Tahun 2022 baru saja mulai, namun sejumlah pabrikan sudah menggebrak dengan lini produk anyarnya. Dan untuk mobil baru di pekan pertama 2022 datang dari dua produsen Jepang. Yaitu Mitsubishi dan satunya lagi Honda.
Keduanya mobil baru pekan ini memang tidak diluncurkan di Indonesia. Untuk Mitsubishi adalah pihak Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) yang merilis Pajero Sport Black Series. Sementara prinsipal Honda di Jepang baru saja mengumumkan kemunculan Step WGN 2022.
Nah kalau terlewat dengan dua mobil anyar tersebut, mari kita ulas lagi sedikit.
1. Mitsubishi Pajero Sport Black Series
Ini adalah Mitsubishi Pajero Sport yang pakai aksen serba hitam. Hadir untuk konsumen di Filipina, basis modelnya bukan tipe Dakar namun sudah punya kelengkapan fitur setara Mitsubishi Pajero Sport varian Dakar di Indonesia.
Punya nama asli Mitsubishi Montero Sport Black Series, Pajero Sport edisi hitam ini hadir dengan aksen eksterior yang serba hitam. Misalnya dibagian gril depan garnish di bagian bawah bemper depan, kemudian velg 18 inci, roof rail dan spoiler atap belakang serta aksen di bemper belakang.
Namun selain pakai aksen baru, Pajero Sport Black Series juga sudah dilengkapi berbagai fitur tambahan. Seperti Forward Collision Mitigation, Adaptive Cruise Control, Active Stability and Traction Control, dan Nano-e Air Purifying pada sistem AC-nya. Fitur baru lain termasuk Dual-Zone Automatic Climate Control, head unit monitor dengan Apple CarPlay dan Android Auto, Electric Adjustable Front Seats, dan semua jok dilapis kulit.
Sebelum Toyota Voxy 2022 dan Nissan Serena 2022 meluncur, Honda rupanya selangkah lebih dulu memperkenalkan Step WGN terbaru. Sosok bodinya semakin mengkotak, nyaris tanpa lekukan yang agresif tapi punya interior yang futuristik.
Ada dua varian dari Honda Step WGN 2022, yakni SPADA, dan AIR. Walau sudah resmi diperkenalkan, namun Honda baru akan menjualnya di Mei 2022 bertepatan dengan ajang Tokyo Auto Salon tahun ini yang digelar di Jepang.
Belum ada rincian spesifikasi teksnisnya, tetapi besar kemungkinan masih menggunakan dua pilihan mesin. Yakni mesin bensin 1.5 L Turbo yang dikombinasikan transmisi CVT, serta mesin hybrid e:HEV 2.0 L dengan motor listrik dan dipadukan transmisi E-CVT.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.