Saat kita berburu kendaraan jenis SUV, begitu banyak opsi menarik dengan budget di bawah Rp300 juta. Di rentang harga segitu, kita bisa membeli Honda HR-V 1.5 SE bekas keluaran 2021 atau low SUV seperti Suzuki XL7 Beta keluaran terbaru.
Kedua model memiliki keunikannya masing-masing. Untuk Honda HR-V harga bekasnya masih bertahan setelah digunakan selama dua tahun. Sebagai informasi, HR-V generasi pertama sukses jadi model terlaris di segmen crossover karena memiliki penampilan yang stylish dan sensasi fun to drive. Kini harga bekas Honda HR-V tipe 1.5 SE di kisaran Rp295 juta.
Baca juga:
Ketahui Semua Varian Suzuki XL7, Mana yang Paling Pantas Kalian Pilih?
FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki
Menghitung Biaya Service Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Hingga 100.000 Km, Semahal Apa Komponen EV-nya?
Di sisi lain, Suzuki XL7 kini hadir dengan teknologi mild hybrid. Walau bukan yang terlaris namun XL7 bisa memberi warna tersendiri bagi sebuah Low SUV yang serba proporsional.
Lantas, mana opsi menarik antara Honda HR-V 1.5 SE dibandingkan Suzuki XL7 Beta baru dengan harga yang mirip? mari kita bandingkan keduanya.
Honda HR-V 1.5 SE 2021, Kombinasi HR-V E dan Prestige
Secara posisi, 1.5L E Special Edition mengisi celah antara HR-V tipe E dan Prestige. Artinya, kelengkapan fiturnya hampir serupa tipe 1.8 Prestige namun bermesin 1.500 cc sebagaimana HR-V tipe E.
Adapun upgrade di tipe 1.5 SE yang diwariskan dari 1.8 Prestige antara lain penggunaan lampu Full LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL) dan auto leveling. Lebih lanjut, pada grill HR-V 1.5 SE hadir dengan aksen black chrome.
Agar terlihat berbeda dengan varian 1.5 lain, velgnya menggunakan HR-V Prestige pre facelift dibalut ban 215/55 R17. Sisi belakang Honda HR-V 1.5 SE terdapat spoiler dengan high mount stop lamp serta antena shark fin.
Interior Mengadopsi Gaya Varian Prestige
Aksen Prestige bisa kita rasakan saat memasuki interior HR-V 1.5 SE. Interiornya beraksen gelap, dengan jok tertutup material kulit hitam dan dashboard hingga setirnya juga berwarna hitam. Pada tipe ini terdapat Sporty Pedal Pad dan paddle shift.
Sementara itu kelengkapan fitur lainnya sama seperti HR-V 1.5 E facelift, yakni fitur cruise control dan head unit baru 8-inci bergaya floating.
Fitur Keselamatan Cukup Lengkap
Sebagai tipe peralihan dari HR-V 1.5 ke 1.8, maka kelengkapan fitur keselamatan jadi hal yang krusial. Memang, HR-V 1.5 SE tidak memiliki 6 airbag seperti pada HR-V 1.8 Prestige namun fitur keselamatan lainnya cukup lengkap.
Sebut saja dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, disusul ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Brake Override System, Emergency Stop Signal dan peranti elektrik di rem parkir (EPB) dan Auto Brake Hold.
Mesin 1.500 cc dengan Tenaga Besar
Honda terkenal dengan mesin L15 yang outputnya paling besar di antara mesin 1.500 cc lainnya. Pada HR-V generasi pertama, mesin L15 1,5-liter SOHC i-VTEC menghasilkan tenaga hingga 120 PS dan torsi 145 Nm. Pada varian 1.5 SE ini hanya tersedia opsi transmisi CVT.
Suzuki XL7 Beta, Low SUV yang Proporsional Under Rp300 Juta
Bila kalian ingin mencari SUV baru dengan harga di bawah Rp300 juta, salah satu opsi yang bisa dipilih yaitu Suzuki XL7. Pada tipe Beta sebagai tipe menengah, dijual seharga Rp 294.900.000 untuk varian transmisi otomatis.
Menurut kami, tipe Beta ini ideal bagi kalian yang mencari mobil tanpa kebanyakan aksen body kit namun tetap menonjolkan sisi maskulin sebuah low SUV. Kelengkapan fiturnya pun beda tipis dengan tipe Alpha yang merupakan tipe tertinggi.
Headlamp dan lampu belakang telah memakai teknologi LED. Pada sistem pencahayaan telah didukung Auto light with Guide Me Light. Grillnya memakai aksen hitam untuk menegaskan kesan gagah ala SUV.
Pada sisi belakang terpasang New Tailgate Garnish Chrome dan New Short Pole Antenna. Mulai tipe Beta ini sudah memiliki fitur Auto Retractable Mirror dan terdapat Hybrid Emblem.
Fitur di Interior XL7 Beta
Kemudian interiornya kini hadir dalam kombinasi Gray Black Color dengan New Black Wood Pattern Instrument Panel. Pengaturan setir hanya ada tilt steering, dan terdapat panel audio & phone control, fitur cruise control, automatic AC.
Lebih lanjut, Suzuki XL7 Beta sudah memiliki fitur New Hill Hold Control (A/T only), Head unitnya berukuran 8 inci dengan dukungan Bluetooth dan Keyless Entry with Engine Start Stop.
Fitur Keselamatan dan Keamanan Bukan yang Paling Lengkap
Adapun fitur keselamatan didukung Rear Parking Sensors 2 titik, ISOFIX Child Seat Anchorages, Child Seat Tether Achorages, ABS with EBD Function, hingga Side Impact Door Beams. Untuk fitur keamanan mengandalkan Keyless Push Start System dan immobilizer.
Spesifikasi Mesin Suzuki XL7 Beta, Sudah Memakai Mild Hybrid
Bicara mesin, XL7 Hybrid Beta didukung New Engine K15B with SHVS-Integrated Starter Generator (ISG)+ Lithium-ion battery 10 Ah Enable to do engine auto start-stop.
Untuk mesin K15B, 4-silinder 1.462 cc menghasilkan daya 105 PS/6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm/4.400 rpm. Output itu disalurkan melalui transmisi otomatis (AT) 4-speed ke roda depan.
Kesimpulan
Melihat dari kelengkapan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Honda HR-V bisa sedikit lebih unggul ketimbang Suzuki XL7 Beta dengan kisaran harga yang sama. Walau selisih usia dari HR-V dua tahun lebih tua, tapi secara kelas HR-V tetaplah di atas XL7.
Dengan usia pemakaian baru dua tahun, tentu tak terlalu tampak kalau HR-V 1.5 SE 2021 merupakan mobil bekas. Kelemahan dari HR-V hanyalah pada kapasitas penumpang yang cuma 5-seater.