Kupas Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport 2025 Tipe Exceed dan GLX

Kami akan mengupas secara tuntas apa saja perbedaan Mitsubishi Pajero Sport 2025 tipe Exceed dan GLX. Perlu diketahui sebelumnya, tipe GLX pada New Pajero Sport merupakan varian paling basic, sedangkan Exceed berada satu tingkat diatasnya.

Meski sebagai varian paling bawah, GLX dijual lebih mahal ketimbang Exceed. Ini dikarenakan GLX dibekali sistem penggerak 4x4 yang notabennya dikenai pajak lebih mahal, berbeda dengan Exceed yang hanya mengandalkan penggerak roda belakang RWD.

Harga New Mitsubishi Pajero Sport Exceed dan GLX terbaru 2025 OTR Jakarta.

  • Exceed 4x2 AT: Rp 593.000.000
  • Exceed 4x2 MT: Rp 577.700.000
  • GLX 4x4 MT: Rp 603.850.000

New Pajero Sport tipe Exceed maupun GLX rata-rata banyak dijumpai di daerah, khusunya GLX yang jamak digunakan sebagai kendaraan fleet di wilayah tambang. Sebagai varian yang banyak diminati di daerah, berikut perbedaan New Mitsubishi Pajero Sport 2025 Exceed dan GLX.

Baca juga: Sama-sama Tipe termurah, Pilihan Toyota Fortuner G atau Mitsubishi Pajero Sport Exceed?

Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport 2025 Tipe Exceed dan GLX

Eksterior

Tampilan depan New Mitsubishi Pajero Sport 2025 Exceed

Baik New Mitsubishi Pajero Sport 2025 Exceed dan GLX dari segi stetis terlihat sama dengan memberikan kesan lebih modern dan prestisius dibandingkan model sebelumnya. Desain eksterior untuk keduanya terlihat lebih menarik dengan penggunaan grill depan hexagonal yang kini seolah terbagi menjadi dua berkat pemakaian warna silver dan hitam glossy.

Selain itu bumper depannya telah didesain ulang menjadikan penampilannya terkesan lebih mewah, tegas dan berkarakter, berkat adanya aksen krom serta under guard dengan bentuk lebih kekar. Untuk lampu utama baik Exceed maupun GLX sudah memakai projector namun masih mangandalkan bohlamp halogen termasuk juga foglamp-nya.

Beranjak ke sisi samping, keduanya mendapat roof rail, foot step, spion dengan pengaturan elektrik, serta aksen krom baik di handle pintu, cover spion, serta di bawah kacanya.

Bentuk belakang New Pajero Sport Exceed

Sebagai pembeda, tipe Exceed diaplikasikan velg 18 inci dengan bentuk kipas yang sama digunakan oleh varian Dakar maupun Dakar Ultimate. Hanya saja di Exceed velgnya dilabur warna silver. Bicara GLX, tipe ini dipadukan velg 16 inci multi-spoke berkelir silver.

Bergeser ke bagian buritan, keduanya mendapatkan rear wiper, high mount stoplamp, sensor parkir dan defogger. Hanya saja di New Pajero Sport GLX, mobil ini tidak dilengkapi dengan rear spoiler.

Interior

Interior New Pajero Sport Exceed

Nuansa interior New Mitsubishi Pajero Sport 2025 Exceed dan GLX sama-sama didominasi dengan wana gelap. Interiornya ditingkatkan secara signifikan dengan tampilan premium yang dirancang menggunakan teknologi terkini untuk kenyamanan optimal.

Memakai bahan plastik keras tanpa mendapatkan material soft touch, tipe Exceed sudah dibungkus memakai bahan kulit pada jok dan setir. Sedangkan pada GLX, joknya masih menggunakan bahan fabric.

Head unit 7 inci pada varian Exceed

Dari segi hiburan, tipe Exceed dibenamkan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung format sepert, AM/FM Radio, Bluetooth, USB Player, serta Smartphone Connectivity. Berbeda dengan Exceed, sistem hiburan GLX memakai head unit 2din biasa yang hanya dilengkapi dengan CD/MP3, Ipod/Iphone/Ipad serta USB Player.

Perbedaan lain varian Exceed setirnya dilengkapi tombol pengaturan audio yang terhubung langsung dengan sistem hiburan. Selanjutnya varian ini juga memiliki layar MID di bagian tengah antara tachometer dan odometer dengan memberikan visual warna lebih kontras.

Lainnya untuk tuas perpindahan gigi serta hand brake, tipe Exceed dibungkus memakai bahan kulit berwarna hitam, tidak seperti GLX yang masih memakai bahan karet biasa.

Baca juga: 5 Daya Tarik Hyundai SANTA FE 2024 yang Bisa Bikin Fortuner dan Pajero Sport Terdiam

Fitur Keselamatan Tipe Exceed Lebih Komplit

Airbags New Pajero Sport

Menyoal fitur keselamatan baik New Mitsubishi Pajero Sport 2025 Exceed dan GLX dibekali dengan Cruise Control, Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Fitur ini berfungsi menjaga kestabilan serta mencegah tergelincirnya mobil ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Untuk rem bagian depan keduanya menggunakan cakram di depan dan tromol pada roda belakang. Meminimalisir adanya cedera ketika mengalami benturan cukup keras, di depan sudah terdapat dua buah airbags.

Dari segi keamanan, kedua varian memakai alarm dan immobilizer. Hanya saja tipe Exceed ketambahan kamera di belakang yang memudahkan pengemudi ketika sedang melakukan parkir mundur.

Pakai Mesn 2.5L Turbocharger, Tipe GLX Menggunakan Transmisi Manual

Mesin 4D56 New Pajero Sport

Tipe Exceed maupun GLX dari New Pajero Sport 2025 dipersenjatai mesin diesel 2.477 cc dengan kode 4D56 commonrail turbocharger 4-silinder segaris dengan menghasilkan tenaga 136 PS di 4.000 rpm dan torsi puncak 324 Nm pada putaran 2.000 rpm.

Mesin 4D56 yang digunakan masih memakai timing belt untuk menggerakan kruk as dan noken as secara selaras. Penggunaan timming belt pada mobil ini wajib dilakukan pergantian setiap pemakaian 100.000 kilometer (km).

Apabila lupa melakukan pergantian, gejala umum yang terjadi adalah timming belt putus ketika mobil sedang digunakan, sehingga menyebabkan mesin mati. Saat melakukan pengantian timing belt, umumnya bukan cuma dilakukan penggantian timing belt saja, namun juga berikut dengan beberapa kompartemen lainnya. Spare part satu set yang diganti meliputi; 1 timing belt besar, 1 timing belt Kecil, 3 tensioner besar, dan 1 tensioner kecil.

Pada varian Exceed, selain menggunakan transmisi manual 5-percepatan tipe ini memiliki opsi gearbox otomatis 5-percepatan. Sedangkan GLX hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan. Meski begitu GLX transmisinya dipadukan dengan transfer case 4x4 part-time yang sistem pengoperasinnya dilakukan secara manual menggunakan tuas.

Tuas transmisi 4x4 varian GLX

Sistem penggerak 4x4 atau Four-Wheel Drive pada New Pajero Sport tipe GLX memungkinkan keempat roda kendaraan untuk mendapatkan tenaga dari mesin, sehingga semuanya dapat bergerak secara bersamaan. Sistem ini digunakan untuk meningkatkan traksi kendaraan, terutama pada medan yang sulit atau licin, seperti tanah berlumpur, pasir, atau medan off-road lainnya.

Prinsip kerja sistem penggerak 4x4, mesin kendaraan mengirimkan tenaga ke semua empat roda bukan hanya roda depan atau roda belakang. Sistem ini biasanya dilengkapi dengan transfer case, yang membagi tenaga mesin antara roda depan dan roda belakang.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, New Pajero Sport varian GLX menggunakan sistem penggerak 4x4 part-time, yang mana sistem ini hanya menggerakkan empat roda saat dibutuhkan. Pengemudi dapat mengaktifkan atau menonaktifkan sistem 4x4 sesuai kebutuhan, tergantung pada kondisi jalan atau medan.

Ketika sistem 4x4 dimatikan, kendaraan akan menggunakan penggerak roda belakang (RWD) atau roda depan (FWD). Sistem penggerak 4x4 memiliki keunggulan dan kekurangan yang wajib untuk diketahui.

Keunggulan sistem penggerak 4x4

  • Traksi Lebih Baik: Sistem penggerak 4x4 memberikan traksi yang lebih baik pada berbagai kondisi jalan, seperti jalan berbatu, berlumpur, atau medan off-road, yang membuat kendaraan lebih stabil dan lebih mudah dikendalikan.
  • Kemampuan Melintasi Medan Berat: Kendaraan dengan sistem 4x4 lebih mampu melintasi medan yang tidak rata atau berat, seperti medan berbukit atau jalan yang licin.
  • Keamanan dan Kestabilan: Pada kondisi jalan yang licin atau basah, sistem 4x4 membantu mencegah kendaraan tergelincir dan meningkatkan kestabilan.

Kekurangan sistem penggerak 4x4

  • Konsumsi Bahan Bakar Lebih Tinggi: Karena ada lebih banyak komponen yang terlibat dalam menggerakkan keempat roda, kendaraan 4x4 cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan yang hanya menggerakkan dua roda.
  • Perawatan Lebih Rumit dan Mahal: Sistem 4x4 memiliki lebih banyak komponen yang harus dirawat, sehingga biaya perawatannya bisa lebih mahal dibandingkan kendaraan dua roda.

Baca juga: Ini Perbedaan Mitsubishi New Pajero Sport Dakar dan Exceed, Selisih Harga Rp60 Jutaan

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Pajero Sport

Video Pendek Terkait

Related Videos

Mistubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4

Waspadalah Pajero Sport dan Fortuner ! Kia luncurkan SUV Sorento 2021 fitur melimpah tampang sangar!

Pajero rock ford bulan september 2020 Hp.081348091225

BYD Denza D9 baru-baru ini diluncurkan oleh PT BYD Motor Indonesia yang dihadapkan secara langsung dengan Maxus Mifa 9. Denza D9 merupakan Full Size Luxury MPV bertenaga daya listrik murni. Mobil listrik jenis MPV premium berpenampilan boxy ini dihadirkan hanya satu varian yakni Advanced-FWD dengan bandrol Rp 950.000.000 OTR Jakarta. Kehadiran Denza D9 di Tanah Air membawa berbagai macam keunggulan baik itu dari segi teknologi, fitur, kenyamanan, performa berkendara, yang memberikan pengalaman p
RMA Indonesia secara resmi meluncurkan Next-Gen Ford Ranger XL 2025 di Tanah Air. Kendaraan jenis pick up double cabin ini diposisikan sebagai trim terendah pesaing dari All New Mitsubishi Triton HDX, yang difokuskan sebagai kendaraan operasional di wilayah tambang. "Generasi terbaru dari Ranger XL ini kami hadirkan secara khusus untuk para pelaku industri seperti tambang yang membutuhkan kendaraan double cabin dengan daya jelajah eskstrim seperti off-road,” ujar Toto Suharto Country Manager RMA
Keunggulan Maxus MIFA 7 ini merupakan hal yang perlu kalian ketahui sebelum membeli mobil tersebut. Mengingat Maxus masuk dalam segmen yang cukup padat kompetisinya. Seperti kita ketahui, Maxus resmi memperkenalkan diri di Indonesia melalui PT Indomobil Energi Baru. Perkenalan brand asal Tiongkok ini terjadi tepatnya saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Week (GJAW) pada 28 November 2024 lalu. Sata perkenalan itu, Maxus langsung memperkenalkan dan menjual dua produk sekaligus, yakni
Tahun ini Suzuki Indonesia tengah mempersiapkan peluncuran mobil baru yang digadang-gadang merupakan Suzuki Fronx 2025. Sebelumnya mobil jenis SUV bertutupkan stiker kamuflase yang diprediksi kuat Fronx berkali-kali tertangkap kamera di sekitaran Jabodetabek sedang melakukan tes jalan. Mengenai kehadiran mobil baru Suzuki di Tanah Air pada tahun ini disampaikan secara langsung oleh Harold Donnel, selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). “Kita akan sibuk sekali di 2025 untuk
Pabrikan otomotif asal China, Geely, kembali ke Tanah Air dengan memperkenalkan mobil listrik Geely EX5 pada Rabu, 22 Januari 2025. Diketahui sebelumnya, di Indonesia Geely terakhir kali melakukan bisnisnya pada 2016. Kembali ke Tanah Air dengan perusahaan baru yang benama Geely Auto Indonesia. Dengan kembali hadirnya Geely di Indonesia, bertambah lagi merek kendaraan roda empat jenama asal Tiongkok. “Kami sangat antusias atas peluncuran Geely di Indonesia. Kami yakin bahwa Indonesia memiliki po

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng X9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng G6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor T03

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor C10

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely EX5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery J6

Rp 498,00 - 558,00 Juta

Lihat Mobil
Maxus

Maxus Mifa 9

Rp 1,09 Milyar

Lihat Mobil
Aletra

L8

Rp 445,00 - 488,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8

Rp 349,50 - 400,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Pajero Sport
Lihat