Honda Brio Satya Jungkalkan Gelar LCGC Terlaris dari Daihatsu Sigra
Prasetyo · 26 Apr, 2023 08:03
0
0
Daihatsu Sigra dalam beberapa bulan terakhir kerap memimpin penjualan di segmen kendaraan jenis Low Cost Green Car (LCGC). Namun pada Maret 2023, Daihatsu harus merelakan gelar LCGC telaris itu kepada Honda Brio Satya.
Ya, mobil tipe LCGC memang saat ini masih menjadi pilihan dari konsumen di Indonesia. Faktanya bisa kita lihat begitu banyak mobil seperti Honda Brio Satya, Daihatsu Sigra, atau Toyota Agya yang digunakan di jalan raya terutama untuk wilayah kota-kota besar seperti Jakarta.
Toyota Agya 2023
Lalu seperti apa penjualan mobil LCGC yang tercatat oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) untuk periode Maret 2023?
Dalam catatan GAIKINDO, wholesales (pengiriman unit dari pabrik ke dealer) pada segmen LCGC periode Maret 2023 dipimpin oleh Brio Satya. Ini terjadi setelah Honda melaporkan sukses mengirim 6.598 unit Brio versi LCGC itu ke jaringan dealer resmi mereka.
Angka ini sekaligus mengungguli Daihatsu Sigra yang hanya terdistribusi 5.027 unit. Padahal di Februari 2023, Sigra sanggup jadi yang tertinggi dengan penjualan 5.150 unit sementara Honda Brio Satya hanya 4.716 unit.
Toyota Calya selalu diurutan ketiga
Adapun pada urutan ketiga penjualan LCGC terbanyak ada model Toyota yakni Calya dengan penjualan 3.868 unit. Angka ini mengalami penurunan setelah di bulan sebelumnya Toyota sanggup mendistribusikan sebanyak 4.228 unit.
Hal menarik juga terlihat dari penjualan duo LCGC terbaru yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2023. Ternyata wholesales Ayla pada Maret 2023 bisa lebih tinggi dari Agya. Daihatsu mampu menyebar 3.475 unit Ayla ke seluruh dealer resmi mereka. Sedangkan Toyota Agya cuma terdistribusi 1.723 unit.
Kondisi ini serupa dengan catatan wholesales LCGC di bulan Februari 2023. Saat itu GAIKINDO merilis jika penjualan Ayla mampu mencpaai 1.366 unit sementara Agya hanya 806 unit.
Tapi dengan catatan, ini adalah pendistribusian untuk model Ayla dan Agya sebelum berganti generasi. Sementara untuk penjualan Agya periode Maret 2023, tidak termasuk Agya GR Sport yang sudah berganti ke segmen small hatchback/city car.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.