Kelebihan dan Kekurangan Mazda 2 Gen 1, Hatchback Perkotaan yang Makin Murah!

Kelebihan dan kekurangan Mazda 2 gen 1 wajib diketahui sebelum memutuskan untuk membeli.

Mazda 2 diluncurkan pertama kali di Indonesia pada pertengahan tahun 2009 dengan menempati segmen hatchback perkotaan.

Hadirnya Mazda 2 gen 1 untuk pasar Tanah Air saat itu berhadapan langsung dengan kedigdayaan Toyota Yaris bakpao dan Honda Jazz GE8, yang sudah lebih dulu meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Saat diluncurkan, Mazda 2 gen 1 ditawarkan dalam dua varian, yakni R dan S yang merupakan varian entry level.

Untuk harga bekas Mazda 2 gen 1 saat ini ditawarkan mulai dari Rp75 jutaan.

Jika kalian tertarik membelinya, simak kelebihan dan kekurangannya melalui ulasan berikut.

Baca juga: Paket Bodykit Modifikasi Mazda 2 2023, Tampilannya Jadi Lebih Resing!

Kelebihan Mazda 2 Gen 1

1. Mesin 1.500 Cc yang Responsif

Mesin MZR 1.5L (foto: istimewa)

Mazda 2 gen 1 untuk pasar Tanah Air dibekali mesin bensin dengan kubikasi 1.498 cc berkodekan MZR 4-silinder segaris DOHC 16 valve dengan mengusung teknologi S-VT (Sequential Valve Timing) dan ETC (Electronic Throttle Control).

Di atas kertas tenaga yang dihasilkan sebesar 103 PS di 6.000 rpm dan torsi 135 Nm pada 4.000 rpm.

Hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, untuk mesinnya memiliki karakter yang responsif pada tarikan bawah dan atas.

Oh iya, mesin yang digunakan Mazda 2 gen 1 memiliki angka kompresi 10 : 1.

Dengan begitu mobil ini masih bisa mengkonsumsi BBM dengan RON90 atau setara peralite.

2. Mazda 2 Gen 1 Irit Bahan Bakar

Tampilan belakang Mazda 2 gen 1

Bisa menggunakan BBM RON90 atau sejenis pertalite, untuk konsumsi bahan bakarnya Mazda 2 gen 1 terbilang irit.

Beberapa sumber menyebutkan untuk pemakaian dalam kota, rata-rata penggunaan bahan bakarnya tembus 13 - 14 km/liter.

Beda halnya ketika mobil digunakan berpergian ke luar kota, konsumsi bahan bakarnya berada di angka 16 - 17 km/liter.

3. Stabil Minim Gejala Body Roll

Kelebihan berikutnya yang dimiliki Mazda 2 gen 1 yakni pada sistem kendali.

Diketahui bahwa untuk pengendaliannya mobil ini terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dan minim gejala body roll juga saat bermanuver.

Sekedar informasi, untuk sistem peredam kejut yang digunakan mobil ini diaplikasikan suspensi berjeniskan Independent MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di bagian belakang.

4. Fitur Komplit di Zamannya

Interior Mazda 2 gen 1

Di zamannya Mazda 2 gen 1 memiliki fitur yang tergolong komplit dan modern.

Seperti yang bisa dilihat pada varian teratas, mobil ini telah dibekali lampu projector serta kaca berteknologi green-tinted yang sanggup mengurangi paparan panas matahari masuk ke dalam kabin.

Lainnya, fitur yang ada di bagian luarnya mobil ini juga disematkan spion dengan pengaturan elektrik serta pelipatan otomatis pada varian flagshipnya.

Melihat di bagian dalamnya, dari pabrikan mobil ini berhasil disematkan automatic climate control with pollen filter, MID di meter cluster serta head unit layar sentuh 8 inci pada center clusternya.

Untuk sistem hiburannya tersebut mendukung format DVD, MP3, MP4, SD, MMC, bluetooth dan USB, serta iPod direct control.

Bahkan lewat layarnya dapat menampilkan sistem navigasi serta internet browser.

Guna dapat menghasilkan kualitas suara yang baik, sistem hiburannya dipadukan sistem audio dengan automatic level control (ALC).

Bukan cuma itu saja, mobil ini pun disematkan jok pengemudi dengan pengaturan 6 arah, serta kursi penumpang depan dengan 6 arah pengaturan.

5. Mazda 2 Gen 1 Dilengkapi TPMS

Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini memperoleh ABS, EBD, EBA, dual SRS airbag, ISOFIX, speed-sensitive door lock system, Tire Pressure Monitoring Sysem (TPMS), rear view camera, dan sensor parkir.

Dari segi keamanan berkendara Mazda 2 gen 1 mendapatkan immobilizer dan keyless entry yang dapat meminimalisir dari tindakan pencurian.

Baca juga: Mazda Tawarkan Paket Rebuild Mazda 2 Lawas Biar Segar Lagi Seperti Mobil Baru, Cek Disini Harganya

Kekurangan Mazda 2 gen 1

1. Ruang Bagasi Kecil

Bagasi Mazda 2 gen 1

Bila dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris, untuk daya tampung barang di bagasinya Mazda 2 gen 1 lebih sedikit.

Tercatat untuk volume bagasinya mobil ini hanya sebesar 250 liter.

Tak hanya ruang bagasinya, untuk kabinnya mobil ini juga terbilang sempit sehingga hanya cocok digunakan di dalam kota.

Namun untungnya mobil ini memiliki pelipatan jok baris kedua 60:40 yang mana bisa dimanfaatkan ketika membawa barang bawaan dengan jumlah cukup banyak.

2. Bantingan Suspensi Cenderung Keras

Memiliki handling stabil, tidak serta merta membuatnya terasa nyaman saat melewati jalan yang berkontur.

Untuk karakter suspensi yang dihasilkan cenderung keras namun masih dalam kategori wajar untuk sebuah city car.

3. Peredam Kabin Tipis

Kekurangan berikutnya yang dimiliki Mazda 2 gen 1 yakni pada bagian peredam kabin.

Untuk peredam kabinnya mobil ini terbilang tipis, sehingga pengemudi maupun penumpang masih dapat mendengar dengan jelas suara kendaraan lain dari luar.

Guna meminimalisir gejala tersebut, kalian bisa menambahkan peredam kabin yang banyak dijual di pasaran.

4. Jaringan Bengkel Terbatas, Spare Part Lebih Mahal dari Kompetitornya

Terakhir kekurangan yang ada pada Mazda 2 gen 1 yakni mahalnya spare part bila dibandingkan kompetitor terdekatnya.

Selain suku cadang mahal, ketersedian spare part di pasaran pun tak sebanyak kompetitornya serta jaringan bengkel yang terbatas.

Kesimpulan

Memiliki pasaran harga bekas di bawah Honda Jazz dan Toyota Yaris bakpao, Mazda 2 gen 1 sangat cocok dipilih untuk kalian yang menginginkan sebuah hatchback terjangkau dengan fitur lengkap di zamannya, serta konsumsi bahan bakar yang irit.

Namun yang perlu diperhatikan dari kelebihan dan kekurangan Mazda 2 Gen 1 ini yaitu ruang bagasi sempit, bantingan suspensi keras, peredam kabin tipis, spare part mahal dan mulai jarang di pasaran, serta harga jual kembali yang cenderung anjlok.

Baca juga: Lahir dari Rahim yang Sama, Ford Fiesta Lebih Menarik dari Mazda2?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda 2

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Mazda 2 Baru, Hal Terbaik Hadir Dalam Paket Kecil

CARSOME Academy kembali mengembangkan potensi para teknisi terampil dengan menyelenggarakan kuliah umum bersama mahasiswa Universitas Tarumanagara (UNTAR). Menjadi institusi lembaga pelatihan tenaga kerja pertama yang terverfikasi sebagai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) resmi di bawah naungan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) CARSOME Academy memang terus aktif membuka kesempatan pada generasi muda untuk meniti karir di bidang otomotif. Mengusung tema "Inspector Specialist : Karir baru di indus
Subaru Indonesia kembali melebarkan jaringan dealer teranyarnya, dengan meresmikan Plaza Subaru Tebet dengan fasilitas Sales, Service, dan Spare part (3S), di Jalan Dr Saharjo, Tebet, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Berada di atas lahan seluas 1.900 meter persegi, dengan luas bangunan 2.450 meter persegi, dealer Subaru yang ke lima di Indonesia merupakan kerjasama antara Subaru Corporation Japan dengan PT Plaza Auto Mega. Baca juga: Buka Dealer di Kota Pahlawan, Berikut Harga Mobil Baru Subaru di S
Baru diluncurkan dua bulan yang lalu, harga Chery Omoda 5 GT naik 1 persen atau sekitar Rp5 jutaan mulai 5 Desember mendatang. Pengumuman ini pun disampaikan oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) melalui keterangan resminya, Kamis, 23 November 2023. Naiknya harga Chery Omoda 5 GT lantaran kenaikan harga bahan baku dan suku cadang di pasar global yang mempengaruhi biaya produksi. "Di luar perkiraan kami, permintaan Omoda 5 GT saat ini meningkat dan karenanya PT CSI harus mempercepat produksi. Namun
Dibandingkan kompetitor terdekatnya yakni Avanza-Xenia, konsumsi BBM Suzuki Ertiga 2012 lebih irit yang membuatnya banyak disukai hingga saat ini. Ertiga diluncurkan pertama kali pada September 2012 yang saat itu memiliki status CKD. Didasarkan pada Suzuki Swift, generasi pertama Ertiga untuk pasar Tanah Air ditawarkan dalam tiga varian, yakni GA, GL dan GX. Secara tampilan luar, tipe GL dan GX terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti. Supaya tidak salah pilih, ketahui perbedaan kedua
Toyota Rangga Concept sepertinya sudah tinggal menunggu waktu saja untuk diperkenalkan versi produksinya. Jika beberapa waktu lalu tertangkap kamera sosok mobil ini yang masih tertutup stiker kamuflase di area Bekasi, Jawa Barat, maka sekarang wujudnya terungkap utuh tanpa ada yang ditutupi. Ya, sosok Toyota Rangga Concept namun dengan wujud yang seperti sudah tahap produksi massal terlihat ada di booth Toyota pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2023. Berbalut

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mazda 2
    Rp 287,30 Juta
    VS
    Honda City Hatchback
    Rp 333,60 Juta
    2 vs City Hatchback
  • Mazda 2
    Rp 287,30 Juta
    VS
    Volkswagen Polo
    Rp 315,00 Juta
    2 vs Polo
  • Mazda 2
    Rp 287,30 Juta
    VS
    Toyota Yaris
    Rp 295,80 Juta
    2 vs Yaris
  • Mazda 2
    Rp 287,30 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    2 vs Air EV
  • Mazda 2
    Rp 287,30 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    2 vs Baleno
Mazda 2
Lihat