Honda Civic Si 2022 Mendebut, Lebih Sporty dari Tipe RS dan Cuma Ada Transmisi Manual
Evan · 21 Okt, 2021 17:32
0
0
Generasi kesebelas Honda Civic baru-baru ini mendapatkan tambahan model baru, lewat debut global model Si yang merambah pasar Amerika pada Selasa lalu (19/10). Hadir dalam pilihan bentuk Sedan saja, Civic Si 2022 menawarkan tampilan serta pengendaraan yang lebih sporty dari versi standar.
Honda sengaja menelurkan mobil satu ini untuk mengincar konsumen Civic Type R terbaru yang tak ingin menunggu lama dan punya budget terbatas.
Mengambil desain dari mobil konsep Civic Proto yang pernah ditampilkan sebelumnya, Civic Si jadi sedikit lebih rendah, makin lebar dan tambah panjang.
Dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang telah diatur short thrownya oleh Honda, sehingga memberikan rasa shifting naik dan turun lebih pendek.
Tampilan Makin Sporty, Eksterior Dilabur Warna Mencolok
Tampang depan makin sporty
Dari bagian muka, Civic Si 2022 dapat dikenali dari grill depan dengan bentuk dan opening kisi-kisi yang lebih lebar, memastikan jalur udara terjaga bagi mesin bertenaga 200 PS.
Emblem Si dipadu gril baru
Ada juga emblem Si melekat disampingnya, sebagai pembeda dengan model Civic lain. Sisanya soal fascia boleh dibilang mirip sama seperti bawaan model RS yang dijual di Thailand.
Dari samping kelihatan lebih rendah
Berlanjut ke samping, perbedaan kelihatan jelas dari penggunaan pelek palang lima yang berwarna black glossy berukuran 18 inci.
Pelek model baru, cakram lebih besar
Di dalamnya ada rem cakram yang menurut Honda telah diperbesar ukurannya di depan 1,2 inci dan belakang 0,9 inci, untuk mengimbangi tenaga buas Civic Si. Selain itu ada juga tambahan aksen hitam di bagian kaca spion sebagai pemanis.
Bagian belakang identik model RS
Buritan mungkin jadi area Civic Si yang tetap mempertahankan desain utuh dari Civic standar. Tetap dengan gaya modern dan dilengkapi spoiler belakang kepunyaan model RS.
Dual knalpot lebih merdu
Bedanya ada di emblem Si, serta dual knalpot baru hasil rancang ulang tim engineer Honda, yang mampu menghasilkan suara merdu dari mesin empat silindernya.
Interior Pakai Jok Bucket Seat dan Tuas Persneling Aluminium
Interior banyak kemiripan dengan veris reguler
Masuk ke dalam, pembaruan terbesar dari Civic Si adalah joknya yang mengadopsi model bucket seat, lengkap dengan kombinasi merah-hitam dan emboss Si di bagian headrest.
Kursi model bucket seat
Paduan warna ini juga bisa ditemukan pada sekeliling kabin, mulai dari jahitan stir, insert pada doortrim pintu, hingga trim di sekitar ventilasi AC.
Transmisi dari aluminium
Di bagian konsol tengah, Honda menyematkan tuas persneling terbuat dari bahan aluminium yang mirip dengan bentuk Type R sebelumnya
Klaim pabrikan asal Minato Jepang ini, rasa short throw antar gigi jadi lebih pendek 10 persen, kemudian digabungkan dengan respons throttle gas yang lebih cepat berkat penurunan 30 persen pada flywheel.
Lis merah di ventilasi AC
Dari segi konektivitas, Civic Si mendapatkan layar hiburan berukuran 9 inci yang sudah support duo Android Auto Apple Carplay.
Layar instrumen 7 inci lengkap
Begitu pula dengan panel instrumen, dalam wujud layar LCD 7 inci yang mampu menampilkan informasi dan kelengkapan mobil. Khusus di tipe Si sudah memiliki sistem tata suara dari Bose dengan 12 speaker ditambah subwoofer.
Soal keselamatan Honda tidak pelit, ikut memasukkan sistem keselamatan ADAS dalam paket Honda Sensing (HS) sebagai standar.
Meski Civic Si masih menggunakan mesin 1.5-liter empat silinder turbo sama seperti model standar, tapi Honda melakukan perubahan pada flywheel sehingga menjadi lebih ringan.
Hal ini berdampak pada tenaga yang naik jadi 200 PS pada 6.500 rpm dan torsi yang lebih besar sejak putaran lebih awal, yakni 260 Nm di 1.800 rpm hingga 5.000 rpm.
Manual 6 speed satu-satunya pilihan
Mesin ini diklaim memiliki output makin sigap serta delivery tenaga yang lebih menyenangkan saat menginjak pedal gas.
Insinyur Honda juga banyak menghabiskan waktu pada bagian setir yang dibuat lebih berat dan direct, lengkap dengan mode Individual dimana pengemudi bisa mengatur kesesuaian berat setir bersama respons pedal gas.
Civic Si bersama pendahulunya
Tenaga dan torsi lalu dikirimkan ke satu pilihan transmisi berupa manual 6 percepatan yang memiliki teknologi rev-matching saat turun gigi.
Beberapa ubahan lain datang tak kasat mata, seperti model sasis diklaim lebih rigid 8 persen di sektor torsional rigidity, 13 persen peningkatan di bending stiffness, anti roll baru yang lebih stiff, dan spring rate lebih kaku 8 persen didepan 54 persen dibelakang.