7 Mobil Sedan di Indonesia yang Pernah Berjaya, Harga Sekennya Kini Menggiurkan

Mobil sedan di Indonesia sempat berjaya di era 1990-an sampai awal 2000-an sebelum akhirnya masuk era kendaraan berkategori hatchback, city car, sampai Low Cost Green Car (LCGC).

Mobil sedan selalu dianggap menawarkan kenyamanan dan kemewahan lebih baik dibanding kendaraan-kendaraan golongan yang tadi disebutkan.

Meski demikian, seiring bergulirnya waktu, teknologi di industri otomotif yang semakin advance, hingga kondisi geografis tertentu, membuat kebutuhan masyarakat dalam negeri akan jenis kendaraannya mengalami pergeseran.

Ketika jumlah anggota keluarga lebih banyak, serta rute jalan yang dilalui terkadang tidak memungkinkan dilibas oleh kendaraan jenis sedan, maka kini pilihannya bergeser ke mobil tipe SUV (Sport Utility Vehicle).

Terlebih lagi para pabrikan otomotif menyambut pergeseran minat pasar ini dengan menyajikan ragam pilihan SUV yang sangat variatif, bahkan kemewahan dan kenyamanannya pun dibuat setara dengan sedan.

Meski begitu, mungkin satu atau beberapa dari kalian juga tetap menginginkan untuk mengendarai mobil sedan ketimbang SUV atau MPV.

Mengingat sensasi berkendara dari mobil yang ground clearance tubuhnya cukup ceper itu memang jauh berbeda ketimbang kalain bawa kendaraan berpostur jangkung.

Nah kali ini Autofun Indonesia akan memberikan tujuh opsi mobil sedan terbaik di Indonesia yang sempat berjaya dimasanya, namun kini sudah dihentikan penjualannya.

Walau demikian, kalian masih bisa mencari unit bekasnya dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding harga barunya dahulu kala.

Apa saja mobil sedan di Indonesia yang pernah berjaya dimasanya? Berikut 7 diantaranya.

Baca juga: Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Antara Mobil Sedan, Coupe, dan Liftback

1. Chevrolet Cruze

Sedan Chevrolet yang usianya singkat di Indonesia

Jika kalian lahir dari kalangan Gen Z, mungkin tidak pernah mengenal mobil yang satu ini, pasalnya Cruze dipasarkan oleh General Motors (GM) Indonesia dalam waktu yang relatif singkat.

Sedan Chevrolet Cruze kala itu resmi masuk Indonesia pada 2010 dan pemasarannya disetop pada 2012, alhasil usia sedan Chevrolet ini cuma berkisar 2 tahun.

Untuk pasar beberapa negara, termasuk juga Korea Selatan (Korsel) dan Australia, mobil ini memiliki beberapa pilihan mesin, yaitu 1.6-liter, 1.8-liter, dan 2.0-liter, yang semua merupakan mesin berbahan bakar gasoline 4 silinder.

Tampilan interiornya

Tetapi untuk Indonesia, Cruze cuma disediakan dalam satu mesin yakni mesin 1.8-liter DOHC 4 silinder berdaya 141 PS dengan torsi 176 Nm.

Cruze menjadi mobil pertama di kelasnya yang mesinnya dilengkapi dengan Double Continuous Variable Cam Phaser (DCVCP) sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, meningkatkan tenaga dan torsi dan emisi gas buang lebih rendah.

Di pasar mobil bekas, harga Chevrolet Cruze seken sudah jauh lebih murah ketimbang barunya dulu. Jika saat pertama kali diluncurkan harga sedan ini ada di Rp 335 jutaan, maka harga Chevrolet Cruze bakas sudah di rentang Rp 60 jutaan - Rp 70 jutaan.

Spesifikasi Chevrolet Cruze sedan
Dimensi
Panjang 4.597 mm
Lebar 1.788 mm
Tinggi 1.477 mm
Jarak sumbu roda 2.685 mm
Mesin
Tipe mesin FIG3 DOHC DCVCP
Kapasitas silinder 1.800 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 141 PS @6.200 rpm
Torsi maksimum 176 Nm @3.800 rpm
Transmisi Otomatis 5-percepatan with Electronic Throttle Control

2. Ford Focus Sedan

Ada tipe sedan dan hatchback

Sama seperti GM yang sudah hengkang di Indonesia, PT Ford Motor Indonesia (FMI) juga tak lagi menjejakan unit bisnisnya di negara ini.

Walau begitu Ford sempat memasarkan mobil sedan Indonesia yang berjuluk Ford Focus, walaupun kala itu hadir pula opsi model hatchback-nya.

Dikenal sebagai Ford Focus generasi ketiga (MK-III), Focus secara resmi diluncurkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Fitur cukup lengkap dimasanya

Pilihan mesinnya ada mesin bensin 1.6-liter dan mesin bensin 2.0-liter yang semuanya dipadukan transmisi Powershift 6-speed (DPS 6).

Tipe mesin 1.6-liter Duratec Ti-VCT Inline diklaim mampu menghasilkan daya 125 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal 159 Nm di 4.000 rpm.

Adapun mesin 2.0-liter juga menggunakan sistem Duratec Ti-VCT GDi 4 silinder 16 valve, tetapi daya maksimumnya mencapai 170 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 202 Nm pada 4.450 rpm.

Bertahan sampai 2015, jika saat diperkenalkan harga Ford Focus sedan ada di rentang Rp320 jutaan sampai Rp 330 jutaan, maka unit bekasnya bisa kalian tebus cuma seharga Rp 130 jutaan hingga Rp 145 jutaan tergantung kondisi.

Spesifikasi Ford Focus sedan
Dimensi
Panjang 4.534 mm
Lebar 1.823mm
Tinggi 1.483 mm
Jarak sumbu roda 2.648 mm
Mesin
Tipe mesin Duratec Ti-VCT GDi
Kapasitas silinder 1.596 cc 1.999 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 125 PS @6.300 rpm 170 PS @6.600 rpm
Torsi maksimum 159 Nm @4.000 rpm 202 Nm @4.450 rpm
Transmisi Otomatis

Baca juga: 3 Alasan Mobil Sedan Masih Tetap Diproduksi Walau Peminatnya Makin Sedikit

3. Hyundai Sonata

Sedan asal Korea

Hyundai mungkin saat ini sedang terkenal berkat mobil listrik Ioniq 5 yang sukses besar, kemudian ada Santa Fe yang juga digandrungi pecinta SUV diesel.

Namun jangan salah pabrikan Korsel tersebut juga pernah memiliki sedan di kelas medium yang bersaing dengan Honda Accord maupun Toyota Camry.

Namanya Hyundai Sonata yang diluncurkan secara resmi pada gelaran IIMS 2011, namun sayangnya sedan asal Negeri Ginseng itu cuma bertahan sampai 2015 saja lantaran penjualannya yang kalah dibanding sedan Jepang.

Kokpitnya mewah dan suguhkan kenyamanan berkendara

Unit yang mendarat di Nusantara pun hanya satu varian dan berbekal mesin bensin Theta II 2.4-liter DOHC dengan letupan tenaga 178 PS serta torsi maksimum 194 Nm.

Saat pertama kali rilis, Sonata oleh Hyundai Indonesia dibanderol Rp 449 jutaan, maka harga Hyundai Sonata bekas sudah di angka Rp 110 jutaan hingga Rp 120 jutaan.

Spesifikasi Hyundai Sonata sedan
Dimensi
Panjang 4.820 mm
Lebar 1.835 mm
Tinggi 1.470 mm
Jarak sumbu roda 2.795 mm
Mesin
Tipe mesin Theta II DOHC MPI
Kapasitas silinder 2.359 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 178 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 194 Nm @4.000 rpm
Transmisi Otomatis 6-percepatan with paddle shift

4. Mitsubishi Lancer EX

Desainnya mirip Lancer Evolution

Mobil sedan di Indonesia yang juga legendaris namun kini nasibnya sudah berakhir adalah Lancer dari Mitsubishi.

Lancer terakhir yang ada di dalam negeri adalah Mitsubishi Lancer EX GT dengan akta kelahiran 2010 oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang sekarang berubah jadi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Meskipun secara silsilah tidak sekuat Lancer Evolution, namun dengan desain fascia depan yang tetap pakai tema moncong hiu, membuat secara fisik mobil ini punya karakter sporty yang kuat.

Karakter berkendarannya sporty

Di pasar dalam negeri, Lancer EX GT cuma hadir dengan mesin 4B114 MIVEC DOHC 4 silinder berkapasitas 2.0-liter dan mampu menyemburkan tenaga 155 PS di 6.000 rpm dengan torsi 199 Nm pada 4.250 rpm.

Memiliki panjang tubuh 4.570 mm, lebar 1.760 mm dan tinggi 1.490 mm, Lancer EX juga tidak seperti Evolution yang sudha dibekali turbo intercooler dan sistem penggerak AWD.

Bicara harga bekas Mitsubishi Lancer EX GT, kini ada di kisaran Rp 200 juta hingga Rp 225 jutaan, jauh lebih murah ketimbang harga barunya dulu yang mencapai Rp 415 juta OTR Jakarta.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer EX GT sedan
Dimensi
Panjang 4.570 mm
Lebar 1.760 mm
Tinggi 1.490 mm
Jarak sumbu roda 2.635 mm
Mesin
Tipe mesin 4B114 MIVEC DOHC
Kapasitas silinder 1.998 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 155 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 199 Nm @4.250 rpm
Transmisi INVECS III CVT with Sport Mode 6-speed

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Honda Accord Maestro, Mercy E-Class Ala Jepang Era 90-an

5. Nissan Teana

Teana terakhir yang dijual Nissan Indonesia

Nissan Teana terkenal sebagai mobil sedan terbaik di Indonesia lantaran menawarkan kenyamanan sekaligus pengendalian yang jempolan.

Sama-sama bersaing dengan Accord maupun Camry, Tenaa bertahan cukup lama di Indonesia, terhitung hadir pertama kali pada 2003 hingga 2014 yang kemudian baru terhenti penjualannya di 2019.

Generasi pertama Tena di Indonesia hadir pada 2003, kemudian generasi keduanya di 2008, lantas generasi ketiganya di 2014.

Kabinnya mewah dan nyaman

Model terakhir Teana ini menggunakan mesin bensin 2.5-liter VQ25DE V6 yang mampu menghasilkan daya puncak 172 PS dengan torsi 234 Nm.

Dipadukan transmisi Xtronic CVT dan suspensi yang lembut, serta kabin lapang dengan jok dan trim pintu berlapis kulit premium, sukses membuat Teana sebagai sedan yang nyaman untuk harian.

Pada saat diluncurkan tahun 2014 silam, harga sedan ini mencapai Rp 535 juta, tetapi harga bekas Nissan Tenaga sata ini di kisaran Rp 185 jutaan sampai Rp 220 jutaan.

Spesifikasi Nissan Teana sedan
Dimensi
Panjang 4.875 mm
Lebar 1.833 mm
Tinggi 1.490 mm
Jarak sumbu roda 2.775 mm
Mesin
Tipe mesin QR25DE DOHC Twin CVTC
Kapasitas silinder 2.488 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 172 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 234 Nm @4.000 rpm
Transmisi Otomatis Xtronic CVT

6. Peugeot 508

Sedan mewah Perancis

Nissan Teana juga sempat kedapatan mid size sedan asal Eropa yakni Peugeot 508, yang secara global resmi diluncurkan pada 2011 tetapi baru masuk ke Tanah Air setahun berikutnya.

Pabrikan asal Perancis itu menawarkan kenyamanan, terutama untuk ruang kabin penumpang belakang, fitur yang lengkap, dan tentu saja kualitas standar Eropa.

Rival Accord dan Camry

Unitnya cuma hadir dalam satu pilihan yang menggendong mesin 1.5-liter EP6CDT namun sudah dibekali turbo, sehingga mampu meletupkan daya maksimum 158 PS dengan torsi 240 Nm.

Kala resmi diperkenalkan di Indonesia, harga Peugeot 508 ini juga menyentuh Rp 535 juta, tapi unit sekennya banyak dilego dengan rentang Rp 200 juta - Rp 220 jutaan.

Spesifikasi Peugeot 508 sedan
Dimensi
Panjang 4.792 mm
Lebar 1.853 mm
Tinggi 1.456 mm
Jarak sumbu roda 2.817 mm
Mesin
Tipe mesin EP6CDT Turbo
Kapasitas silinder 1.598 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 158 PS @5.800 rpm
Torsi maksimum 240 Nm @1.400 rpm
Transmisi Otomatis Tiptronic

Baca juga: Kelebihan Mazda6, Jadi Pilihan Polisi Untuk Mobil Dinas Daripada Honda Accord & Camry

7. Suzuki Ciaz

Usianya singkat

Satu lagi pilihan mobil sedan di Indonesia yang kini sudah punah adalah Suzuki Ciaz. Ya, Ciaz pernah menghiasi pasar sedan compact di dalam negeri setelah resmi diluncurkan pada 2015 silam.

Kala itu hanya satu pilihan mesin yang ditawarkan yakni mesin bensin berkode K14B 1.5-liter yang mampu menghasilkan tenaga 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Tak sanggup menyaingi Vios dan City sedan

Ditawarkan dengan versi transmisi manual serta otomatis, saat diluncurkan harga sedan ini berkisar Rp 281 jutaan hingga Rp 291 jutaan.

Sayangnya mobil yang diimpor utuh dari India guna melawan Toyota Vios maupun Honda City sedan itu hanya bertahan sampai 2018, yang kemudian menghilang begitu saja dari daftar mobil yang dijual PT Suzuki Indomobil Sales.

Saat ini harga Suzuki Ciaz bekas ada di kisaran Rp 140-145 jutaan tergantung kondisi.

Spesifikasi Suzuki Ciaz sedan
Dimensi
Panjang 4.490 mm
Lebar 1.730 mm
Tinggi 1.475 mm
Jarak sumbu roda 2.650 mm
Mesin
Tipe mesin K14B
Kapasitas silinder 1.373 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 92 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 130 Nm @4.000 rpm
Transmisi Otomatis 4-percepatan
  Manual 5-percepatan

Kesimpulan

Pilihan mobil sedan di Indonesia yang sudah kami sebutkan tadi memang sudah tak lagi dijual unit barunya karena berbagai faktor.

Bisa akibat penurunan permintaan pasar, perubahan preferensi konsumen ke arah SUV dan crossover, serta pertimbangan ekonomi dan regulasi yang ketat. 

Setiap model tersebut memiliki masa kejayaannya masing-masing, dengan fitur dan keunggulan yang menarik minat konsumen pada masanya.

Meskipun demikian, penghentian produksi model-model ini tidak mengurangi nilai sejarah dan kontribusi mereka terhadap industri otomotif di Indonesia.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq 6

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Road Trip Jakarta - Bali Pakai Mobil Listrik Ioniq 6 & Ioniq 5

Berkendara Lebih Percaya Diri Dengan All-New Nissan Livina

Peluncuran The All New Livina Nissan, MPV Tercanggih Nissan

Mobil sedan di Indonesia sempat berjaya di era 1990-an sampai awal 2000-an sebelum akhirnya masuk era kendaraan berkategori hatchback, city car, sampai Low Cost Green Car (LCGC). Mobil sedan selalu dianggap menawarkan kenyamanan dan kemewahan lebih baik dibanding kendaraan-kendaraan golongan yang tadi disebutkan. Meski demikian, seiring bergulirnya waktu, teknologi di industri otomotif yang semakin advance, hingga kondisi geografis tertentu, membuat kebutuhan masyarakat dalam negeri akan jenis k
Daihatsu Gran Max Pick Up (PU) maupun Gran Max Minibus (MB) resmi memulai karirnya di pasar otomotif Indonesia sejak 2007, namun distribusi unitnya baru terjadi di 2008. Gran Max menggantikan posisi Daihatsu Zebra yang juga hadir dengan model minibus maupun pick up ukuran kecil. Di Gran Max PU, Daihatsu menawarkan varian pick up bak terbuka dan juga model mobil box, adapun seri minibusnya ada pula yang hadir dengan model Blind Van. Semua varian GranMax kecuali Minibus, dikategorikan sebagai kend
VinFast VF5 jadi mobil listrik terbaru yang kini sudah bisa dipesan di pasar otomotif nasional dan diklaim cocok sebagai mobil keluarga di Tanah Air, seperti di negara asalnya Vietnam. Dalam keterangan tertulis perusahaan, mobil VinFast VF5 telah menjadi pilihan populer bagi keluarga muda di Vietnam, khususnya sebagai mobil perdana mereka. Salah satu pengguna mobil VF5 adalah La Hoang Long dan istri, yang menyebutkan bahwa mobilnya bikin penasaran. Baca juga: SUV Listrik VinFast VF 5 Resmi Melun
Hyundai Palisade 2022 terhitung resmi diluncurkan di Indonesia pada Juli setelah sebelumnya debut di New York Auto Show, Amerika Serikat (AS) pada tahun yang sama. Sederet elemen pada mobil ini sudah mendapat sentuhan pembaharuan dari para engineer Hyundai, baik dari sisi tampilan luar dan dalam, maupun jantung mekanis dan teknologi yang menyertainya. Ya Setelah dua tahun hadir di Indonesia, akhirnya Hyundai Palisade mendapatkan facelift di tahun 2022. Kali ini Palisade hadir dalam tiga tipe dan
Deretan mobil listrik murah di Indonesia semakin bertambah tiap bulannya, tentu saja ini menjadi keuntungan buat kita sebagai konsumen dalam memilih. Satu dari beberapa indikator perkembangan mobil listrik Indonesia ada pada gelaran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS yang berlangsung di Jakarta tiap tahunnya, sebab pada pameran itu seakan jadi barometer apa saja motor dan mobil listrik yang sudah ada di Indonesia. Bahkan pameran tersebut juga seakan mematahkan stigma kalau mobil listrik

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta U

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC BJ-40 Plus

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Rp 415,00 - 475,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr 009

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq 6
Lihat