Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit.
Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen.
Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 99.240 unit, sedangkan di periode sama tahun lalu hanya 90.343 unit.
Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, Daihatsu bersyukur bisa mengalami kenaikan penjualan dibandingkan periode sama tahun lalu.
"Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung pada semester berikutnya, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya," ungkap Hendryadi, dalam keterangan resminya.
Selama enam bulan, penjualan sejumlah mobil Daihatsu di Indonesia memang cukup memuaskan.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama satu semester di tahun 2023 ini tetap didominasi oleh top tiga model.
Di posisi pertama, ada Daihatsu Sigra yang terjual 32.532 unit, atau berkontribusi sekitar 31,7 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) 21.712 unit atau 21,2 persen, dan Terios 13.795 unit atau 13,5 persen.
Daihatsu SIgra di GIIAS 2022
Untuk urutan selanjutnya terdapat Daihatsu Ayla, Xenia, Gran Max (minibus) Rocky, dimana masing-masing model tersebut menyumbangkan penjualan 12.102 unit (11,8 persen), 11.177 unit (10,9 persen), 6.122 unit (6 persen), 3.322 unit (3,2 perse).
Sedangkan untuk di tempat berikutnya ada Luxio dan Sirion yang jika digabungkan selama enam bulan terjual 1.753 unit atau menyumbangkan 1,7 persen.