Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil

Banyak pemilik mobil yang belum tahu apa perbedaan spooring dan balancing.

Keduanya memiliki peran guna menjaga pengendalian mobil supaya tetap stabil.

Untuk itu perawatan spooring dan balancing mobil wajib dilakukan secara berkala.

Baca juga: Cek Gejala Saat Roda Butuh Spooring, Kalau Dibiarkan Mobil Bisa Miring

Perbedaan Spooring dan Balancing

Balancing ban mobil

Spooring sendiri berkaitan dengan penyesuaian sudut roda, sedangkan balancing menyeimbangkan bobot di setiap roda.

Spooring dilakukan untuk menjaga sudut roda yang tepat supaya mobil berjalan lurus secara stabil tanpa lari ke kanan maupun kiri dengan sendirinya.

Selain itu, proses spooring juga menjaga keawetan ban dan kaki-kaki mobil.

Spooring umumnya dilakukan apabila mobil berpindah jalur dengan sendirinya dan mengalami getaran pada bagian setir.

Penyebab mobil dilakukan spooring karena bagian kaki-kaki mulai melemah.

Maka dari itu saat ingin melakukan spooring sebaiknya juga mengecek secara detail kondisi kaki-kaki mobil.

Oh iya, untuk spooring sendiri ada baiknya dilakukan setiap pemakaian 20.000 kilometer atau setiap satu tahun sekali.

Berbeda dengan spooring, balancing dilakukan untuk memastikan beban berat roda dapat terdistribusi secara merata.

Proses balancing dilakukan dengan alat khusus untuk memutar ban yang dapat menentukan satu titik bagian yang kurang mendapatkan beban.

Biasanya mekanik akan menambahkan beban tersebut dengan cara menempelkan timah pada velg.

Dengan dilakukannnya balancing, maka ban mobil menjadi stabil.

Apabila tidak dilakukan proses balancing, maka ban mobil dapat menimbulkan getaran saat melaju di kecepatan tinggi yang tentunya bisa mengurangi kenyaman dan keselamatan berkendara.

Baca juga: Kenali Teknik Spooring Mobil, Kalau Salah Setting Bisa Bikin Ban Botak Sebelah

Biaya Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing wajib dilakukan secara berkala

Biaya spooring dan balancing setiap bengkel bervariatif.

Meski begitu cukup terjangkau untuk semua kalangan yang memiliki kendaraan roda empat.

Untuk biaya spooring saja, umumnya ditawarkan mulai dari Rp75.000 sampai dengan Rp200.000.

Selanjutnya biaya balancing, biasanya setiap roda dikenai Rp20.000 - Rp30.000.

Menjaga Kaki-kaki Mobil Supaya Tidak Sering Spooring dan Balancing

Kaki-kaki mobil

Supaya tidak melakukan spooring dan balancing secara terus menurus, tentunya kalian dihasrukan menjaga keawetan kaki-kaki mobil.

Cara mudah yang bisa dilakukan yakni setiap melewati jalan yang rusak, sebaiknya mengurangi kecepatan dan berkendara secara perlahan.

Selanjutnya jangan tertalu sering membawa beban berat, adapun jika membawa beban berat, sebaiknya jangan terlalu over.

Baca juga: Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Artikel-artikel populer di Autofun pekan lalu ternyata cukup beragam dan berbeda dibanding biasanya. Sebab jika umumnya mobil-mobil populer seperti Toyota Kijang Innova atau Isuzu Panther yang menarik banyak pembaca, maka kali ini justru datang dari segmen mobil yang punya massa lebih kecil. Diantaranya tentang keunggulan BMW 330i M Sport yang digandrungi banyak pria muda penyuka sedan kencang. Lantas ada pula informasi terbaru dari Chery yang rupanya sedang mengembangkan sebuah MPV listrik berh
Kelebihan dan kekurangan Mazda 2 gen 1 wajib diketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Mazda 2 diluncurkan pertama kali di Indonesia pada pertengahan tahun 2009 dengan menempati segmen hatchback perkotaan. Hadirnya Mazda 2 gen 1 untuk pasar Tanah Air saat itu berhadapan langsung dengan kedigdayaan Toyota Yaris bakpao dan Honda Jazz GE8, yang sudah lebih dulu meramaikan pasar otomotif Indonesia. Saat diluncurkan, Mazda 2 gen 1 ditawarkan dalam dua varian, yakni R dan S yang merupakan varian ent
100 unit mobil listrik NETA V secara simbolis akhir pekan lalu diserahkan oleh pihak NETA Arista Tebet selaku dealer mobil NETA. Berlangsung di NETA Arista Tebet, Jakarta, Selatan, ada delapan perwakilan keluarga yang sudah memesan NETA V untuk melakukan serah terima kunci dan unit mobil listrik tersebut dari pihak dealer. "Handover ceremony NETA V ke 100 konsumen pertama ini lebih dari sekadar momentum kesiapan kami sebagai pelopor penjualan EV dari NETA, tetapi juga upaya kami untuk terus mend
CARSOME Academy kembali mengembangkan potensi para teknisi terampil dengan menyelenggarakan kuliah umum bersama mahasiswa Universitas Tarumanagara (UNTAR). Menjadi institusi lembaga pelatihan tenaga kerja pertama yang terverfikasi sebagai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) resmi di bawah naungan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) CARSOME Academy memang terus aktif membuka kesempatan pada generasi muda untuk meniti karir di bidang otomotif. Mengusung tema "Inspector Specialist : Karir baru di indus
Subaru Indonesia kembali melebarkan jaringan dealer teranyarnya, dengan meresmikan Plaza Subaru Tebet dengan fasilitas Sales, Service, dan Spare part (3S), di Jalan Dr Saharjo, Tebet, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Berada di atas lahan seluas 1.900 meter persegi, dengan luas bangunan 2.450 meter persegi, dealer Subaru yang ke lima di Indonesia merupakan kerjasama antara Subaru Corporation Japan dengan PT Plaza Auto Mega. Baca juga: Buka Dealer di Kota Pahlawan, Berikut Harga Mobil Baru Subaru di S

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil