertama kali pada pertengahan dekade 1990-an, kini Karimun Kotak bekas popularitasnya mulai naik daun lagi.
Baca juga:
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini
Mundur ke belakang, Suzuki Karimun kotak awalnya datang sebagai kendaraan Completely Built Up (CBU), yang diproduksi langsung dari Jepang pada tahun 1998. Kemudian pada 1999, Suzuki Indomobil merakit Karimun Kotak di Indonesia alias Completely Knocked down (CKD).
Inspirasi nama mobil ini muncul dari sebuah frase, yaitu “Carry to the Moon”. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti “bawa ke bulan”.
Suzuki Karimun awalnya hanya hadir dengan satu tipe/varian. Lantas, di tahun 2002 dikenalkan versi facelift dengan menggunakan trim DX (tipe terendah) dan trim GX (tipe tertinggi).
Wajar saja Karko alias Karimun Kotak kini kembali digandrungi, karena desainnya boxy khas mobil Jepang, ruang kabin interiornya terbilang cukup lega. Selain itu Karko konsumsi bahan bakarnya juga irit.
Nah itu tadi sekilas hal menarik dari Suzuki Karimun Kotak. Lebih lengkapnya, simak ulasan soal Karko berikut ini.
Suzuki Karimun Kotak memiliki panjang 3.410 mm, lebar 1.575 mm dan tinggi 1.705 mm. Dengan postur yang tinggi dan lebar, membuat mobil ini mempunyai ruang kabin yang cukup luas serta
head room yang tinggi.
Interior Karimun kotak terbilang sederhana dan mementingkan utilitas ketimbang desain. Warna abu-abu tua jadi identitas interior di Karimun Kotak. Bentuk dashboard sisi penumpang bagian atas modelnya terbuka dan bagian bawahnya laci tertutup.
Sebagaimana umumnya mobil era 90-an, jok versi bawaan pabrik memakai bahan fabric.
Untuk kenyamanan berkendara tersedia fitur audio single din yang bisa memutar radio dan tape. Di atasnya terdapat tuas dengan sistem geser untuk pengoperasian AC. Oh ya, di bawah fitur audio juga terdapat asbak dan fitur lighter car.
Kelebihan dari brand Suzuki ialah membangun mobil yang common part antara satu model dengan model lain yang berbeda, meski usianya sudah mencapai 25 tahun. Sparepart Karko dapat disubstitusi dengan Carry, Jimny dan Forsa.
Karena saling berbagi mesin dengan mobil Suzuki lain, jadi kalian dapat dengan mudah untuk mencari sparepartnya.
Mesin yang digunakan oleh Karimun Kotak sama seperti mesin milik Suzuki Carry dan Suzuki Katana dengan kode F10A. Mesin berkapasitas 970 cc 4-silinder SOHC dengan transmisi manual 5-percepatan itu terkenal tangguh dan irit.
Tenaga maksimumnya sebesar 56 PS di 5.500 rpm. Sementara untuk torsinya puncaknya tercatat 100 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Mobil ini hadir dengan satu pilihan transmisi saja, yakni manual 5-percepatan yang kemudian disalurkan ke penggerak roda depan.
Karena ukuran mobilnya imut, maka konsumsi BBM Karko bisa lebih irit dari Carry atau Katana. Catatan Konsumsi BBM dalam kota berkisar 8-12 km/liter, dan untuk rute luar kota mencapai kisaran 13-17 km/liter.
Suzuki Karimun Kotak diketahui menggunakan suspensi berjeniskan McPherson strut di bagian depan. Kemudian, isolated trailing link dengan pegas per di roda belakangnya.
Karakter suspensi Karimun ini tergolong nyaman dan empuk untuk kondisi jalanan di Indonesia yang kadang bergelombang. Sayangnya, suspensi seperti ini malah jadi limbung bila mobil dipacu kecepatan tinggi.
Untuk mengurangi gejala limbung, banyak pemilik Karimun yang mengganti shockbreaker bawaan dengan versi aftermarket seperti KYB Excel G gas.
Bicara harga bekas Suzuki Karimun Kotak, mobil ini memiliki harga yang bervariatif. Kini harga bekasnya merangkak naik seiring makin banyaknya penghobi yang mencari mobil ini.
Harga pasaran Karimun Kotak di wilayah Jakarta ditawarkan mulai dari Rp42 jutaan hingga Rp75 jutaan. Untuk barang kondisi istimewa alias collectible item ada yang menjual di angka Rp88 juta.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota CALYA G 1.2
12.503 km
2 tahun
Jakarta
2017 Toyota AVANZA G 1.3
8.485 km
6,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota CALYA G 1.2
18.150 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2
9.834 km
5 tahun
Jawa Barat
2017 Daihatsu SIGRA R DLX 1.2
50.491 km
6 tahun
Banten