Fitur Daihatsu Hijet 2022 paling lengkap dibanding LCV lain
Kalau Anda lahir di tahun 1970-an sampai 1980-an pasti tahu tentang Daihatsu Hijet. Nah sebenarnya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sempat menghidupkan lagi Hijet generasi yang modern. Tapi namanya berubah jadi Daihatsu Hi-Max.
Kini, Daihatsu Jepang meluncurkan Hijet terbaru termasuk Daihatsu Atrai. Keduanya diposisikan segmen berbeda. Jika Daihatsu Hijet 2022 masuk kategori micro cargo, maka New Atrai ke kelas Kei Car penumpang. Itu berarti Hijet sekarang sudah masuk generasi kesebelas.
Daihatsu Hijet yang sempat populer di Indonesia
Lalu apa bedanya Daihatssu Hijet 2022 dibanding pendahulunya? Ternyata banyak! Mari kita kupas lebih detil.
Satu hal yang paling menarik dari keberadaan Daihatsu Hijet terbaru ini adalah platform yang dipakai. Untuk New Hijet dan New Atrai ternyata sudah menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Ini merupakan pemakaian DNGA kedua untuk Kei Car Daihatsu setelah sebelumnya dimulai dari Tanto.
Namun bagi Hijet, jelas ini adalah mobil komersial pertama Daihatsu yang menggunakan platform DNGA. Perusahaan ternyata punya alasan tersendiri mengapa Hijet Cargo berubah cukup drastis. Konsep "Kargo yang Sangat Efisien" rupanya menjadi tolok ukur rancang bangun Hijet 2022 ini.
Permintaan yang kuat dari segmen e-commerce, pedagang UKM, industri pertanian, sampai industri pengiriman paket, membuat mobil ini cocok. Karena dengan dimensinya yang ringkas akan memberikan kemudahan kendaraan tersebut masuk hingga ke daerah pelosok. Disatu sisi, kapasitas kargonya sanggup membawa banyak barang sekaligus.
Lebih Keren dari Daihatsu Hi-Max
Dari belakang mirip Luxio
Kalau kita membandingkan dengan Daihatsu Hi-Max yang sempat dipasarkan di Indonesia, Hijet 2022 ini tidak terlihat seperti kendaraan komersial. Boleh dibilang ia lebih punya karakter seperti Gran Max yang bisa saja disulap jadi mobil penumpang.
Fascia depannya cukup sederhana dengan lampu besar mengkotak. Grilnya juga cuma dua bilah horizontal tanpa ada imbuhan aksen krom atau black gloss. Bemper depan dicat warna hitam dof, masih pakai velg kaleng, tapi kaca samping seakan model one piece.
Tapi coba perhatikan kapasitas muatan di kabin Daihatsu Hijet 2022. Tinggi kompartemen bagasinya 1.250 mm, panjangnya 1.915 mm, lebar 1.270 mm, dan bukaan pintu sampai 785 mm. Dengan ruang kargo seluas itu, Hijet bisa memuat 68 kardus ukuran sedang, 71 kotak ukuran kecil, serta 9 gulung tikar rajut.
Kapasitas kargo di Daihatsu Hijet 2022
Uniknya lagi, pada kondisi standar mobil ini masih bisa dimuati sampai 4 penumpang termasuk sopir. Jadi masih bida kalau mau jalan-jalan sama keluarga di akhri pekan pas toko libur.
Daihatsu Hijet Terbaru Dijejali Banyak Fitur Modern dan Transmisi CVT
Interior Daihatsu Hijet 2022
Walau Hijet masuk kategori kendaraan komersial, namun Daihatsu banyak memasang fitur-fitur modern di kendaraan ini. Diantaranya sistem keyless entry dan dan keberadaan Start/Stop Engine. Lalu pintu samping juga sudah menggunakan model geser elektrik pada kedua sisinya. Untuk membuka pintu ini cukup pencet tombol di dasbor atau tombol pada gagang pintu luar. Ini menjadikan Hijet adalah LCV (Low Commercial Vehicle) pertama yang menggunakan fitur tersebut.
Sementara layout interiornya juga mirip dengan Daihatsu Atrai 2022. Antara lain kebedaraan headunit layar sentuh yang sudah mendukung Android Auto dan Google CarPlay. Bedanya di Atrai pakai monitor 9 inci sementara di Hijet 6,8 inci.
Kemudian Hijet Cargo juga sudah punya Diahatsu Smart Assist. Ada 13 perangkat keselamatan dan keamanan aktif di mobil ini. Seperti Collision Warning Function, False Start Suppression Control, Lane Departure Warning, Roadside Deviation Warning, Auto High Beam, sampai Side View Lamp.
Pakai Transmisi CVT, Harga Daihatsu Hijet 2022 Muai Rp114 Jutaan
Pilihan warna Hijet 2022
Dari sisi jantung mekanis, Daihatsu Hijet menggunakan mesin 660 cc bertenaga 46 PS dengan torsi 60 Nm. Sementara untuk Atrai tenaganya 64 PS dengan torsi 91 Nm meski kapasitas silinder mesinnya serupa.
Baik Hijet ataupun Atrai tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis CVT. Namun karena menggunakan platform DNGA, maka kini mobil tersebut menggunakan penggerak roda depan.
Adapun harganya sebagai berikut:
Daihatsu Hijet Truck 2022 : 902.000 yen - 1.452.000 yen (Rp113 jutaan - Rp183 jutaan)
Daihatsu Hijet Cargo 2022 : 1.045.000 yen - 1.606.000 yen (Rp131 jutaan - Rp202 jutaan)
Daihatsu Atrai 2022 : 1.562.000 yen - 1.826.000 yen (Rp197 jutaan - Rp230 jutaan)
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.