Harganya Lebih Mahal Rp15 Juta, Apa Beda KIA Seltos Diesel dan Bensin?
Prasetyo · 13 Nov, 2021 09:06
0
0
PT Kreta Indo Artha menawarkan satu varian baru Kia Seltos. Yakni opsi mesin diesel setelah sebelumnya cuma tersedia dalam mesin bensin 1.4L Turbo. Tapi harga Kia Seltos diesel lebih mahal Rp15 juta dibanding varian mesin bensinnya.
Kalau Seltos bermesin bensin ada di rentang Rp310,8 juta hingga Rp374 juta, maka untuk Kia Seltos CRDi banderolnya Rp389 juta. Apakah selisih harga ini berarti banyak hal baru di Seltos CRDi dibanding versi mesin bensin? Mari kita simak kelebihan dan kekurangan Kia Seltos CRDi.
Harga Kia Seltos per November 2021
Tipe
Harga
E
Rp310.800.000
EX
Rp337.200.000
EXP
Rp374.000.000
CRDi
Rp389.000.000
GT Line
Rp415.000.000
Tampilan Kia Seltos Diesel Gak Ada Beda
Dari luar sama dengan versi bensin
Seltos versi CRDi secara fisik tak ada perbedaan dengan varian mesin besin. Gril depannya masih sama, begitu [pula lampu, bemper, dan foglamp yang disusun tegak. Hanya saja pad akap mesin, Seltos di Indonesia kini sudah menggunakan logo baru KIA. Namun logo ini juga sama-sama diterapkan baik pad avarian mesin bensin maupun diesel.
Lantas ke bagian sisi, guratan-guratan tubuhnya pun tak ada perbedaan. Hanya saja, Seltos CRDi menggunakan velg ring 17. Ini berarti setara dengan Seltos bensin tipe EX, EX Plus dan GT Line. Sementara untuk yang Seltos bensin tipe E pakai velg 16 inci.
Emblem CRDi jadi identitasnya
Kemudian tampak belakang pun demikian, Seltos diesel juga bak pinang dibelah dua dengan varian mesin bensinnya. Yang menjadi pembeda cuma keberadaan emblem CRDi di pintu bagasi yang menjadi identitas kalau model ini bermesin diesel.
Ada Beberapa Hal yang Hilang di Interior Kia Seltos CRDi
Layout kabin juga masih serupa
Berlanjut ke bagian dalam, layout interior Kia Seltos diesel juga masih serupa dengan versi mesin bensin. Tapi kalau diteliti lebih mendalam, ternyata tetap ada beberapa hal yang absen pad tipe CRDi.
Yakni keberadaan jok pengemudi dan penumpang depan tanpa ventilasi udara. Lalu headup display yang sudah ada di Seltos EX Plus dan GTLine juga taka da di tipe CRDi. Lantas meskipun sama-sama bertransmisi otomatis, tapi pada Seltos CRDi belum dilengkapi Paddle Shift.
Fiturnya Kalah Lengkap Dibanding Kia Seltos GT Line
Joknya belum pakai ventilasi udara
Bersamaan dengan dirilisnya Kia Seltos diesel, juga diperkenalkan trim varian GT Line untuk Seltos. Menjadi varian tertinggi, sayangnya GT Line hanay tersedia dengan mesin bensin. Tapi kalau dibandingkan Seltos CRDi, maka ada beberapa fitur di GT Line yang tidak ada.
Antara lain pengaturan jok pengemudi dan penumpang depan secara elektrik 6-way. Kemudian di GT Line juga sudah ada Rear View Monitor with Switch. Dan tentunya jok pada tipe ini juga dibubuhi logo GT Line untuk memperkuat ekslusifitas varian tersebut.
Meski begitu, Seltos diesel tetap sudah pakai electric sunroof, meter cluster LCD 7 inci, headunit 8 inci model floating, Ac dengan auto climate control, dan Drive Mode berupa pilihan mode berkednara Sport, Eco, Normal, Mud, Snow, serta Sand.
Torsi sedikit lebih tinggi dari versi mesin bensin
Nah kini kita bandingkan soal tenaga. Kalau selama ini ada anggapan mesin diesel lebih bertenaga dibanding mesin bensin, ternyata tidak seutuhnya benar. Ini bisa dibuktikan dari Kia Seltos CRDi.
Tenaga puncaknya cuma 115 PS dibanding Seltos bensin yang sanggup meletupkan daya 140 PS. Torsinya pun tak terpaut terlalu tinggi yakni 250 PS yang sudah didapat sejak 1.500-2.750 rpm. Sementara di mesin bensin mentok 242 Nm di 1.500-3.200 rpm.
Perbandingan Mesin Kia Seltos
Tipe mesin
Kappa 1.4L Turbo Dual CVVT
U2 1.5L eVGT CRDi
Kapasitas silinder
1.353 cc
1.493 cc
Daya maksimum
140 PS @6.000 rpm
115 PS @4.000 rpm
Torsi maksimum
242 Nm @1.500-3.200 rpm
250 Nm @1.500-2.750 rpm
Transmisi
7 percepatan DCT
otomatis 6 percepatan
Mungkin ini akibat mesin bensinnya sudah diskong teknologi turbo. Selain itu di versi mesin bensin juga menggunakan gearboc ganda (Dual Clutch Transmision) denagn bantuan paddle shift. Sementara di versi mesin diesel masih pakai gearbox otomatis biasa.
Kesimpulan
Dengan perbedaan harga sampai Rp15 juta, ternyata opsi mesin diesel pada Kia Seltos tenaganya tak terlalu dahsyat dibanding varian mesin bensin. Bahkan ada beberapa fitur yang absen dari varian ini.
Jadi kalau Anda penyukan mesin diesel dengan torsi besar untuk akselerasi yang instan, maka Kia Seltos diesel adalah pilihannya. Tapi kalau varian mesin bensin turbo juga sebenarnya sudah cukup agresif untuk pemakaian harian. Kalau mau yang fiturnya paling lengkap, ada opsi trim GT Line.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.