Lebih Mahal Rp40 Jutaan, Honda HR-V Turbo RS Kalah Telak dari Chery Omoda 5 GT AWD

Di segmen SUV kompak Honda HR-V kembali mendapat perlawanan dari Chery Omoda 5. Seperti diketahui PT Chery Sales Indonesia (CSI) baru-baru ini meluncurkan Omoda 5 GT yang merupakan line up terbarunya dengan mengusung mesin lebih besar.

Untuk pasar Tanah Air Omoda 5 GT ditawarkan dalam dua varian, yakni FWD dengan bandrol Rp448,8 juta dan AWD yang diniagakan Rp488,8 juta OTR Jakarta. Sebagai varian paling atas, Omoda 5 GT AWD dijual lebih murah Rp43,8 juta dari Honda HR-V Turbo RS.

Memiliki selisih harga baru yang terbilang banyak, pilih Omoda 5 GT AWD atau HR-V Turbo RS? Untuk mengetahui lebih dekat keduanya, simak perbandingan sepesifikasi berikut ini.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Chery Omoda 5 GT Jadi Mobil AWD Termurah di Indonesia

Dimensi Chery Omoda 5 GT AWD Vs Honda HR-V Turbo RS

Tampilan samping Chery Omoda 5 GT

Di atas kertas, Chery Omoda 5 GT memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.588 mm. Untuk wheelbase mencapai 3.050 mm serta ground clearance mencapai 220 mm.

Selanjutnya untuk Honda HR-V Turbo RS, menurut spesifikasi yang dimiliki mobil ini mempunyai panjang 4.385 mm, lebar 1.830 mm serta tinggi 1.588 mm. Sedangkan untuk wheelbase berada di angka 2.610 mm dan ground clearance 196 mm.

Perbandingan dimensi
Keterangan Chery Omoda 5 GT AWD Honda HR-V Turbo RS
Panjang 4.400 mm 4.385 mm
Lebar 1.830 mm 1.830 mm
Tinggi 1.588 mm 1.631 mm
Wheelbase 3.050 mm 1.588 mm
Ground clearance 220 mm 196 mm

Fitur Unggulan Chery Omoda 5 GT AWD Vs Honda HR-V Tubo RS

Interior Chery Omoda 5 GT

Bicara fitur unggulan yang dimiliki Chery Omoda 5 GT, mobil ini disematkan layar 20,5 inci yang merupakan dynamic meter cluster sekaligus head unit layar sentuh ultra-clear Vision. Untuk sistem hiburan dengan format Carplay dan Android Auto tersebut dipadukan 8 speaker garapan Sony 8, Intelligent Voice Assistant, kamera 360 derajat dan panoramic sunroof.

Tak ketinggalan juga terdapat pengaturan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan, kursi penumpang dengan ventilated seat serta wireless charging sebesar 50W. Lainnya mobil ini mendapatkan material soft touch, dynamic multi color ambient light, dual zone AC control climate, tilt&telescopic steering, intelligent voice assistant, keyless entry, start/stop engine button, air filter PM.25, serta power tailgate pada pintu bagasi.

Interior Honda HR-V Turbo RS

Lantas bagaimana dengan Honda HR-V Turbo RS? Di bagian dalam mobil ini berhasil disematkan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung format bluetooth, Hands-Free Telephone, webLink dan smartphone connection. Untuk memberikan kemudahan terhadap penggunannya, pengaturan audio dan fungsi dapat dilakukan melalui audio steering switch control sama seperti Omoda 5 GT.

Tak kalah menarik, mobil ini turut dilengkapi material dengan bahan dasar kulit, one push ignition system & smart entry system, paddle shift, auto A/C, rear A/C ventilation, air diffusion outlet dengan 3 mode pengaturan udara, yaitu normal, diffusion dan closed, panoramic glass roof, serta tilt&telescopic steering.

Pada pusat informasi berkendara, mobil ini dikombinasikan odometer dan tachometer analog yang dikombinasikan layar interactive TFT meter 7 inci dengan menampilkan berbagai informasi saat berkendara.

Bukan cuma itu, tipe teratas HR-V ini juga berhasil disematkan remote engine start, walk-away auto lock, smart entry system, multi-angle rear view camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View untuk membantu pengendara saat memarkirkan mobilnya.

Menariknya mobil ini memiliki fitur Ultra Seat yang menyuguhkan ruang kabin fleksibel dengan tiga mode yaitu Long Mode, Utility Mode dan Tall Mode.

Baca juga: Selisih Rp40 Juta, Ini 5 Perbedaan Chery Omoda 5 GT AWD dengan FWD

Fitur Keselamatan Berkendara HR-V Turbo RS dan Omoda GT AWD Sepadan

Omoda 5 GT AWD dilengkapi 6 airbags, ABS, EBD, Brake Assist System, Brake Override System, ESP (Electronic Stability Program), TCS (Traction Control), Hill-start Assist Control, Hill Descent Control dan Driver Monitoring System yang berfungsi untuk memberikan perhatian khusus pada kondisi pengemudi.

Guna memberikan perlindungan secara lebih, mobil ini juga mendapatkan ADAS yang mencakup Autonomous Emergency Brake (AEB), Drive Away Warning (DAW), Rear Cross Traffic Alert (RTA), Integrated Cruise Assist (ICA), Traffic Jam Assist (TJA), Front Collision Warning (FCW), Blind Spot Warning (BSW), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), dan terakhir Lane Keeping Assist (LKA).

Pada Honda HR-V Turbo RS, untuk fitur keselamatan mobil ini mendapatkan ABS, EBD, BA, Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Vehicle Stability Assist (VSA), Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), dan Emergency Stop Signal (ESS), parking sensor, dan rem cakram di semua roda.

Untuk mengurangi cedera saat mengalami benturan, tipe RS memperoleh 6 airbags guna memberikan perlindungan lebih baik terhadap penggunanya. Selain itu juga mobil ini memiliki ADAS yang dinamakan Honda SENSING dengan mencakup; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Omoda 5 GT Punya Tenaga Lebih Besar

Mesin 1.6 TGDI

Bicara jantung pacu, Chery Omoda 5 GT dibekali mesin 1.600 cc TGDI Turbocharger 4-silinder segaris yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 197 Hp dan torsi 290 Nm. Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dikawinkan transmisi DCT 7-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke semua roda.

Guna menyesuaikan gaya berkendara yang diinginkan, mobil ini memiliki 3 mode berkendara yaitu; Eco, Normal dan Sport.

Mesin 1.5 Turbo VTEC + DBW PGM-FI

Berbeda dengan Omoda 5 GT, Honda HR-V Turbo RS disematkan mesin 1.500 cc DOHC 4-silinder segaris, Turbocharger, 16 Katup VTEC + DBW PGM-FI yang sanggup meletupkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Berbeda dengan pesaingnya, HR-V Turbo RS dipadukan transmisi CVT yang selanjutnya diteruskan ke roda depan untuk membuatnya berjalan, serta mempunyai 3 mode bekendara Sport, Normal, dan ECON.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbandingan spesifikasi antara Chery Omoda 5 GT AWD dengan Honda HR-V RS Turbo melalui ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan secara dimensi SUV asal Negeri Tiongkok lebih besar sehingga mampu memberikan kenyamanan berkendara lebih baik.

Selain itu, memiliki harga baru lebih murah Rp43,8 juta dari HR-V RS Turbo, Omoda 5 GT AWD juga unggul dari segi fitur baik unggulan maupun keselamatan berkendara, serta performa besar dan sistem penggerak AWD.

Baca juga: HR-V dan WR-V Bikin Penjualan Honda Indonesia Melejit di Agustus 2023

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Chery Omoda 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Mobil Listrik China Jadi Banyak Banget!

Lima Amunisi Chery Omoda 5 Buat Lawan HR-V! | First Look

First Drive Chery Omoda 5, Si Pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta

Yang Bikin Beda XForce dari Yaris Cross, Creta dan HR V!

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

Berita Terbaru

Mercedes-Benz Indonesia Kini Resmi di Bawah Payung Inchcape dan Indomobil

Inchcape Plc (Inchcape) akhirnya resmi menjadi distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia. Kondisi ini terjadi setelah Inchcape mengumumkan telah menyelesaikan akuisisi operasi perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Tanah Air. Itu berarti per 2 Oktober 2023 operasi PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia telah dialihkan ke Inchcape. @autofun.indonesia A-Class bukan sembarang A-Class nih jek! #mercedes #mobilbaru #mercedesamg #mercy #merc

Toyota Land Cruiser Ini Masih Bisa Jalan Padahal Kondisinya Hancur Lebur Akibat Terguling dari Atas Gunung

Toyota Land Cruiser yang saat ini dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah Land Cruiser 300 dengan varian tipe VX-R dan GR Sport. Model ini menggunakan sasis tipe ladder frame yang sudah lama digunakan oleh Toyota pada beberapa model SUV-nya termasuk Fortuner. @garasi.autofun SUV ladder frame badak under Rp500 juta, ini salah satu pilihannya!#reviewmobil #tipsmobil #bekasberkualitas #reviewmobilbekas #mobilseken ♬ Bossa Nova-like acoustic - koji tanaka Pada Land Cruiser rangka utama te

3 Fitur Menarik Suzuki SX4 S-Cross yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Suzuki SX4 S-Cross (Spesifikasi | Berita) sudah tidak lagi dijual di Indonesia. Bahkan di India sendiri sebagai tempat lahirnya mobil ini sudah tidak lagi diproduksi sejak Oktober 2022. Di Tanah Air, SX4 S-Cross diluncurkan pada 11 Agustus 2016 bertepatan dengan diselenggarakannya GIIAS ke-24. Pada November 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan versi improvement dari SX4 S-Cross dengan mendapat sejumlah penyegaran secara minor change. @garasi.autofun Kalah Populer Gak Berarti Suzuki

3 Mobil yang Putar Balik dan Lawan Arah di Tol Antasari Bisa Kena Pidana Berat, Netizen: Orang Kaya Gak Ada Otaknya

Sebuah video viral di media sosial belum lama ini, yang menunjukkan tiga mobil serentak putar balik dan melawan arah di Tol Depok-Antasari. Diketahui, peristiwa ceroboh dan membahayakan ini dilakukan ternyata terjadi pada 10 September 2023 lalu, dan terekam oleh pengendara mobil. Video yang diunggah akun Instagram @fakta.depok menduga, alasan mereka pengemudi SUV Mercedes-Benz, Toyota Vellfire serta Honda CR-V hitam tersebut karena pintu keluar terlewatkan. Baca juga: Mengejutkan, Begini Kondisi

Mobil Listrik Ternyata Bisa Pakai Knalpot yang Mengeluarkan Suara, Jadi Mirip Supercar

Satu hal yang bikin mobil listrik sangat berbeda dengan lainnya, yaitu tidak memiliki knalpot yang menghasilkan suara seperti kendaraan mesin konvensional. Namun siapa sangka, mobil listrik kini nggak cuma anteng dan sunyi senyap, pasalnya bisa juga menghasilkan suara yang menggelegar, berkat menggunakan produk Thor Electronic Exhaust. Baca juga: Hati-hati, Asap Knalpot Mobil Juga Mengandung Sianida! Menurut Executive Marketing Thor Electronic Exhaust, Raihan, suara yang dihasilkan dibuat sereal

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Chery Omoda 5
Lihat