Modifikasi Klakson Telolet Semakin Menjamur, DCVI Sebut Salah Pemasangan Bisa Memicu Kecelakaan

Klakson telolet

Tak hanya anak-anak, bus dengan modifikasi klakson telolet yang bernada juga menarik perhatian orang dewasa lantaran dapat memantik kecerian di tengah padatnya lalu lintas.

Terlebih klakson telolet yang kerap dibunyikan oleh bus AKAP, AKDP dan pariwisata ini kini memiliki nada yang semakin beragam.

Siapa sangka, di balik kemeriahan suara klakson tersebut, modifikasi klakson telolet ini justru dapat mengundang malapetaka.

Baca juga: Test Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Nanjak Tol Cipularang Nggak Pakai Repot

Bus PO Shantika

“Kalau dari sisi lain itu (klakson telolet) adalah keceriaan di tengah padatnya lalu lintas yang seolah memberi kebahagiaan bagi penikmat atau Bus Mania. Tanggapan kami terhadap telolet itu melihatnya dari sisi teknis. Kami lebih concern (kekhawatiran) terkait dengan sistem pemasangannya yang sesuai dengan guidance (panduan) atau tidak, karena salah-salah berpotensi menghadirkan kegagalan fungsi kendaraan khususnya di sistem pengereman,” ungkap M. Thoyib, DCVI Bus Bodybuilder Advisor, dalam acara talkshow “Road to Transfrmation with Mercedes-Benz Truck and Bus” yang baru-baru ini diselenggarakan di GIICOMVEC 2024.

Kegagalan fungsi pada sistem pengereman akibat penggunaan klakson telolet sendiri karena dalam tahap pemasangan mengambil jalur yang tidak sesuai.

“Di klakson telolet ada material yang menggunakan tenaga angin. Kalau instalasinya mengambil tenaga angin yang salah, contohnya di sistem full air brake, dengan salah pemasangan justru malah bisa menyebabkan kecelakaan karena sistem pengereman yang malfungsi,” ucapnya.

Baca juga: Bus Listrik Hyundai Elec City dan Country EV Masuk Indonesia untuk Jadi Transjakarta

Bukan Cuma Modifikasi Klakson Telolet, Pemasangan Lampu Variasi Juga Jadi Perhatian  

Bus PO Kencana dengan tambahan lampu variasi

Selain modifikasi klakson telolet, fenomena lainnya yang tren di bus sekarang adalah penggunaan lampu variasi RGB yang diletakan di depan dan belakang bus.

Meski menggunakan LED dengan kapasitas tegangan kecil, jumlah pemakaian yang banyak serta instalasi yang tidak sesuai panduan juga dapat mengakibatkan kerugian besar.

“Untuk lampu variasi ini kami lebih kritis lagi. Jadi kalau di bus atau di karoseri ada kalkulasi. Jadi penggunaan elektrikal itu dihitung berapa penggunaan bebannya yang disesuaikan dengan kapasitas pengisian aki sehingga jangan sampai tekor. Kalau sampai tekor atau salah ambil sumber listriknya itu bisa menyebabkan korsleting dan kebakaran,” jelasnya.

Ditambahkan M. Thoyib, untuk penggunaan variasi lampu bisa dikonsultasikan langsung terhadap body builder.

“Khusus penggunaan atau pemasangan lampu tambahan Perusahaan Otobus (PO) bisa berkomunikasi dengan pihak karoseri. Apakah pemasangan lampu ini berbahaya atau tidak. Beda halnya jika pemasangan lampu variasi di luar, itu akan sulit untuk kami bisa mengedukasi ownernya langsung,” terangnya.

Dari beberapa pemerhati di bidang transportasi, idealnya ada regulasi untuk mengatur penggunaan lampu variasi dan juga harus ada yang membatasi untuk pemakaiannya.

“Untuk regulasi tambahan lampu memang belum ada regulasi spesifik yang mengatur aksesoris karena itu kan sifatnya baru,” seru Yusa Cahya Permana, Ketua MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) Wilayah DKI Jakarta. 

“Kami tidak bisa meminta PO untuk tidak memasang hal-hal tersebut. Tapi untuk PO yang sudah paham, mereka akan melarang pemasangan klakson telolet maupun lampu tambahan karena akan berdampak terhadap keselamatan,” tutup M. Thoyib.

Baca juga: Model Bus Legendaris Garapan Adiputro Sebelum Era Jetbus 5, Ada Travego Hingga Jetbus 3 Voyager

 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah akan pertumbuhan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air, PT Alun meluncurkan jasa konversi truk listrik dengan nama produk AMP (Adaptive Mobility Power) di GIICOMVEC 2024. Paket konversi kendaraan listrik ini dapat dilakukan oleh para pengusaha terhadap armada truk eksisting yang dimilikinya. “Jasa yang ditawarkan mengkonversi dari kendaraan diesel lama menjadi listrik khusus kendaraan niaga baik truk. Untuk konversi yang dilakuka
Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah akan pertumbuhan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air, PT Alun meluncurkan jasa konversi truk listrik dengan nama produk AMP (Adaptive Mobility Power) di GIICOMVEC 2024. Paket konversi kendaraan listrik ini dapat dilakukan oleh para pengusaha terhadap armada truk eksisting yang dimilikinya. “Jasa yang ditawarkan mengkonversi dari kendaraan diesel lama menjadi listrik khusus kendaraan niaga baik truk. Untuk konversi yang dilakuka
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso dipastikan akan meluncurkan truk listrik Fuso eCanter tahun ini. Bahkan Sales and Marketing Direktor PT KTB Aji menegaskan, peluncuran Fuso eCanter bertepatan dengan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung Juli 2024 mendatang. "Seperti yang kita katakan di GIIAS tahun lalu, bahwa pertengahan tahun ini kita akan launching (eCanter). Mudah-mudahan GII
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso dipastikan akan meluncurkan truk listrik Fuso eCanter tahun ini. Bahkan Sales and Marketing Direktor PT KTB Aji menegaskan, peluncuran Fuso eCanter bertepatan dengan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung Juli 2024 mendatang. "Seperti yang kita katakan di GIIAS tahun lalu, bahwa pertengahan tahun ini kita akan launching (eCanter). Mudah-mudahan GII
Genap sebulan sejak pertama kali dijual, Chery Omoda E5 mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Desain yang menarik menjadi salah satu daya tarik dari mobil listrik crossover ini, dan kini ternyata ada fitur baru Chery Omoda E5 yang diperkenalkan oleh APM-nya Meski baru seumur jagung, PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah menghadirkan sebuah fitur baru bernama Car Link O yang akan didapatkan oleh seluruh konsumen Omoda E5. Menariknya, penambahan fitur yang menghubungkan dengan smartpho
Genap sebulan sejak pertama kali dijual, Chery Omoda E5 mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Desain yang menarik menjadi salah satu daya tarik dari mobil listrik crossover ini, dan kini ternyata ada fitur baru Chery Omoda E5 yang diperkenalkan oleh APM-nya Meski baru seumur jagung, PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah menghadirkan sebuah fitur baru bernama Car Link O yang akan didapatkan oleh seluruh konsumen Omoda E5. Menariknya, penambahan fitur yang menghubungkan dengan smartpho
Melalui gelaran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan Merecedes-Benz O 500 RSD 2445 yang merupakan sasis bus pertama di Indonesia dengan fitur ADAS. Line up terbaru sasis bus premium 6x2 dengan 3 axle ini melengkapi daftar unit kendaraan niaga Mercedes-Benz dengan menghasilkan emisi yang rendah, nyaman serta keamanan berkendara. Sebagai suksesor Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, O 500 RSD 2445 memiliki keun
Melalui gelaran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan Merecedes-Benz O 500 RSD 2445 yang merupakan sasis bus pertama di Indonesia dengan fitur ADAS. Line up terbaru sasis bus premium 6x2 dengan 3 axle ini melengkapi daftar unit kendaraan niaga Mercedes-Benz dengan menghasilkan emisi yang rendah, nyaman serta keamanan berkendara. Sebagai suksesor Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, O 500 RSD 2445 memiliki keun
Harga dan spesifikasi Foton e-View sangat menarik untuk diulas. Foton kembali ke Tanah Air berada di bawah naungan PT Indomobil Global Transportasi, dengan menghadirkan salah satu produk unggulannya yakni mobil listrik Foton e-View di ajang GIICOMVEC 2024. Foton sendiri sempat meramaikan kancah otomotif Tanah Air di era 2010 ke bawah. Untuk model yang pernah dijual diantaranya; Foton View minibus yang kerap dipakai ambulance atau kendaraan travel, Foton Loader pick up pesaing L300 dan light truc
Harga dan spesifikasi Foton e-View sangat menarik untuk diulas. Foton kembali ke Tanah Air berada di bawah naungan PT Indomobil Global Transportasi, dengan menghadirkan salah satu produk unggulannya yakni mobil listrik Foton e-View di ajang GIICOMVEC 2024. Foton sendiri sempat meramaikan kancah otomotif Tanah Air di era 2010 ke bawah. Untuk model yang pernah dijual diantaranya; Foton View minibus yang kerap dipakai ambulance atau kendaraan travel, Foton Loader pick up pesaing L300 dan light truc

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Rp 515,00 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Juta

Lihat Mobil
Wuling

Wuling BinguoEV

Rp 326,00 - 372,00 Juta

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil
go-to-top