8 Mobil Baru di Indonesia Oktober 2024: Ada Toyota Hilux Rangga, SUV Hybrid Hyundai, Sampai Kembaran Mercedes-Benz G-Class
Prasetyo · 1 Nov, 2024 08:50
0
0
Mobil baru di Indonesia sepanjang Oktober 2024 ternyata cukup banyak. Meskipun beberapa diantaranya sudah pernah dimunculkan, namun baru kini harga resminya diumumkan.
Antara lain Toyota Hilux Rangga, yang sudah beberapa kali hadir di pameran otomotif Nasional, sejak kemunculan perdananya dalam wujud Rangga Concept pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu.
Kemudian PT Chery Sales Indonesia (CSI) juga terhitung pernah menampilkan perdana Chery Tiggo 8 di GIIAS 2024. Hanya saja harga resminya baru diumumkan bulan lalu.
Meski demikian, ada juga beberapa mobil baru di Indonesia yang kemunculannya memang baru kali ini ke hadapan publik, dan langsung dijual oleh para Agen Pemegang Merek (APM) yang bersangkutan.
Nah biar lebih jelas apa saja mobil baru di Indonesia yang launching sepanjang Oktober 2024, berikut daftar lengkapnya.
Harga Chery Tiggo 8 akhirnya resmi diumumkan oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI), Selasa (8/10/2024). Budi Darmawan Jantania selaku Sales Director CSI menyebutkan jika pengumuman harga Chery Tiggo 8 adalah puncak dari rangkaian acara perkenalan Chery Tiggo 8.
Seperti diketahui, Tiggo 8 merupakan lini produk terbaru dari Chery Tiggo 8 Series di Indonesia. Di atas varian ini ada Tiggo 8 Pro, lantas model flagship-nya ada Tiggo 8 Pro Max. Tiggo 8 lebih ditujukan bagi kalangan entry level, namun menginginkan sebuah SUV 7 penumpang yang punya mesin turbo dengan fitur lengkap dan kenyamanan berkendara.
Meski Tiggo 8 merupakan yang paling murah dan menjadi varian terendah dari Tiggo 8 Series, namun ini bukan menjadi SUV tersebut tidak menarik. Justru ia tampil dengan beberapa keunggulannya.
Hadir dengan konsep Tiger Shape Conquer, pada fascia depan Tiggo 8 punya desain grill yang terkesan tegas dan dominan. Namun disisi lain juga ada aksen Shield Protective yang diterjemahkan pada bagian tepi gril tersebut yang berarti pelindung bagi semua penumpang di dalamnya.
Lampu utamanya dibuat cukup pipih khas SUV modern Eropa, lengkap dengan LED DRL membentuk L ganda. Lantas lekuk kap mesin sampai desain bumper juga memperlihatkan karakter kokoh.
Kemudian di dalam kabin terlihat ada head unit 10.25 inci berkualitas HD Display. Perangkat ini pun sudah mendukung fungsi Android Auto maupun Apple CarPlay, Voice Assistance, dan terhubung dengan 8 premium speaker keluaran Sony.
Lantas ada Ambient Light, kaca jendela dengan sistem keamanan Anti Pinched, arm rest di bagian tengah dengan sistem cooling storage, sampai sistem kisi-kisi AC hingga ke jok baris kedua dan ketiga yang AC ini sudah dibekali N95 Filter.
Masing-masing varian Tiggo 8 dipersenjatai mesin 1.600 cc TGDI Turbocharger 4-silinder segaris yang sanggup meletupkan tenaga sebesar 186 PS dan torsi 290 Nm. Tiggo 8 pun disandingkan dengan transmisi kopling ganda (DCT) 7-Percepatan dengan menghasilkan gaya berkendara agresif. Catatan waktunya, mobil ini sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,9 detik.
Keunggulan lainnya adalah tipe tertinggi sudah mendapatkan Panoramic Sunroof, jok dengan fungsi Memory Seat, serta keberadaan perangkat keselamatan aktif berupa Advanced Driving Assistance System (ADAS).
Menempati segmen Big SUV, New Mercedes-Benz GLS 450 hadir dengan beberapa ubahan yang memadukan desain modern dan progresif. Pada versi faceliftnya ini, New GLS 450 untuk bagian depannya memiliki grill dengan kesan lebih tegas yang dibagi menjadi empat bilah, menggantikan model sebelumnya yang hanya dua bilah.
Selanjutnya pada sistem pencahayaan disematkan Multibeam LED yang memudahkan pengemudi ketika melewati jalan yang gelap serta berpapasan dengan kendaraan lain dari depan. Tidak berhenti sampai di situ, New GLS450 juga diaplikasikan velg baru AMG 22 inci multi-spoke.
Demi memberikan kenyamanan, untuk suspensinya menggunakan Airmatic dan panoramic sliding sunroof. Di dalam, setirnya memiliki tampilan sporty dengan beragam tombol pengaturan yang dibungkus menggunakan bahan Nappa Leather. Joknya sendiri didukung dengan ventilasi udara di bagian depan.
Memiliki kualitas suara tingkat atas, sistem audionya dipadukan surround Burmester dengan multimedia MBUX yang canggih. Tak ketinggalan terdapat trim kayu oak berpori terbuka dengan memberikan pengalaman seperti konser mewah di dalam mobil.
Dapat memuat tujuh orang sekaligus dengan jok depan mengusung fitur memory seat serta jok tengah yang sudah menggunakan pengaturan elektrik, mobil ini memiliki Active Driving Assistance lengkap. Adapun fitur keselamatan pintar yang mencakupnya antara lain; Active Distance Assist DISTRONIC, Active Steering Assist, Active Lane Keeping Assist, dan Active Blind Spot Assist.
New Mercedes Benz EQB 250+ Progressive Line meluncur di Tanah Air dengan menggabungkan kenyamanan interior yang luas serta sustainable power. Tampilan eksterior mobil ini memiliki grill baru dengan logo tiga bintang yang dibuat kecil-kecil dan menyebar ke seluruh bagian.
Selanjutnya untuk lingkar roda diaplikasikan velg 19 inci palang lima two-tone dengan tampilan yang terlihat radikal. Tak hanya itu, New EQB 250+ juga mendapatkan warna baru yaitu Spectral Blue.
Menyesuaikan kebutuhan keluarga Indonesia, New EQB 250+ hadir dengan konfigurasi 2+5+2. Dimana kapasitas daya tampung mobil ini sanggup memuat tujuh orang, dengan dua penumpang anak-anak di bagian belakang.
Adapun sumber tenaga mobil ini berasal dari baterai lithium-ion high-voltage berkapasitas 70,5 kWh dengan jangkauan lebih jauh dari model sebelumnya. Adapun jarak tempuh yang dihasilkan ketika baterai terisi penuh, New EQB 250+ dapat berjalan sejauh 535 kilometer.
Berbekal motor listrik tunggal, untuk tenaga yang diperolehnya sebesar 140 kW (192 PS) dengan torsi 385 Nm. Mempunyai kecepatan maksimal 160 km/jam, untuk catat waktu tercepat 0-100 km/jam hanya memerlukan 8,9 detik.
Untuk lama waktu pengecasan 10-80% dengan memanfaatkan pengisian DC fast charging bertegangan 100 kW, mobil ini memerlukan 35 menit. Agar pengalaman berkendara terasa nyaman dan aman, New EQB 250+ memperoleh fitur keselamatan berupa DISTRONIC dan Active Brake Assist.
Bensin Hilux Rangga Cab-Chassis 2.0 Standard MT: Rp 188.700.000
Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard MT: Rp 193.600.000
Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard 3 Way MT: Rp 194.600.000
Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 High MT: Rp 215.700.000
Diesel Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 Standard MT: Rp 244.700.000
Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 Standard MT: Rp 249.600.000
Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 Standard 3 Way MT: Rp 250.600.000
Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 High MT: Rp 283.600.000
Diesel Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 High AT: Rp 299.200.000
Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 High AT: Rp 304.500.000
Mobil baru di Indonesia yang paling banyak dibicarakan selama Oktober 2024 rasanya memang hanya Toyota Hilux Rangga. Mobil ini dihadirkan dalam dua model utama cabin chassis dan single cabin, harga Toyota Hilux Rangga dibanderol mulai dari Rp188,7 juta sampai dengan Rp304,5 juta.
Toyota Hilux Rangga dibangun di atas platform IMV 0 (Innovative International Multi-Purpose Vehicle) seperti yang digunakan Kijang Innova reborn, Hilux dan Fortuner. Sebagai kendaraan komersil muatan ringan yang ditempatkan di bawah Hilux single cab, Hilux Rangga mewarisi DNA Toyota Kijang yang terkenal tangguh.
Hilux Rangga membawa DNA Kijang yang kental. Tak heran apabila Hilux Rangga memiliki durabilitas tinggi, namun tetap menawarkan kenyamanan berkendara yang tidak bisa dijumpai di pesaing sekelasnya. Kenyamanan yang ditawarkan lantaran mobil ini tidak hanya ditujukan untuk anak muda yang gemar bisnis, namun juga suka melakukan camping dengan menjadikannya camper van.
Untuk varian teratasnya diesel High A/T memiliki fitur selayaknya mobil penumpang. Dimana pada tampilan eksterior khususnya untuk sistem pencahayaan sudah menggunakan LED headlamp.
Guna menunjang kenyamanan selama berkendara, di bagian dalam pada joknya dibuat secara terpisah antara pengemudi dan penumpang. Selain itu pula joknya juga sudah dilengkapi headrest dengan pengaturan adjustable.
Memiliki kesan modern, tipe ini juga sudah dilengkapi ornamen di beberapa bagian interiornya. Dari segi hiburan dipadukan menggunakan premium audio yang membuat perjalanan berkendara semakin terasa nyaman.
Hilux Rangga ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni bensin 2.0L dan diesel 2.4L. Untuk jantung pacunya menggunakan mesin kepunyaan Kijang Innova reborn. Pada varian bensinnya dibekali mesin 1.998 cc berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Sedangkan untuk model diesel menggunakan mesin berkapasitas 2.393 cc dengan kode 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler ini sanggup meletupkan tenaga sebesar 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 - 2.600 rpm.
Khusus varian teratas, dipadukan transmisi matic dengan 6-percepatan with sequential shift, sedangkan model lainnya hadir transmisi manual memiliki 5-percepatan.
Hyundai Santa Fejuga cukup menjadi bahan pembicaraan masyarakat ketika membahas mobil baru di Indonesia yang lahir Oktober 2024. Sebab di model inilah Hyundai Indonesia pertama kalinya menghadirkan varian kendaraan bermesin hybrid.
Hyundai Santa Fe 2024 untuk pasar Indonesia hadir dalam dua opsi mesin. Yaitu mesin benisn 2.5 GDI yang sanggup menghasilkan tenaga 194 PS dengan torsi 246 Nm.
Mesin kedua adalah mesin hybrid yang merupakan kombinasi antara mesin 1.6 GDI Turbocharged dengan motor elektrik. Mesin bensinnya berkekuatan 180 PS dengan torsi 265 Nm, sementara motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous bisa menghasilkan daya 44,2 kW (60 PS) dengan torsi 264 Nm.
Untuk sistem transmisinya, pada varian hybrid menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan. Sedangkan di tipe mesin bensin pakai gearbox matic 8-speed.
Varian Calligraphy sebagai tipe tertinggi sudah disematkan head unit 12,3 inci yang memiliki kemampuan smartphone connection dan juga navigasi. Perangkat ini tersambung dengan 12 speakers BOSE Premium Audio System, khusus di varian Calligraphy.
Adapun untuk kenyamanan berkendara, pada sisi pengemudi juga sudah terdapat 12,3 inch TFT LCD monitor sebagai meter cluster. Lantas ada pula UV-C Sterilization Tray untuk membuat kabin kendaraan ini bisa lebih bersih dari bakteri.
Lantas ada pula kehadiran Hyundai SmartSense yang membawa beberapa fitur keselamatan aktif. Yang tak kalah menarik juga adalah kehadiran Hyundai Bluelink untuk All New Santa Fe. Dengan aplikasi yang bisa diunduh dan dipasang pada ponsel tersebut, kalian sebagai pemilik dapat terhubung dengan kendaraan ini untuk berbagai aktivitas.
BAIC BJ80 merupakan SUV Premium asal Tiongkok berpenampilan boxy yang sekilas mirip seperti Mercedes-Benz G-Class. Disebut-sebut memiliki durabilitas tinggi layaknya G-Class yang sudah eksis sejak 1979, di negara asalnya BJ80 banyak digunakan sebagai kendaraan militer.
Hadir dengan ketangguhan yang dipadukan desain boxy serta kemewahan khas premium, mobil ini didesain untuk menaklukkan berbagai medan dengan kemampuan sudut masuk 39 derajat, sudut tanjakan 25 derajat, dan sudut keluar 33 derajat, memastikan kemampuan manuver yang baik di berbagai kondisi jalan.
Dari segi performa, BJ80 dipersenjatai mesin 3.000 cc twin-turbo V6 berbahan aluminium yang sanggup meletupkan tenaga hingga 241 Hp dan torsi puncak sebesar 420 Nm.
Mesin dengan bahan utama alumunium yang dipakai selain kuat, juga diklaim sanggup memberikan akselerasi lebih cepat dengan berkat bobot mesin yang lebih ringan dengan mendukung efisiensi bahan bakar.
Jantung pacu yang digunakan dikawinkan menggunakan transmisi otomatis ZF dengan 8 tingkat percepatan yang menawarkan perpindahan gigi terasa lebih cepat, responsif, dan tangguh di berbagai medan.
Peningkatan fitur pada transmisinya menonjolkan kekuatan teknologi, seperti otomatisasi yang memungkinkan perpindahan gigi kembali ke posisi "P" ketika kendaraan dimatikan, untuk memastikan keamanan parkir.
Selain itu terdapat pula fitur koreksi otomatis, yang berfungsi untuk mencegah kerusakan transmisi akibat kesalahan perpindahan gigi guna meningkatkan keamanan dan ketahanan kendaraan.
Memudahkan pengguna ketika melewati jalan off-road, sistem penggerak empat rodanya sudah menggunakan sistem elektrik yang terasa praktis ketika digunakan melewati berbagai jalan berkontur.
M2 Coupe Special Edition dibangun berdasarkan M2 Coupe berkelir Frozen Pure Grey Metallic dengan tambahan aksesoris M Performance berbahan karbon pada bagian bodinya yang memberikan kesan lebih sporty.
Total ada 9 komponen tambahan pada mobil ini yang membedakannya dengan varian M2 Coupe biasa. Yaitu:
M Performance Carbon Side Mirror Caps
M Performance Titanium Rear Silencer
M Performance Carbon Air Inlet
M Performance Carbon Front Attachment
M Performance Rear Diffuser
M Performance Carbon Rear Attachment
M Performance Carbon Side Panel Cover Trim
M Performance Carbon Rear Side Wall Trim
M Performance Carbon Side Sill Attachment
Mobil ini hanya tersedia 2 unit di Indonesia. Dari segi performa, M2 Coupe Special Edition dibekali mesin M TwinPower Turbo 6-silinder segaris. Di atas kertas, mobil ini sanggup memeras tenaga sebesar 460 Hp dan torsi puncak mencapai 550 Nm.
Jantung pacunya dipadukan transmisi steptronic 6-percepatan yang sanggup memberikan akselerasi dari 0-100 km/per hanya dalam 4,1 detik. Dari segi kenyamanan handling, mobil ini disematkan Adaptive M suspension dengan Active M Differential dan Rear-Wheel Drive (RWD).
8. BMW M4 CS
BMW M4 CS: Rp 2.990.000.000
BMW M4 CS terbaru diposisikan di atas BMW M4 Competition Coupé namun sedikit di bawah BMW M4 CSL yang merupakan edisi terbatas. Menggabungkan kemampuan performa yang murni dengan kenyamanan berkendara harian, M4 CS menawarkan sensasi balap yang intens dan handling yang presisi berkat M TwinPower Turbo.
Kasta tertinggi dari keluarga M4 ini, untuk pasar Tanah Air tersedia tak sampai 10 unit. Satu set mesin di balik bonet merupakan keistimewaan dari mobil yang satu ini. Tetap memakai mesin BMW M4 3.0-liter TwinPower Turbo, tenaga yang dihasilkan sanggup mencapai 550 PS.
Ini merupakan peningkatan sebesar 20 PS dibandingkan mesin BMW M4 Competition Coupé dengan M xDrive. Peningkatan tenaga ini dicapai melalui revisi pada teknologi M TwinPower Turbo, antara lain dengan peningkatan tekanan dari dua turbocharger mono-scroll hingga 2,1 bar, serta beberapa penyesuaian spesifik pada manajemen mesin.
Mesin BMW M4 CS terbaru menawarkan torsi puncak 650 Nm yang dapat dirasakan mulai dari 2.750 rpm hingga 5.950 rpm. Tenaga maksimal tercapai pada 6.250 rpm, dengan batas putaran mesin di 7.200 rpm.
Tenaga yang segera tersedia dan karakter mesin yang berputar tinggi memungkinkan akselerasi yang mengesankan. BMW M4 CS dapat melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik, sementara 0 hingga 200 km/jam dicapai dalam 11,1 detik. Kecepatan tertinggi edisi khusus ini, yang dilengkapi dengan M Driver’s Package yang dibatasi secara elektronik hingga 302 km/jam.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.