Ini Rahasia Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia
Herdi · 9 Mei, 2023 11:04
0
0
Honda Brio Facelift 2023 sudah resmi meluncur. Dengan penyegaran yang dilakukan baik eksterior maupun interior, mobil perkotaan atau citycar ini ditargetkan bisa terpesan antara 5.000-6.000 unit perbulan selama tahun 2023.
Bicara soal Brio, Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, sejak diluncurkan pada 2012 hingga saat ini, Brio terus menjadi model yang sangat diminati oleh konsumen.
"Bahkan beberapa kali menjadi model dengan penjualan tertinggi di Indonesia," ungkap Billy saat peluncurannya di Indonesia, beberapa waktu lalu.
Ya, jika melihat penjualan Brio pada 2022, mobil ini laku terjual hingga 61.025 secara wholesales, sedangkan untuk retail sales tembus 60.532 unit. Jumlah ini pun meningkat 34 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
Di tahun 2023, Billy meyakini, dengan adanya Honda Brio Facelift, makal hal ini bisa membuat HPM mampu meningkatkan penetrasi pasar. Paling tidak bisa kembali menyamai penjualan Honda seperti tahun lalu yang tembus mencapai 14 persen.
Adapun sejak pertama kali Brio diluncurkan hingga kuartal pertama tahun 2023, secara total penjualan mobil ini lebih dari 500 ribu unit. Tak hanya untuk konsumen di dalam negeri, Brio produksi Indonesia juga sangat diminati untuk pasar ekspor. Sejak tahun 2019, tercatat lebih dari 25 ribu unit Honda Brio telah diekspor ke berbagai negara.
Honda Brio Solusi di Masa Pandemi Covid-19
Honda Brio juga kerap dimodifikasi
Sosok Brio semakin laris dan dikenal berbagai kalangan, tak lain karena hal tersebut terjadi saat masa pandemi Covid-19. "Masuk pandemi pada khawatir, cari mobil harga terjangkau, kualitas baik, perawatannya mudah, bahan bakar irit dan nggak khawatir purna jual dan servisnya, ya (itu semua ada di) Brio," klaim Billy.
Selain faktor di atas, Billy juga menyebutkan, bahwa Honda Brio merupakan mobil yang diimpikan oleh banyak first time buyer atau orang pertama yang ingin membeli mobil. "Kalau seven seater memang ke keluarga, tapi ada first time buyer nya juga yang kita lihat first time buyer luar kota besar. Apa yang dibutuhkan konsumen harus dipikirkan," ucapnya.
Oia, Brio juga tidak hanya sekadar memiliki desain ciamik, sehingga bikin anak muda tertarik. Namun mobil ini juga dianggap cukup tepat untuk turut dalam dunia balap dan juga modifikasi.
Billy menegaskan, bahwa di Indonesia ini gen Z dengan umur 15-19 tahun cukup banyak. Nah, ke depan, golongan tersebut perlu diperhatikan, dimana mereka biasanya menginginkan mobil yang power full, irit bahan bakar dan mudah dalam perawatan.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.