Banyak pemilik mobil yang belum tahu apa perbedaan spooring dan balancing.
Keduanya memiliki peran guna menjaga pengendalian mobil supaya tetap stabil.
Untuk itu perawatan spooring dan balancing mobil wajib dilakukan secara berkala.
Baca juga: Cek Gejala Saat Roda Butuh Spooring, Kalau Dibiarkan Mobil Bisa Miring
Spooring sendiri berkaitan dengan penyesuaian sudut roda, sedangkan balancing menyeimbangkan bobot di setiap roda.
Spooring dilakukan untuk menjaga sudut roda yang tepat supaya mobil berjalan lurus secara stabil tanpa lari ke kanan maupun kiri dengan sendirinya.
Selain itu, proses spooring juga menjaga keawetan ban dan kaki-kaki mobil.
Spooring umumnya dilakukan apabila mobil berpindah jalur dengan sendirinya dan mengalami getaran pada bagian setir.
Penyebab mobil dilakukan spooring karena bagian kaki-kaki mulai melemah.
Maka dari itu saat ingin melakukan spooring sebaiknya juga mengecek secara detail kondisi kaki-kaki mobil.
Oh iya, untuk spooring sendiri ada baiknya dilakukan setiap pemakaian 20.000 kilometer atau setiap satu tahun sekali.
Berbeda dengan spooring, balancing dilakukan untuk memastikan beban berat roda dapat terdistribusi secara merata.
Proses balancing dilakukan dengan alat khusus untuk memutar ban yang dapat menentukan satu titik bagian yang kurang mendapatkan beban.
Biasanya mekanik akan menambahkan beban tersebut dengan cara menempelkan timah pada velg.
Dengan dilakukannnya balancing, maka ban mobil menjadi stabil.
Apabila tidak dilakukan proses balancing, maka ban mobil dapat menimbulkan getaran saat melaju di kecepatan tinggi yang tentunya bisa mengurangi kenyaman dan keselamatan berkendara.
Baca juga: Kenali Teknik Spooring Mobil, Kalau Salah Setting Bisa Bikin Ban Botak Sebelah
Biaya spooring dan balancing setiap bengkel bervariatif.
Meski begitu cukup terjangkau untuk semua kalangan yang memiliki kendaraan roda empat.
Untuk biaya spooring saja, umumnya ditawarkan mulai dari Rp75.000 sampai dengan Rp200.000.
Selanjutnya biaya balancing, biasanya setiap roda dikenai Rp20.000 - Rp30.000.
Supaya tidak melakukan spooring dan balancing secara terus menurus, tentunya kalian dihasrukan menjaga keawetan kaki-kaki mobil.
Cara mudah yang bisa dilakukan yakni setiap melewati jalan yang rusak, sebaiknya mengurangi kecepatan dan berkendara secara perlahan.
Selanjutnya jangan tertalu sering membawa beban berat, adapun jika membawa beban berat, sebaiknya jangan terlalu over.
Baca juga: Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}