First Drive Kia Seltos CRDi 2021, Satu-satunya SUV Kompak Buat Pecinta Mobil Diesel
Prasetyo · 19 Nov, 2021 09:06
0
0
Bertepatan dengan hari pertama diselenggarakannya pameran GIIAS 2021, PT Kreta Indo Artha memperkenalkan Kia Seltos CRDi 2021. Ini merupakan varian anyar dari Kia Seltos yang menggunakan mesin diesel. Namun khusus tipe CRDi ini, cuma hadir satu tipe dengan kapasitas lima penumpang (5-seater).
Walaupun diklaim hanya memiliki diferensiasi dari sisi sumber tenaga, namun nyatanya ada beberapa fitur dari Kia Seltos bensin yang dipangkas pada model CRDi ini. Padahal jika dilihat harganya, Seltos diesel lebih mahal dibanding Seltos gasoline tipe EX Plus.
Rilis di GIIAS 2021
Meski demikian, dengan dipasangkannya mesin diesel, Seltos diklaim makin menyenangkan untuk dikendarai. Mengingat karakter mesin berbahan bakar solar ini punya torsi yang lebih berlimpah dibanding mesin bensin.
Benarkah anggapan ini? Kami pun mencoba membuktikannya. Menggunakan unit Kia Seltos CRDi yang ada di area Test Drive GIIAS 2021. Walau singkat, setidaknya bisa sedikit memberi gambaran bagaimana sensasi berkendara dengan mobil diesel ini.
Diesel yang senyap, itu dua kata yang kami dapatkan saat pertama kali maasuk ke kokpit Kia Seltos CRDi 2021 dan menekan tombol Start/Stop engine. Getaran mesin diesel yang biasanya sangat terasa, mampu diredam dengan baik oleh kap mesin dan area sekitarnya sehingga tak terlalu menyeruak ke luar.
Emblem CRDI jadi pembedanya
Kondisi ini pun langsung mengingatkan kami pada karakter mesin diesel modern keluaran Kia dan Hyundai yang memang juga terkenal senyap. Raungan mesin dan getarannya baru terasa manakala pedal gas diinjak dan puntiran mesin sudah menunjukkan 2.000 rpm ke atas.
Tenaga Tak Terlalu Istimewa, Tapi Menyenangkan Dikendarai
Letupan tenaganya sudah ada sejak rpm bawah
Di atas kertas, mesin diesel U2 1.5L CRDi dari Kia Seltos diesel ini mampu memproduksi daya 115 PS pada 4.000 rpm dengan torsi 250 Nm d 1.500-2.750 rpm. Sebenarnya dibanding varian mesin bensin 1.4-liter Turbo, tenaga dan torsi dari Seltos diesel ini tidak terlalu istimewa.
Ada 6 mode berkendara yang bisa dipilih
Figur daya dari Seltos gasoline bermesin Kappa 1.4 ada di 140 PS dengan torsi 242 Nm. Itu artinya Seltos diesel hanya punya torsi 8 Nm lebih tinggi ketimbang varian mesin bensin. Bahkan tenaganya malah lebih rendah 25 PS dibanding Seltos bensin.
Karakter tenaga mesinnya tak jauh beda dari mesin bensin
Tapi itu hanya sekedar catatan spesifikasi. Nyatanya, ketika dijajal, Seltos CRDi mampu memberikan rasa menyenangkan untuk dikendarai. Hentakan torsinya yang ada sejak rpm rendah pasti akan membuat pecinta mobil-mobil bertenaga besar menyukainya.
Transmisi otomatis 6 percepatan
Apalagi ia ditunjang transmisi otomatis 6 percepatan, bukan menggunakan CVT. Sehingga setiap pergantian posisi gigi di rpm tinggi masih bisa memberikan sensasi yang menyenangkan.
Setir nyaman, lengkap dengan tombol pengaturan termasuk cruise control
Mengingat area Test Drive GIIAS 2021 yang tak terlalu besar, maka kami tidak bisa memberikan gambaran secara menyeluruh tentag performa Kia Seltos CRDi ini. Meski demikian, kami sempat merasakan pula bagaimana kondisi ketika duduk sebagai pegemudi hingga penumpang di jok baris kedua.
Jok nyaman meski minus fitur ventilasi
Duduk di kokpit mobil ini cukup nyaman. Lingkar kemudi pas dengan genggaman tangan apalagi materialnya juga tidak licin walau telapak tangan tengah berkeringat. Pengaturan jok memang masih manual, tapi posisinya bisa diatur juga cukup nyaman. Pandangan ke arah depan serta samping juga baik, tak terhalang keberadan pilar A atau pilar C di belakang saat menggunakan bantuan spion tengah.
Ruang kaki dan kepala jok belakang lapang
Beralih ke jok baris kedua, ruang kaki dan ruang kepala sangat lebar. Tinggi tubuh saya yang 175 cm, masih menyisakan ruang yang lebar. Akses masuk dan keluar kabin juga tak ada halangan. Sayangnya posisi sandaran punggung jok penumpang belakang tidak bisa direbahkan sesuai kemauan penumpang supaya tercipta posisi duduk lebih rileks.
Kesimpulan
Satu-satunya SUV kompak diesel di Indonesia kelas Rp300 jutaan
Hadirnya pilihan mesin diesel dengan Kia Seltos CRDi 2021 tentu membawa pilihan baru bagi Anda yang sudah lama kepincut SUV bertubuh compact ini. Apalagi kalau Anda selama ini mencari mobil di kelasnya yang menggunakan meisn diesel. Mengingat kompetitornya dari Jepang tak ada yang menggunakan mesin diesel.
Tapi perlu diperhatikan pula beberapa hal yang justru dikurangi pada Seltos diesel dibandingkan varian bensinnya. Termasuk transmisi otomatis biasa bukan Dual Clutch Transmission (DCT) 7 percepatan seperti Seltos gasoline.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.