Bagian luar bisa dibilang tanpa perubahan berarti. Grille yang lebar serta tampilan sleek masih menjadi daya tarik semua model Mazda, termasuk CX-9. Tapi desain velg yang baru membuatnya semakin elegan dibandingkan edisi sebelumnya.
Pembaharuan utama adalah layar infotainment 10.25 inci baru yang menjalankan sistem operasi Mazda Connect terbaru yang sudah disematkan pada Mazda 3 dan Mazda CX-30 2021. Membawa kompatibilitas Apple CarPlay serta mirroring smartphone Android Auto.
Yang terbaru bagi CX-9 adalah varian Carbon Edition yang mendapatkan berbagai fitur dari varian tertinggi milik CX-9. Varian yang lebih elegan ini mendapatkan velg alumunium 20 inci, kelir Polymetal Gray serta trim hitam gloss dengan kursi berlapis kulit berwarna merah.
CX-9 Carbon Edition juga dilengkapi dengan kursi depan berventilasi dan roda kemudi dengan tombol fitur. Ada layar berukuran 7.0 inci untuk panel instrumen serta kursi pengemudi dengan pengaturan 8 arah yang dapat disesuaikan dengan lumbar support.
Sedangkan bagi model Sport entry level, CX-9 dengan model Touring dan GT mendapatkan jok berlapis kulit. Tak lagi menggunakan trim kain hitam sebagai fitur standar. Mazda CX-9 GT juga menawarkan warna Natural Stone dan warna Beige untuk tahun 2021.
Di Australia, CX-9 mendapatkan tiga varian baru. CX-9 Azami LE, GT SP, dan 100th Anniversary Special Edition yang diproduksi terbatas. Varian tertinggi Azami LE menjadi andalan untuk tahun depan dengan harga mulai dari $ 73.875 (Rp1 miliar).
Fitur unik yang diberikan bagi varian terbatas edisi 100 tahun termasuk karpet dan alas lantai berwarna merah tua, serta emblem edisi spesial pada spatbor depan, key fob, bagian tengah velg, sandaran kepala kursi, dan alas lantai.
Mazda CX-9 2021 di pasar Australia dibanderol mulai dari $ 45.990 (Rp648 jutaan) untuk varian entry level. Sedangkan harga Mazda CX-9 2021 untuk edisi 100 tahun belum disebutkan. Mazda hanya menentukan unit yang dikirim, yaitu 110 unit untuk pasar Australia.
SUV termewah Mazda
Mazda CX-9 merupakan SUV premium berukuran menengah yang diproduksi di pabrik Ujina, Hiroshima. Menariknya, meski dibuat di Jepang, CX-9 tak dijual di pasar domestik karena dimensi yang besar membuatnya menerima pajak yang lebih besar. Hanya Mazda CX-8 yang lebih pendek dan kompak dijual di Jepang.
Mazda CX-9 Generasi pertama (2006)
Generasi pertama Mazda CX-9 yang dikeluarkan tahun 2006 dilengkapi dengan mesin 3.5L V6 milik Ford. Tapi pada tahun 2008, mesin dibuat lebih besar dengan kapasitas 3.7L yang mampu menghasilkan tenaga 274 hp serta torsi maksimal 366 Nm.
Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Edisi kali ini dibuat berdasarkan platform Ford CD3 yang digunakan bersamaan dengan Ford Edge. Dimensinya terbilang bongsor, tapi terasa nyaman untuk menampung penumpang di baris belakang.
Perlengkapan keselamatan standar bisa dibilang cukup lengkap untuk model SUV kala itu. Mulai dari Blind Spot Monitoring, kamera belakang, Electronic Stability Control, Traction Control, Roll Stability Control, airbag samping depan, dan airbag curtain untuk penumpang belakang.
Untuk model tahun 2010, Mazda CX-9 mendapatkan minor facelift pertama dengan tampilan terbaru pada fascia depan. Di bagian dalam, tak terlalu banyak ubahan yang diberikan. Tapi fitur climate control tiga zona dan hands free Bluetooth menjadi standar bagi semua varian.
Tiga tahun setelahnya, Mazda merilis edisi terbaru dengan beberapa revisi tampilan yang lebih banyak. Eksteriornya dibuat lebih segar dengan kehadiran grille dan lampu depan baru, ditambah dengan tampilan ventilasi depan yang dibenahi.
Mazda CX-9 Generasi kedua (2016)
Mazda meluncurkan edisi terbaru CX-9 pada Los Angeles Auto Show 2015, sembilan tahun setelah generasi pertama. Ubahan signifikan berdasarkan platform SkyActiv dengan mesin baru yang digunakan pada model terbaru Mazda yang diperkenalkan setelah tahun 2011.
Desain eksterior baru mengikuti filosofi desain Mazda Kodo. Dibuat lebih pendek, tapi menghasilkan wheelbase yang lebih panjang. Membuat overhang depan dan belakang yang lebih pendek serta ruang kabin yang lebih lapang.
Generasi kedua menggunakan versi turbo dari mesin bensin SkyActiv-G 2.5T, menghasilkan 227 hp pada bahan bakar RON 91 dan 250 hp pada bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi. Mesin tersebut digabungkan transmisi otomatis 6-percepatan yang menyalurkan tenaga ke semua roda.
Mazda menambahkan banyak sistem keselamatan aktif baru pada CX-9. Mulai dari Blind Spot Monitoring, Radar Cruise Control dengan fungsi Start/Stop, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, dan sistem Autonomous Emergency Braking sebagai varian standar.
Perubahan terbaru pada Mazda CX-9 pada tahun 2021
Empat tahun menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan perubahan minor pada generasi kedua CX-9. Dengan Mazda CX-9 AWD baru saja diperkenalkan pertengahan tahun ini, tak menutup kemungkinan minor update ini siap meluncur tahun depan atau 2022.
Eksterior Mazda CX-9 2021
Sesuai dengan namanya, perubahan minor yang ditawarkan bagi konsumen di Australia dan Amerika ini tanpa perubahan signifikan dari bagian luar. Bahasa desain KODO yang digunakan sejak tahun 2011 masih menjadi andalan untuk mobil ini.
Grille depan bergaya chrome yang besar dipadukan dengan lampu depan yang sipit. Dilengkapi High Beam Control, visibilitas ketika berkendara di malam hari pun tetap terjaga. Di bawah, bumper yang membentuk tampilan sporty dengan bentuk rumah lampu kabut serta sedikit aksen chrome pada sisi samping.
Di bagian samping, spion dengan lampu sein serta jendela dengan frame berwarna chrome dan garis sisi yang mulus menegaskan kesan elegan pada mobil ini. Perbedaan kecil terlihat dari velg 20 inci yang diperkenalkan dengan opsi 18 inci dan 19 inci yang bisa dipilih.
Beralih ke belakang, CX-9 GT juga membawa tampilan yang mengesankan dengan gaya stylish. Spoiler terintegrasi dengan shark fin antenna disandingkan dengan lampu depan yang membentuk garis melintang pada bagian bawah jendela belakang. Di bawah, ‘mata kucing’ atau reflektor terlihat dengan lis chtome untuk kesan mewah.
Eksterior Mazda CX-9 2021
|
P x L x T
|
5.075 mm x 1.969 mm x 1.747 mm
|
Wheelbase
|
2.930 mm
|
Ground Clearance
|
220 mm
|
Suspensi Depan
|
MacPherson strut
|
Suspensi Belakang
|
Multi-link
|
Rem Depan
|
Ventilated Disc 320 mm
|
Rem Belakang
|
Ventilated Disc 325 mm
|
Ukuran Ban
|
255/50 R20
|
Velg
|
20 inci
|
Interior Mazda CX-9 2021
Peningkatan dibandingkan Mazda CX-9 2020 adalah layar 10.25 inci dengan sistem pengisi daya nirkabel yang digunakan pada varian GT dan di atasnya. Konfigurasi kursi dan bagasi tak mengalami perubahan. Dengan kesan mewah dan premium masih tetap dipertahankan.
Ubahan yang terlihat dari mobil ini adalah trim kain berwarna hitam yang diberikan pada entry level Sport. Sedangkan model yang lebih tinggi mendapatkan jok kulit berwarna hitam. Interior semakin kaya dengan kehadiran warna Natural Stone dan warna Beige yang baru.
Bagi Mazda CX-9 AWD, perubahan pada interior termasuk penggunaan Nappa Leather yang terdapat pada keseluruhan jok depan dan belakang. Pada dashboard hingga panel door trim, ada Real Wood Panel yang memberikan tampilan lebih elegan di dalam kabin.
Namun dari segi konfigurasi, ruang kabin dan ruang kaki yang lega tetap menjadi bagian penting sebagai daya tarik mobil ini. Begitu pula bagasi yang masih sama dibandingkan model generasi kedua yang dipasarkan saat ini.
Mesin Mazda CX-9 2021
Untuk kapasitas mesin serta teknologi dasar yang digunakan masih tetap sama dengan Mazda CX-9 2020. Beberapa pembaharuan teknologi dan desain mencakup mesin SkyActiv-G 2.5 Turbo untuk semua model CX-9 yang dipasarkan di Australia.
Menghasilkan 250 hp serta 434 Nm ketika menggunakan bahan bakar bensin beroktan RON 93 dan tenaga maksimal 227 hp dan 420 Nm untuk bahan bakar oktan RON 87. Cara ini juga bisa digunakan di Indonesia untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar dan tenaga yang lebih baik.
Mesin turbocharged dipasangkan dengan transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6-percepatan pemindahan gigi cepat. Disandingkan dengan teknologi G-Vectoring Control Plus Standar serta sistem penggerak semua roda i-Activ Mazda dengan bantuan traksi off-road jadi fitur standar di semua varian.
Mesin Mazda CX-9 2021
|
Tipe Mesin
|
SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4-silinder DOHC 16 valve, Turbocharged
|
Kapasitas Mesin
|
2.488 ccc
|
Tenaga Maksimal
|
250 hp @ 5.000 rpm
|
Torsi Maksimal
|
420 Nm @ 2.000 rpm
|
Transmisi
|
6-kecepatan otomatis SkyActiv-Drive
|
Sistem Penggerak
|
All-wheel drive
|
Fitur Mazda CX-9 2021
Fitur standar yang diberikan terasa lengkap. Diantaranya jok depan dengan pemanas, roda kemudi berbalut kulit dengan shift paddle dan tombol hands-free, Automatic Climate Control tiga zona, serta kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto.
Untuk varian di luar negeri, CX-9 membawa lampu depan otomatis on-off LED dengan auto-levelling, lampu belakang LED, power door mirror dengan fitur pemanas, High Beam Control, wiper dengan sensor hujan, serta kaca privasi di bagian belakang.
Rangkaian fitur keselamatan i-Activsense Mazda merupakan sistem standar, termasuk Mazda Radar Cruise Control dengan fungsi stop-and-go, Smart City Brake Support Front, Advanced Blind Spot Monitoring dengan Rear Cross Traffic Alert dan Pedestrian Detection.
Tapi Mazda CX-9 2020 yang baru saja diperkenalkan pertengahan tahun ini juga sudah mendapatkan upgrade MZD Connect dengan sistem infotainment baru dari layar 9.0 inci yang diberikan. Ada pula fitur power tailgate untuk membuka dan menutup tanpa sentuhan.
Harga Mazda CX-9 2021
Semua peningkatan yang diberikan menghasilkan harga yang lebih tinggi di tahun depan. Di Australia, harga Mazda CX-9 2021 mulai dari $ 45.990 (Rp655 jutaan) untuk varian entry level dengan fitur dan teknologi standar.
Di pertengahan tahun lalu, Mazda memperkenalkan All New Mazda CX-9 AWD dengan harga Rp954 jutaan dan tambahan Rp4 juta untuk warna Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic. Sedangkan harga Mazda CX-9 2020 berpenggerak roda depan dibanderol Rp849 jutaan.
Jika benar nantinya Mazda membawa mobil ini ke Indonesia, kemungkinan besar harga Mazda CX-9 2021 akan lebih tinggi dibandingkan edisi tahun ini. Tapi belum ada detail resmi mengenai kepastian kapan CX-9 mendapatkan update tahun depan.
Kesimpulan
Dibandingkan Mazda CX-9 AWD yang diperkenalkan pertengahan tahun ini, tak banyak perubahan yang diberikan pada minor update kali ini. Tapi penyegaran diberikan untuk meningkatkan popularitas dan daya beli mobil ini di segmen SUV premium nantinya. Dengan penambahan yang diberikan, harga Mazda CX-9 2021 nantinya akan lebih tinggi. Namun masih belum jelas kapan edisi terbaru SUV terbesar Mazda ini mendapatkan pembaharuan di Indonesia.