Pemilik Mobil BMW Terbaru Kini Bisa Akses Kendaraannya dari Jarak Jauh Lewat Ponsel
Prasetyo · 17 Mei, 2024 12:01
0
0
BMW Indonesia memperkenalkan teknologi BMW Connected Drive melalui aplikasi My BMW yang bisa diunduh ke ponsel setiap pemilik kendaraan asal Jerman ini.
Aplikasi mobile tersebut nantinya bisa berfungsi mengontrol kendaraan dengan mengakses beberapa fiturnya, sehingga pemilik mobil dapat memantau kendaraannya dari jarak jauh.
Aplikasi My BMW ini pun sudah tersedia di kendaraan BMW terbaru dengan NIK 2024, termasuk sedan BMW 330i M Sport Pro dan BMW 320i M Sport.
"BMW memiliki komitmen terhadap digitalisasi. Kendaraan BMW selalu up to date dengan teknologi terkini. Dengan menghadirkan BMW Connected Drive di Indonesia, BMW tidak hanya memperkenalkan fitur baru, namun kami mendefinisikan ulang cara pelanggan kami berinteraksi dengan kendaraan BMW," kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (16/05/2024).
Adapun mengenai fungsi BMW Connected Drive melalui aplikasi My BMW ini, Jodie menjelaskan kapau para pemilik kendaraan BMW kini bisa mengakses lifestyle mereka sehari-hari, perawatan kendaraan, dan layanan purna jual hanya melalui ponsel mereka.
"BMW Connected Drive dan My BMW App mewakili masa depan teknologi otomotif, dimana konektivitas, kenyamanan, dan keamanan terintegrasi secara seamless untuk memberikan pengalaman berkendara yang tak tertandingi," katanya.
Lantas apa saja fitur yang terdapat pada aplikasi My BMW? Mari kita ulas lebih lengkap.
Kenny Wala selaku Product Manager BMW Indonesia menjelaskan, teknologi BMW Connected Drive hadir karena tuntutan pelanggan BMW dengan mobilitasnya yang tinggi, ingin ada kemampuan layanan digital yang bisa diakses oleh mereka kepada kendaraannya dimana saja kapan saja.
"Kita tahu sekarang ini semua sudah serba digital, pesan makanan saja digital, belanja kebutuhan pokok digital, mau pergi butuh transportasi umum juga digital. Jadi para pelanggan BMW ini juga mau gimana mereka bisa terus ter-connected dengan kendaraannya secara digial," kata Kenny.
Karena itulah kini BMW Connected Drive telah tersedia untuk pelanggan BMW di Indonesia untuk menciptakan pengalaman digital 360 derajat dan semakin mendekatkan pengemudi dan kendaraan mereka.
Melalui aplikasi My BMW yang bisa diunduh ke ponsel atau gadget lainnya berbasis Apple mapun Android, memungkinkan terhubungnya pemilik kendaraan dengan kendaraannya melalui perangkat digital pribadi mereka masing-masing.
Aplikasi ini sepenuhnya dikembangkan sendiri oleh BMW menggunakan Flutter, kit pengembangan UI open source dari Google untuk bahasa pemrograman Dart.
Tim pengembangan Flutter/Dart di BMW Group adalah salah satu tim pengembangan terbesar di dunia setelah Google, dengan total 300 karyawan.
MyBMW App yang dapat diunduh secara gratis dari Apple App Store atau Google Play Store itu berfungsi sebagai antarmuka universal baru dengan kendaraan serta dapat memberikan informasi tentang status kendaraan kapan saja.
Melalui palikasi ini pemilik bisa mencari lokasi kendaraan (Vehicle Finder), mengunci dan membuka kunci pintu, sampai memantau lingkungan sekitar kendaraan (Tampilan 3D Jarak Jauh) ketima moil sedang diparkir.
Selain itu aplikasi ini juga punya kemampuan mengirimkan alamat tujuan dari smartphone ke sistem navigasi kendaraan.
Kemudian juga ada noifikasi jika ada kondisi ban yang kempis atau kurang tekanan anginnya, serta kondisi BBM yang tersisa di tangki tidak cukup untuk menempuh jarak yang hendak ditempuh.
Buat pengguna mobil listrik BMW, dengan MY BMW App akan tertampil jangkauan baterai dari sisa daya listrik yang ada.
Aplikasi My BMW semakin memudahkan pelanggan untuk masuk ke model BMW mana pun saat ini dengan BMW ID pribadi mereka.
Misalnya, informasi pengguna dan pengaturan yang disimpan dalam BMW ID kini juga dapat diimpor ke dalam kendaraan dengan sangat mudah dengan memindai kode QR yang ditampilkan di layar tengah.
Menariknya lagi, ponsel kalian bisa juga berubah jadi digital key yang memungkinkan bisa membuka mengunci pintu, hingga menyalakan mesin tanpa membutuhkan anak kunci sama sekali.
Memudahkan Juga Saat Servis atau Terjadi Gangguan di Jalan
Connected Drive selain berfungsi untuk kehidupan sehari-hari pemilik kendaraan BMW juga sangat membantu pada sisi perawatan kendaraan (Aftersales).
Untuk mencapai kepuasan pelanggan, BMW hadirkan inisiatif Relax, We Care; yang mana dikategorikan dalam tiga pilar yaitu Proactive Contact, Convenient Journey, dan Excellent Execution
Nantinya BMW secara proactive menghubungi pelanggan, pada waktu yang tepat, dengan penawaran yang tepat melalui channel yang tepat.
Layanan ini tersedia untuk kendaraan BMW yang telah dilengkapi dengan BMW Connected Drive.
Untuk menikmati layanan ini, pelanggan perlu mengunduh My BMW App kemudian menghubungkan aplikasi MyBMW dengan kendaraan BMW-nya yang dapat dilakukan secara mandiri dimanapun dan kapanpun tidak perlu melakukan kunjungan ke dealer.
Melalui data ini, pihak BMW kemudian mengidentifikasi kebutuhan layanan atau perbaikan apa pun yang akan datang dan langsung terintegrasi dengan diler yang akan menangani.
Misalnya melalui BMW Teleservice, pihak dealer dapat secara proactif menghubungi pelanggan untuk kebutuhan servis berkala berdasarkan data yang ada pada aplikasi My BMW dan kendaraan pelanggan.
Situasi lainnya adalah apabila terjadi kendala selama perjalanan, breakdown call secara otomatis terhubung dengan BMW Road Side Assistance.
Road Side Assistance atau RSA merupakan layanan yang diluncurkan beberapa tahun yang lalu, dimana saat terjadi kendala pada kendaraan BMW - kendaraan akan diderek dengan bebas biaya ke diler BMW terdekat dan layanan Seamless Mobility yang termasuk didalamnya kendaraan pengganti, akomodasi hotel, dan Mobile Technician, semua dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Yang tak kalah pentingnya, aplikasi ini juga memungkinkan pelanggan menghubungi Mitra Servis BMW mereka secara langsung dan memberikan gambaran lebih rinci mengenai kebutuhan dan biaya servis kendaraan mereka.
“BMW Connected Drive dan My BMW App mewakili masa depan teknologi otomotif, di mana konektivitas, kenyamanan, dan keamanan terintegrasi secara seamless untuk memberikan pengalaman berkendara yang tak tertandingi. Peluncuran BMW ConnectedDrive di BMW Seri 3 dan di seluruh jajaran model NIK 2024 BMW menandakan komitmen terhadap inovasi dan digitalisasi dan menjadikan BMW kendaraan premium dengan layanan digital terbaik di Indonesia,” tukas Jodie.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.