Harganya Mentereng, Hyundai IONIQ 5 N Punya Spesifikasi Sepadan?

Harga dan spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N akhirnya diumumkan setelah debutnya Juli tahun lalu di acara Goodwood Festival Of Speed 2023.

Dikutip dari EVMagz, Rabu (13/03/2024), mobil listrik pertama dari N Brand Hyundai ini untuk pasar Amerika Serikat (AS) dibanderol mulai dari USD66.100 atau kira-kira setara dengan Rp1,02 miliar.

Banderol ini memang cukup tinggi mengingat harga Hyundai IONIQ 5 N tersebut juga belum termasuk pajak bea masuk dan berbagai pajak di masing-masing negara.

Lantas dengan harga yang mepet Hyundai IONIQ 6 ini apakah spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N setimpal?

Mari kita bahas lebih dalam mengenai mobil listrik rasa sport car tersebut.

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 Facelift 2024 dengan Baterai Lebih Besar Resmi Diluncurkan

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N: Desain

Tampilannya lebih agresif dibanding IONIQ 5 biasa

IONIQ 5 N adalah varian high performance yang ditawarkan Hyundai untuk IONIQ 5 model year 2025.

Mengusung tema "New Benchmark for Engaging, All-Electric High Performance", mobil ini seakan dibangun sebagai perwujudan terbaru dari perpaduan antara keunggulan teknologi listrik dan kemampuan berkendara yang dinamis. 

Memadukan desain yang futuristik dengan performa yang tangguh, mobil ini menjanjikan pengalaman mengemudi yang tak terlupakan.

Eksterior

Fascia depan diberi aksen hitam

Kalau melihat tampilan utuhnya, IONIQ 5 N memang menggambarkan sisi yang jauh lebih sporty dibanding IONIQ 5 reguler.

Beberapa elemen tambahan sudah tersemat yang punya desain lebih agresif serta diberi warna dominan hitam dengan sedikit aksen warna Luminous Orange yang khusus diracik Hyundai untuk mobil ini

Contohnya pada fascia depan, Hyundai membentuk ulang bempernya dengan tarikan garis yang lebih tegas, serta ada lekukan sayap di bagian sisi kiri dan kanannya.

Bagian ini bukan hanya sekedar menambah kesan sporty pada kendaraan itu, namun juga memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika.

Spoiler atapnya dibuat lebih besar dan bemper belakang juga diracik ulang

Kemudian di bagian samping juga terlihat ada penambahan side skirt, pun lengkap dengan desain sayap pada ujung belakangnya.

Paling menonjol tentunya penyematan velg aluminium 21 inci yang dibalut dengan ban Pirelli P-Zero khusus untuk mobil listrik performa tinggi.

Di bagian belakang, Hyundai juga memberikan sentuhan baru pada spoiler atap yang dibuat sedikit lebih panjang, serta lekuk bemper belakang juga dibentuk jadi lebih berkarakter.

Secara ukuran tubuh, IONIQ 5 N ini 40 mm lebih lebar dan 80 mm lebih panjang, serta ground clearance-nya juga dibuat 20 mm lebih rendah dari versi reguler.

Dimensi Hyundai IONIQ 5 N
Panjang 4.715 mm
Lebar 1.930 mm
Tinggi 1.605 mm
Jarak sumbu roda 3.000 mm
Jarak ke tanah 143 mm

Baca juga: Asyik, Pejabat Eselon 1 dan 2 BUMN Dapat Kado Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 di Tahun Baru

Interior

Kabinnya jauh berbeda dibanding IONIQ 5 biasa

Di bagian dalam, mobil ini tersemat cukup banyak elemen "N" yang menegaskan identitasnya dibanding varian lain IONIQ 5.

Misalnya pada bagian tengah lingkar kemudi, sandaran kursi, scuff plate di pintu, di bagian dasbor hingga ke pedal-pedal yang menggunakan bahan metal.

Untuk setirnya sendiri dibuat berbeda dengan IONIQ 5 varian lain karena di versi ini hadir dalam model 3 spoke dan bagian tengahnya dibuat lebih kecil serta ada logo "N".

Selain tombol untuk pengaturan panel instrument dan headunit monitor, di lingkar kemudi ini juga terdapat empat tombol yaitu Drive Mode Select, N Grin Boost yang berwarna oranye kemerahan, serta dua lagi di bagian bawah berupa tombol N Custom.

Joknya juga sudah model balap

Tak cuma itu, di bagian belakang setir ini juga sudah tersemat Paddle Shift untuk mempersilahkan pengemudi memakai fitur e-Shift dan N Pedal.

Sensasi mobil sport sejati juga diperlihatkan dari desain kursi pengemudi dan penumpang depan mobil ini yang sudah full bucket seat.

Tersedia opsi pelapis kombinasi antara kain fabric dengan kulit atau eco-Alcantara dan kulit untuk jok tersebut.

Baca juga: Thailand Kurangi Subsidi Mobil Listrik Mulai 2024, Indonesia Masih Tunggu Kabar Pemerintah

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N: Baterai dan Motor Listrik

Mobil listrik yang siap dipakai balap

IONIQ 5 N menggunakan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang kemudian dikombinasikan dengan dua motor listrik serta baterai berkapasitas 84 kWh.

Perpaduan ketiganya sanggup menghasilkan daya puncak sampai 500 PS serta saat model N Grin Boost diaktifkan, dua motor listrik yang terpasang bisa mencapai putaran maksimal 21.000 rpm dan kecepatan maksimum 260 km/jam.

Dengan kemampuan ini serta ditunjang sistem penggerak roda All Wheel Drive, IONIQ 5 N mampu berakselerasi 0-100 km/jam kurang dari 3,5 detik, bahkan dengan mode N Grin Boost catatan waktunya bisa dipersingkat lagi jadi di bawah 3,4 detik.  

Sementara itu, baterai yang digunakan sudah dilengkapi kemampuan pengisian super cepat (super fast charging), sehingga pada keadaan daya baterai 10% untuk diisi hingga 80 persen hanya butuh waktu 18 menit.

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N: Fitur Siap Balapan

Tampilan kokpitnya (Foto: Topgear)

Sebagai model yang lahir dari N Brand, Hyundai menegaskan kalau IONIQ 5 N juga memiliki tiga pilar N Hyundai, yakni "Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sports Car".

Karenanya mobil ini bukan sekedar punya tampilan sporty dan kemampuan baterai yang di atas rata-rata, namun ia juga siap untuk diajak adu kebut di lintasan balap.

Misalnya pengemudi dapat memanfaatkan fitur N Battery Pre-conditioning untuk memilih antara mode Drag atau Track.

Pada Track Mode, sistem akan mengaktifkan fitur cooling alias pendinginan yang terbaik untuk baterai lantaran bakal digunakan pada performa tertinggi dalam waktu yang lama guna menyelesaikan setiap putaran lap.

Sementara jika memilih Drag Mode, maka sistem pada baterai akan memilih untuk melonjakkan power maksimalnya dalam waktu singkat, supaya didapat tenaga dan torsi terbaik untuk catatn waktu yang terbaik pula.

Selanjutnya pengemudi juga disajikan dua mode N Race, yaitu Endurance Mode dan Sprint Mode yang bisa dipilih sesuai lintasan balap yang bakal dihadapi.

Biar pengemudi tak kehilangan traksi saat memulai balapan di garis start, disediakan juga fitur N Launch Control dengan tiga opsi tingkat traksi yang berbeda sesuai kebutuhan pada kondisi treknya.

Baca juga: Tunggu Regulasi yang Jelas, Mobil Listrik BYD Akan Diproduksi Sendiri di Indonesia Tanpa Pakai Nikel!

Pengaturan fitur-fitur ada di keempat tombol pada setir ini

Tenaga yang besar dan pengaturan baterai yang cerdas, kemudian juga ditunjang dengan perangkat suspensi yang kampiun.

Hyundai memasang satu set suspensi sport terbaru, termasuk memperbaharui sistem pengereman regeneratif, dan juga update distribusi bobot pada saat di lintasan menggunakan sebuah perangkat lunak baru.

Kemudian Hyundai juga memasang disc brake 400 mm dengan kaliper monoblok empat piston di depan serta disc brake 360 mm dengan kaliper tunggal pada roda belakang untuk sistem pengeremannya.

Perangkat ini ditopang juga dengan fitur N Brake Regen yang tugasnya mengatur secara cerdas kebutuhan kekuatan pengereman yang dilakukan sopir tergantung tikungan pada lintasan balap yang akan dilalui.

Jika kalian suka drifting, mobil ini juga siap diandalkan untuk kepot-kepotan di lintasan.

Antara lain berkat adanya fitur N Drift Optimizer yang akan mengatur secara elektronik sudut terbaik saat memasuki tikungan drifting.

Kalau pengemudi membutuhkan lebih banyak daya supaya roda belakang mengepulkan asap lebih banyak saat kontak dengan aspal, maka Hyundai juga menyiapkan fitur Torque Kick Drift dan N Torque Distribution untuk membantunya.

Fitur ini seolah-olah mensimulasikan bantuan tendangan di pedal kopling pada mobil manual berpenggerak roda belakang yang umumnya dipakai drifting.

Ada juga fitur yang sanggup mengeluarkan tiga opsi suara mesin yang berbeda

Pengemudi juga dapat memanfaatkan pula fitur N e-Shift yang fungsinya seperti paddle shift untuk menempatkan posisi gigi terbaik melalui transmisi kopling ganda 8 percepatan yang sudah disediakan.

Balap atau drifting pakai mobil listrik pasti gak seru karena tak ada suara seperti pakai mobil bermesin V6 atau bahkan V8.

Eits tunggu dulu! Sebab Hyundai sudah menyiapkan fitur N Active Sound yang menyediakan tiga tema suara berbeda, yaitu Ignition, Evolution dan Supersonic.

Ignition akan menawarkan tema suara seperti mesin 2.0-liter Turbo dari model Hyundai N lainnya.

Sementara Evolution akan mengeluarkan suara dari RN22e, sementara Supersonic menawarkan sensasi suara seperti pesawat jet tempur saat menikung.

Gimana, dengan harga lebih dari Rp 1 miliar, apakah spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N sepasang dengan bandrolnya?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Road Trip Jakarta - Bali Pakai Mobil Listrik Ioniq 6 & Ioniq 5

Bawa Jalan Hyundai Ioniq 5, Proper Pol

Pantas Dikasih Harga Berapa? Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq - Walkaround with Fitra Eri

PT Neta Auto Indonesia selaku distributor resmi mobil listrik Neta di Tanah Air mengumumkan bahwa produknya akan dirakit secara lokal mulai Mei 2024 mendatang. Perakitan mobil Neta V dengan status Completely Knocked Down (CKD) ini dilakukan bersama PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang dilakukan di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Menurut GR & Product Director Neta Fajrul Ilhami, Neta sudah melakukan kesepakatan dengan PT HIM, yang dilakukan pada November 2023. Baca juga: 2 Fitur Ini Bisa
Daihatsu Ayla 1.0 M 2023 jadi Ayla paling murah saat ini, harganya pun tak sampai Rp150 juta sehingga cocok untuk mereka yang mau cari mobil pertama tanpa harus membeli mobil bekas. Saat ini memang tak banyak mobil keluaran terbaru yang memiliki harga jual Rp150 jutaan atau bahkan di bawah itu. Satu dari sedikit mobil baru dengan rentang harga tersebut adalah Daihatsu Ayla 2023 yang sudah meluncur di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023. Sebagai sebuah mobil Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu juga p
Tak sedikit pengusaha travel mencari informasi akan kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Fuso Canter Bus. Sebagai informasi, Fuso Canter Bus pertama kali diperkenalkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Memulai penjualan pada Desember 2023, penerus Mitsubishi Fuso Espasio dengan mengisi segmen microbus ini dapat menjawab kebutuhan para pelanggannya di sektor industri pariwisata, antar jemput karyawan, angkutan feed
Keunggulan Toyota Avanza Gen 1 terkadang sulit digantikan oleh Avanza generasi-generasi berikutnya. Hal inilah yang membuat minat masyarakat Indonesia terhadap Toyota Avanza gen 1 saat ini masih banyak, khususnya di daerah. Sebagai mobil keluarga entry level yang serba bisa, generasi pertama Avanza disukai karena dianggap masih cukup tangguh untuk dipakai pada kondisi jalan yang terkadang tidak mulus, serta mudah dalam hal perawatan. Sebagai informasi, Toyota Avanza pertama kali diperkenalkan di
Harga dan spesifikasi Foton e-Aumark diumumkan di ajang GIICOMVEC 2024, berbarengan dengan kembalinya brand otomotif China di pasar otomotif Tanah Air, Foton, di bawah naungan Grup Salim, PT Indomobil Global Transportasi. Sebagai truk listrik muatan ringan pertama asal Negeri Tiongkok yang dijual secara resmi di Indonesia, Foton e-Aumark dibandrol Rp643,8 juta Off The Road Jakarta. Sebagai informasi, harga yang ditawarkan tersebut sudah termasuk perangkat AC Charger bertegangan 11 kWh. Untuk men

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Rp 515,00 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Juta

Lihat Mobil
Wuling

Wuling BinguoEV

Rp 326,00 - 372,00 Juta

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq 5
Lihat