Toyota Land Cruiser yang saat ini dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah Land Cruiser 300 dengan varian tipe VX-R dan GR Sport.
Model ini menggunakan sasis tipe ladder frame yang sudah lama digunakan oleh Toyota pada beberapa model SUV-nya termasuk Fortuner.
Pada Land Cruiser rangka utama terdapat pada setiap bagian sisi yang memanjang secara vertikal dengan sebuah bagian melintang sebagai subframe yang jika dilihat fungsinya seperti anak tangga.
Dengan saling berhubungan, Toyota sukses membangun sebuah rangka tunggal yang kokoh untuk melindungi bagian mesin, transmisi, dan suspensi, kemudian pada bagian atasnya dipasang bodi.
Konstruksi seperti ini banyak yang menyebut layaknya mainan Mini 4WD dengan bodi dan komponen mesin atau suspensi bisa dibongkar pasang dengan mudah.
Baca juga: Sejarah Toyota Fortuner Gen 2, SUV Ladder Frame Paling Buas di Kelasnya
Buat Anda yang kurang paham mengenai teknik otomotif tentang konstruksi sebuah rangka kendaraan bermotor, sebaiknya percayalah, sasis tangga yang diterapkan pada Toyota Land Cruiser begitu kokoh.
Fakta ini baru saja diunggah oleh seorang pengguna sosial media Instagram Khalid Al Azim dengan akun @lc300.qa
Yang ia unggah adalah video singkat yang memperlihatkan satu Land Cruiser dengan kondisi rusak parah, namun masih tetap melaju di jalan raya tanpa kendala.
Mobil tersebut sepertinya adalah Land Cruiser 70 pick up yang ada di Timur Tengah, negara dimana Land Cruiser begitu populer digunakan masayarakat.
Kondisi mobil tersbeut benar-benar ringsek pada bagian depan, yang kabarnya akibat mobil ini terjatuh dari puncak gunung pasri dan terguling beberapa kali.
Namun si pengemudi selamat hanya mendapat cedera ringan, dan mobil masih bisa dikemudikan lagi yang disebutkan mobil tersebut mengarak ke satu dealer Toyota untuk dilakukan perbaikan.
Kondisi ini pun seakan membuktikan jika sasis tangga Toyota sudah teruji beberapa dekade untuk didesain tahan banting dalam situasi paling ekstrim.
Selaam tidak ada masalah serius pada bagian mesin dan suspensi, pemilik mobil dengan ladder frame Toyota sepertinya dibuat tak khawatir.
Sesuai dengan namanya, bentuk sasis ini konstruksinya memang seperti tangga, yang awalnya diperuntukan buat kendaraan-kendaraan berat layaknya bus dan truk.
Nemun kemudian ladder frame juga dipakai untuk kendaraan pick up kabin tunggal dan ganda, serta SUV penumpang.
Kelebihan sasis ini adalah kekuatan konstruksi yang memberikan daya tahan maksimal ketika digunakan di medan cukup ekstrim atau kondisi off road.
Namun sasis tersebut cenderung kurang nyaman dibanding sasis tipe Monocoque, dan juga lebih berat sehingga tidak efisien dalam hal pemakaian bahan bakar.
Walau demikian, bukan hanya Toyota yang menyukai sasis ini, namun Mitsubishi Pajero Sport dan Triton, Isuzu MU-X dan D-Max, Ford Everest dan Ranger, sampai Nissan Terra dan Navara juga memakai konstruksi sasis yang serupa.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}