Penjualan mobil listrik tahun ini terus mengalami peningkatan dibanding 2022, bukan hanya di Indonesia namun juga untuk pasar global.
Hal ini terjadi lantaran semakin banyak produsen otomotif yang menawarkan kendaraan tanpa bahan bakar minyak (BBM) tersebut, selain itu berbagai subsidi dari pemerintah juga membuat harga mobil listrik jadi makin terjangkau.
Populasi yang meningkat ini tentu saja sudah memunculkan pasar mobil listrik bekas di sejumlah negara, satu diantaranya Amerika Serikat (AS) yang mengalami peningkatan pangsa pasar EV yang cukup tinggi.
Namun siapa sangka, perputaran mobil listrik seken ini mengalami pelambatan dibanding tahun lalu.
Baca juga: Mobil Baru Semakin Mahal? Beli Mobil Bekas Jadi Solusi Paling Tepat
Dikutip dari iseecars, harga mobil bekas yang lebih murah dibanding unit barunya memang menjadi dasar mengapa seseorang memilih kendaraan ini.
Belum lagi siklus penggantian mobil tiap 3-5 tahun membuat pasar mobil bekas diprediksi akan tetap tinggi.
Namun ternyata waktu yang dibutuhkan oleh seorang pedagang mobil bekas hingga kendaraannya itu laris terjual menjadi semakin lama.
Studi yang dilakukan, untuk mobil bekas bermesin bakar internal (ICE), setidaknya butuh 49 hari berada di dealer sebelum akhirnya terjual.
Sementara untuk mobil listrik kondisi bekas lebih parah lagi, karena rata-rata butuh hingga lebih dari 95 hari sampai 1 mobil listrik bisa terjual.
Studi dari situs tersebut mendapat fakta kalau Nissan Leaf adalah mobil listrik yang paling lama terjualnya karena butuh hingga 95,2 hari, diikuti Tesla Model S dengan 88,3 hari, dan Fod Mustang March-E yang baru laku setelah disimpan di dealer selama 75,8 hari.
Beberapa model EV yang juga dijual di Indonesia pun masuk daftar mobil listrik dengan penjualan yang cukup lama.
Diantaranya Hyundai Kona EV bekas dengan 61,1 hari baru bisa terjual, lalu ada Toyota bZ4X bekas yang harus menunggu 53,5 hari sebelum bisa terjual.
Periode mobil listrik bekas terjual di AS | |
---|---|
Mobil | Periode penjualan |
BMW i4 | 30,5 hari |
Hyundai Ioniq 6 | 39,1 hari |
Hyundai Ioniq 5 | 47,6 hari |
Ford Mustang March-E | 50,4 hari |
Toyota bZ4X | 53,5 hari |
Hyundai Kona EV | 61,1 hari |
Mercedes-Benz EQB | 65,7 hari |
Tesla Model X | 71,4 hari |
Tesla Model S | 88,3 hari |
Nissan Leaf | 95,2 hari |
Baca juga : 5 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Irit BBM
Jika untuk perputaran EV bisa menunggu smapai 98 hari, tidak dengan mobil ICE yang bahkan sanggup perjual sekitar 34 hari untuk unit bekasnya.
Situs tersbeut mencatat, Honda HR-V adalah mobil bekas paling cepat terjual di AS dengan hanya masa tunggu 34,4 hari, kemudian Honda CR-V yang bisa terjual dalam 38,5 hari, lalu Honda Civic yang juga langsung sold out dalam 38,8 hari.
Periode mobil bekas terjual di AS | |
---|---|
Mobil | Periode penjualan |
Honda HR-V | 34,4 hari |
Acura ILX | 35,3 hari |
Toyota Highlander | 36,6 hari |
Honda CR-V | 38,5 hari |
Honda Civic | 38,8 hari |
Toyota C-HR | 38,9 hari |
Toyota Tundra | 39,1 hari |
GMC Yukon | 39,4 hari |
Honda Accord | 40,5 hari |
Cadillac Escalade | 40,5 hari |
Baca juga : 5 Mobil Bekas Termurah di Bawah Rp100 Juta
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}