Bismania Wajib Tahu, Alasan Bus Mercedes-Benz OH 1626 Cocok Digunakan AKAP dan Pariwisata
Enda · 9 Jun, 2024 12:05
0
0
Mercedes-Benz OH 1626 kerap jadi pilihan para pengusaha bus untuk dijadikan armada dengan trayek cukup jauh karena memiliki berbagai keunggulan.
Siapa yang tak kenal dengan bus-bus Mercedes-Benz dan dipakai untuk bus Antar Kota Antar Provinsi di Tanah Air?
Demi eksistensinya di segmen bus chassis, pada akhir tahun 2012, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) tercatat memperkenalkan sosok Mercedez Benz OH 1626.
Sais bus tersebut hadir sebagai suksesor OH 1526 yang diketahui merupakan bus berpenumpang berkapasitas besar.
Hingga kini, banyak Perusahaan Otobus (PO) baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun pariwisata mempercayakan OH 1626 sebagai armada bus yang bisa diandalkan.
Hal tersebut dikarenakan Mercedes-Benz OH 1626 sendiri terbukti memiliki tingkat durabilitas yang tinggi, mudah dalam hal perawatan, serta nyaman digunakan.
"Bis Mercy OH 1626 ini dibilang bandel dan cukup untuk melayani trayek AKAP seperti di Jawa. Perawatannya juga gampang, dan spare partnya cukup mudah ditemukan," ujar Rian Mahendra, selaku Direktur Operasional PO Haryanto kala itu.
Melansir data penjualan wholesales (pabrik ke diler) Januari hingga September 2021 Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Mercedes Benz OH 1626 behasil terjual sebanyak 40 unit atau dengan market share sebesar 19,2%.
Bicara mengenai harga barunya, Mercedes Benz OH 1626 kini ditawarkan sekitar Rp 1.2 miliar.
Lantas apa faktor lainnya yang membuat Mercedes-Benz OH 1626 digemari para pelaku PO AKAP dan pariwisata di Tanah Air? Berikut ulasannya.
Mercedes-Benz OH 1626 Bisa Membawa Barang dengan Kapasitas Lebih Banyak
Bicara mengenai kapasitas bagasi untuk sebuah kendaraan berpenumpang memang sangat diperlukan.
Karena pada umumnya orang Indonesia ketika hendak berpergian akan membawa barang yang cukup banyak.
Dari pabrikan, Mercedes Benz OH 1626 hadir dengan sasis model ‘space frame’.
Dalam hal ini memungkinkan pabrikan karoseri harus melakukan modifikasi pada sasis untuk membuat bus menjadi panjang.
Keunggulan dari sasis space frame tentunya dapat memberikan ruang bagasi lebih luas kepada penumpang karena tidak adanya sasis yang melintang.
Dibenamkan Mesin OM 906 LA yang Terbukti Memiiliki Tingkat Durabilitas Tinggi
Mengenai jantung pacu, Mercedes Benz OH 1626 ini berstruktur RR (Rear Engine Rear Drive), yakni kendaraan dengan mesin yang terletak pada bagian belakang dengan roda belakang sebagai penggerak.
Sebagai informasi, OH sendiri merupakan singkatan dari Omnibus Heckmotor yang artinya bus bermesin belakang.
Untuk spesifikasinya sendiri, Mercedes Benz OH 1626 sudah menggunakan teknologi elektrikal, yakni; OM 906 LA Euro 4 Diesel, 6-Cylinder in-line, Direct Injection Turbocharger Intercooler.
Berkubikasi 6.374 cc mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 262 PS pada 2.200 rpm serta torsi puncak 950 Nm di 1200-1600 rpm.
Mengenai tingkat percepatannya, mesin yang digunakan tersebut dikawinkan dengan transmisi G 85 - 6 Manual, 6-speed forward.
Selain dengan transmisi manual, Mercedes OH 1626 juga ditawarkan pilihan sistem percepatan otomatis 6-speed tipe Allison T280.
Untuk pengoperasiannya hanya dengan menekan tombol atau tuas dengan dilengkapi opsi retarder hidraulik untuk mendukung sistem pengeremannya.
Torsi mesinnya yang relatif tinggi dapat diperoleh pada putaran rendah membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien.
Bicara kecepatan maksimal, jarum pada speedometernya diketahui mencapai 120 km/jam.
Oh iya, perlu kalian ketahui juga, mesin yang digunakan Mercy OH 1626 ini sama persis dengan generasi sebelumnya, yaitu OH 1526. Loh…
Mesin yang Terpasang Tidak Gampang Aus dan Jebol
Alasan mengapa banyak PO menggunakan Mercedes Benz OH 1626 sebagai armada bus jarak jauh karena mesinnya yang tidak mudah aus dan jebol.
Hal ini dikarenakan untuk kapasitas oli atau pelumas di dalam mesin, bus ini mampu menenggak 29 liter plus intercooler.
Maka dari itu ketika dipacu secara konstan dalam kecepatan tinggi, mesin bus tidak akan mudah overheat karena secara volume oli cukup untuk melumasi dan mendinginkan mesin.
Berbeda dengan bus Jepangan seperti Hino RK8, kapasitas oli di dalam mesin hanya membutuhkan 12,7 liter saja.
Banyak digunakan PO besar di Tanah Air sebagai bus AKAP, Mercedes Benz OH 1626 ditopang menggunakan sasis bejeniskan space frame.
Sasis jenis ini memiliki keunggulan yang mana dapat membawa barang dengan jumlah banyak.
Tidak hanya itu, bus ini juga dilengkapi dengan suspensi udara (Air Suspension) bawaan pabrikan yang dapat meredam guncangan ketika melewati jalan berkontur, sehingga mampu memberikan kenyamanan terhadap penumpang selama perjalanan.
Berbekal mesin diesel berkubikasi 6.374 cc turbocharger dengan sistem kombusi common-rail, selain memiliki durabilitas jantung pacunya juga mudah dari segi perawatan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.