Bukan Cuma Brio, Ini Trio Mobil Honda yang Paling Banyak Dicari Orang Indonesia
Prasetyo · 23 Apr, 2024 10:01
0
0
PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat jika Honda Brio series masih menjadi tulang punggung penjualan mobil Honda di Indonesia.
Pada pencapaian penjualan dari dealer ke konsumen (retail sales) selama Maret 2024, Honda Brio Satya dan Brio RS tetap menyumbang penjualan tertinggi sebesar 4.495 unit dari total retail sales HPM sebanyak 10.706 unit.
Namun selain Brio, ternyata trio SUV Honda, yakni BR-V, HR-V, dan WR-V mengalami kenaikan penjualan di Maret 2024, yang membuat retail sales Honda Indonesia juga meningkat sebesar 19 persen pada bulan yang sama.
"Kami berterima kasih atas kepercayaan konsumen terhadap produk-produk Honda yang membuat penjualan di bulan Maret lalu dapat meningkat dibanding bulan sebelumnya," kata Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director HPM melalui keterangan tertulisnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, beberapa model Honda lain juga memiliki catatan penjualan yang cukup baik.
Diantaranya All New Honda CR-V yang bulan lalu bisa terjual 551 unit, lantas City Hatchback RS yang terjual sebanyak 283 unit, All New Civic RS sebanyak 170 unit, Mobilio sebanyak 146 unit, New Accord sebanyak 62 unit, New Honda City sebanyak 15 unit, bahkan Honda Civic Type R terbaru juga sanggup terjual sebanyak 4 unit di Maret 2024.
Meski mengalami retail sales yang positif, tetapi Billy mengaku jika pihaknya terus menyesuaikan strategi penjualan termasuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen mengingat kondisi ekonomi dan pasar otomotif di Indonesia masih belum stabil.
"Kami terus memantau kondisi pasar otomotif saat ini yang masih belum stabil karena dipengaruhi kondisi politik ekonomi global dan nasional," jelas dia.
Lantas seperti apa catatan penjualan dari ketiga SUV Honda sehingga mampu bersama-sama Honda Brio mengangkat penjualan HPM di Maret 2024? Simak ulasannya berikut ini.
Dalam keterangan tertulisnya Billy menyebutkan jika secara penjualan retail, BR-V merupakan model SUV Honda yang mengalami kenaikan penjualan tertinggi di Maret 2024.
Catatan penjualannya sebanyak 1.594 unit atau naik sebesar 62 persen dibandingkan retail sales bulan Februari 2024.
Hal ini terjadi mungkin satu diantaranya akibat kemunculan model Honda BR-V N7X Edition yang baru saja diperkenalkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu.
Kehadiran BR-V N7X Edition merupakan bentuk realisasi dari Honda N7X Concept, sebuah mobil konsep generasi kedua BR-V yang dipamerkan pada Mei 2021 silam.
Jadi ibaratnya, NX7 adalah mobil konsep yang awalnya dibuat untuk menjelma jadi BR-V generasi kedua versi produksi, namun kini mobil konsep itu juga diproduksi massal tanpa melakukan perubahan seperti halnya All New BR-V mass production tersebut.
Masih tetap mempertahankan berbagai keunggulan dari All New BR-V, ada beberapa tampilan yang berbeda pada N7X Edition ini, utamanya di sisi eksterior.
Misalnya bagian grill depan yang dilabur dengan warna Black Gloss namun ada aksen list krom di setiap bilah dan juga emblem "N7X Edition".
Perbedaan lainnya ada pada bumper depan bagian bawah yang disematkan underguard dengan warna silver, serta terdapat aksen krom pada rumah foglamp yang membuatnya terkesan lebih prestisius.
Kemudian di bagian samping terlihat ada wheel arch serta side skirt yang bukan berwarna hitam dof, namun diganti warna hitam glossy dengan sebutan Berlina Black.
Tak ketinggalan velg, cover spion, antena sirip hiu dan handle pintunya pun dicat dengan warna hitam, dan khusus tipe Prestige ada tambahan side under guard berwarna silver.
Pada Area belakang juga terlihat permainan warna Berliana Black di bagian bemper dan sebagian area spoiler atap.
Perbedaan selanjutnya juga terlihat pada tema warna hitam di kabin yang menggunakan material leather untuk jok serta lingkar kemudi dan tuas transmisi.
Sementara soal spesifikasi mesin dan fitur, N7X Edition ini tetap serupa dengan All New BR-V, termasuk keberadaan Honda SENSING di tipe Prestige.
Bedanya, untuk N7X Edition disediakan varian warna Sand Khaki, seperti yang pertama kali diperkenalkan pada All New HR-V.
SUV Honda lain yang pada bulan lalu berhasil mendongkark penjualan HPM adalah All New HR-V.
Honda HR-V generasi ketiga ini berhasil terjual sebanyak 1.862 unit, bahkan yang istimewanya, selain penjualan retail yang tinggi, secara penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) juga mencatat prestasi yang mengagumkan.
Bagaimana tidak, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales Honda HR-V sepanjang Maret 2024 tercatat 2.107 unit atau naik dai bulan sebelumnya yang hanya 1.634 unit.
Catatan ini membuat HR-V berhasil menduduki peringkat teratas daftar mobil SUV terlaris di Indonesia versi Gaikindo, serta menjatuhkan dominasi Toyota Rushyang selama ini tak tergoyahkan.
Penjualan Rush yang tercatat sebanyak 1.745 unit harus rela merosot di urutan ketiga setelah HR-V dan saudara kembarnya Daihatsu Terios.
Ini karena wholesales Toyota Rush menurun hampir setengahnya, dimana penjualan pada Februari 2024 mobil ini terjual 3.928 unit.
​Sementara itu, Daihatsu Terios tetap konsisten berada di urutan kedua dengan catatan wholesales mencapai 2.087 unit.
Penjualan Daihatsu Terios sendiri memang cukup stagnan setiap bulannya, bahkan pada Februari 2024 tidak terlalu jauh perbandingannya, yaitu laku 2.004 unit.
Trio SUV Honda terakhir ada WR-V yang pada Maret 2024 penjualan retailnya tercatat sebesar 1.524 unit.
Angka ini cukup konsisten karena melihat penjualan di bulan sebelumnya juga tercatat 1.348 unit, kemudian di Januari 2024 tercatat 1.460 unit.
Sementara itu jika melihat dari wholesales yang dilaporkan oleh Gaikindo, pada Maret 2024, WR-V memang kalah dalam hal angka penjualan dibanding Toyota Raize.
Apabila Toyota berhasil mendistribusikan Raize sebanyak 1.086 unit, maka WR-V sedikit di bawahnya yaitu 844 unit.
Namun angka wholesales WR-V di Februari 2024 cukup jauh meninggalkan rivalnya dari Toyota tersebut.
Gaikindo mencatat, penjualan WR-V di bulan tersebut sebanyak 1.156 unit, adapun Raize cuma 860 unit, begitu pula di Januari ketika penjualan WR-V turun menjadi cuma 660 unit, kompetitornya itu juga masih di bawahnya dengan wholesales 543 unit.
Seperti kita ketahui, WR-V merupakan SUV terkecil dari Honda Indonesia saat ini.
Secara dimensi, Honda WR-V memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.608 mm, dan wheelbase 2.485 mm serta ground clearance berada di angka 220 mm.
Sumber tenaga mobil ini berasal dari mesin Naturally Aspirated (N/A) L15ZF 1.498 cc berteknologi i-VTEC DOHC 4 silinder segaris yang dapat memeras tenaga sebesar 121 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm.
Fitur unik di WR-V yang tidak ada pada rival-rivalnya adalah keberadaan Honda LaneWatch yang memungkinkan pengemudi dapat melihat kondisi jalan dengan lebih jelas melalui kamera kecil yang terdapat di spion kiri.
Selain itu juga fitur Honda SENSING yang sudah ada di tipe tertinggi WR-V, yang meliputi, Collision Mitigation Brake System (SMBS), Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), serta Adaptive Cruise Control (ACC).
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.