Ini Dia Perbedaan Mesin Rotary Khas Mazda dengan Mesin Konvensional

Mazda jadi satu dari sedikit pabrikan otomotif yang menggunakan mesin rotary untuk produk mereka. Mundur ke belakang, mesin tanpa piston tersebut sebenarnya bukanlah ciptaan Mazda.

Teknologi rotary diciptakan oleh seorang insinyur dari Jerman, Felix Wankel. Ia sukses menciptakan mesin tersebut di tahun 1950-an yang kemudian dipasangkan di sepeda motor NSU Motorenwerke AG. Itulah mengapa mesin rotary juga bisa disebut sebagai mesin Wankel.

 

Rotary dulu pernah digunakan oleh berbagai merek mobil seperti GM, Mercedes-Benz, Mazda, Rolls Royce dan lainnya. Namun saat ini hanya Mazda yang masih mempertahankan mesin rotary, selebihnya kembali beralih ke mesin piston biasa. 

Hal yang menjadi keunggulan pada mesin rotary karena ruang pembakaran diubah menjadi gerakan berputar pada rotor. Sedangkan pada mesin piston di mobil pada umumnya bergerak ke arah vertikal ato horizontal.

Mesinnya pun mampu menghasilkan tenaga besar, walau kapasitas volumetriknya kecil tapi punya tenaga yang cukup besar dibanding mesin piston dengan kapasitas serupa.

Mazda Jadi Pabrikan yang Paling Banyak Memakai Mesin Rotary

Mazda jadi pabrikan pertama di dunia yang membuat mobil produksi massal terbanyak dengan mesin rotary. Pabrikan Jepang ini mengawali kiprah mesin rotary saat meluncurkan Mazda Cosmo Sport 110S pada 30 Mei 1967. Mobil sport dua pintu tadi menggunakan mesin rotary dual-rotor Type 10A. 

Mazda memutuskan fokus mengembangkan mesin rotary sesuai kebijakan yang diambil oleh Tsuneji Matsuda selaku Presiden Toyo Kogyo (perusahaan awal Mazda) 

Ia melihat bila Mazda membutuhkan teknologi unik mesin rotary agar bisa survive dan memenangkan kompetisi melawan pabrikan mobil lainnya. Kemudian, Mazda menjalin kerja sama dengan NSU Motorenwerke di Jerman selaku perusahaan dimana Wankel berada. Mazda mengirim insinyurnya untuk belajar teknologi rotary langsung dari penciptanya di sana.

Perbedaan Mesin Rotary dan Mesin dengan Piston

Pada mesin konvesional, tenaga dihasilkan pada ruang bakar memanfaatkan proses campuran udara dan bahan bakar. Dalam proses ini akan melibatkan banyak komponen seperti busi, piston, setang piston, katup, camshaft, hingga sistem pelumasan dan pendinginan.

Hasil pembakaran akan menggerakkan piston naik turun, hingga kemudian dikonversi jadi gerakan memutar oleh crankshaft atau kruk as. Proses selanjutnya, kruk as inilah yang akan menggerakkan roda mobil dengan mengirim daya ke transmisi lalu sistem penggerak.

Mesin wankel rotary merupakan salah satu sejarah kesuksesan Mazda sejak pertama kali diperkenalkan. Mesin rotary buatan Felix Wankel, pistonnya berbentuk segitiga dan berputar dalam rumahnya yang oval. Mesin rotary memiliki potensi tenaga besar di dalam kemasan yang sederhana, ringan, dan kompak.

Sesuai dengan namanya, rotary engine adalah mesin yang menghasilkan energi atau pembakaran melalui gerakan rotasi. Pembakaran dihasilkan dari piston segitiga yang berputar pada rotor yang digerakkan oleh poros. Untuk mendukung kinerja ini, putaran piston segitiga dibantu oleh kompresi atau tekanan tinggi.

Cara Kerja Mesin Ciptaan Wankel, Proses Pembakaran yang Lebih Efisien

Mesin rotary tetap membutuhkan busi untuk meletupkan api yang menghasilkan pembakaran internal. Desain ruang bakarnya oval yang menghasilkan efek rotasi pada rotor berbentuk segitiga tumpul.

Dikutip dari geraiteknologi.com, mesin wankel atau rotary dalam satu langkah putaran penuh poros engkol akan menghasilkan 1 kali langkah kerja yang terdiri dari langkah hisap, kompresi, pembakaran dan buang.

Pada saat salah satu sisi rotor mengalami proses hisap, maka sisi rotor lainnya sedang melakukan langkah kerja, dan sisi rotor lainnya mulai melakukan langkah buang. Delivery power sangat halus karena tidak ada jeda bagian yang saling bergantian menyalurkan power seperti pada mesin yang memakai piston.

Mesin wankel bekerja lebih cepat dengan ukuran yang lebih kecil, dan mungkin bisa disebut bila kemampuan satu rotor mesin wankel setara tiga piston mesin. Karena proses hisap dan kompresi dilakukan sekali jalan, maka mesin Wankel tak membutuhkan katup dan noken as. 

Di sisi lain, karena produksi tenaga yang nyaris tanpa jeda ini kemudian membuat efek engine brake tak sekuat mesin piston. Engine brake pada mesin wankel mengandalkan kekuatan transmisi agar lebih optimal.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Palisade

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Pilihan Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Periode Januari-Juni 2023

Penjualan mobil listrik terlaris di semester pertama tahun 2023 mengalami lonjakan fantastis, dimana Hyundai IONIQ 5 jadi nomor satu. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari total penjualan Januari-Juni 2023 mencapai 505.985 unit secara nasional, maka mobil listrik terlego lebih dari 5.800 unit. Baca juga: Mobil Listrik Neta Sudah Siap Mejeng di GIIAS 2023, Mau Langsung Dijual? Jika melihat penjualan mobil listrik semester pertama tahun 2023, ternyata juml

10 Fakta Menarik Toyota Corolla, Mobil dengan Lampu Mundur Unik Pertama di Dunia

Toyota Corolla merupakan salah satu mobil yang dijual tak hanya untuk pasar domestik, namun juga secara global. Di Indonesia, saat ini Corolla dijual sejak tahun 1977, dimana saat itu sampai sekarang, mobil sedan tersebut dijual melalui agen pemegang merek PT Toyota Astra Motor (TAM). Sejatinya, keberadaan Corolla bisa disebut jadi saksi pertumbuhan perekonomian dan juga perkembangan industri otomotif nasional. Baca juga: Ini 7 Fakta Toyota Corolla Cross, Bukan Lagi Mobil Hybrid Termurah di Indo

Wuling Hongguang Mini EV 2024 Dapat Penyegaran, Tenaga dan Baterainya Jadi Makin Kuat

Hongguang Mini EV merupakan mobil listrik Wuling yang paling fenomenal karena berhasil menaklukkan mobil tanpa BBM lainnya untuk jadi yang terlaris. Hongguang Mini EV juga sebenarnya sempat dipamerkan Wuling Motors di Indonesia, tepatnya saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Baca juga: Wuling Mini EV Catatkan Rekor Baru Penjualan di Cina, Sehari Terjual Hampir 2.000 Unit Meskipun untuk pasar Indonesia diganti dengan hadirnya Wuling Air ev, namun di negara asaln

Trik Mengetahui Jarak Mobil Sebelah Kiri Depan Bagi Pemula yang Masih Belajar, Menghindari Nyenggol!

Mengemudikan mobil terutama di kondisi lalu lintas kota besar yang padat menjadi suatu tantangan yang cukup sulit, apalagi bagi pemula. Bagaimana tidak, kondisi jalanan yang padat memaksa kita selalu waspada. Pengemudi pemula yang masih belajar harus fokus menjaga jarak pada blind spot yang ada di mobil agar tidak nyenggol. Bagi pengemudi pemula, menjaga fokus pada titik blind spot agar tidak bersenggolan dengan objek yang sangat dekat ini hal yang sangat sulit. Paling sering, bumper sebelah kir

Toyota Innova Zenix 2023 Resmi Masuk Thailand, Ini Bedanya dengan Indonesia

Toyota Innova Zenix 2023 akhirnya rilis di Thailand, namun untuk pasar negara tersebut cuma hadir dalam dua varian tipe yang semuanya bermesin hybrid. Tanpa ada tambahan kata "Kijang", Innova Zenix di Thailand menawarkan tipe Smart dan Premium yang masing-masing dijual seharga 1.379.000 baht dan 1.479.000 baht. Kalau dikonversi harga ini setara Rp607 jutaan dan Rp651 jutaan, jauh lebih mahal dari harga Zenix hybrid di Indonesia yang mulai dari Rp468 jutaan hingga Rp624 jutaan. Baca juga: Setelah

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil