Pilihan Mesin Nissan X-Trail 2021 Yang Cocok Untuk Indonesia. Mesin 3-Silinder 1.5 Turbo atau e-Power Turbo?
Budi · 25 Mei, 2021 07:00
0
0
Tampil debut di ajang Shanghai Auto Show 2021, China pada April lalu, generasi terbaru Nissan X-Trail hadir dengan pilihan mesin yang menggoda. Di Shanghai, Nissan X-Trail 2021 diperkenalkan dengan mengusung mesin 3-silinder 1.5L plus turbocharger, namun berita terkini menyebutkan, bahwa Nissan X-Trail terbaru yang akan diluncurkan di Jepang bakalan mengusung mesin berteknologi e-Power turbo, serupa dengan generasi terbaru Nissan Qashqai yang diluncurkan di Benua Eropa.
Di pasar Indonesia, generasi Nissan X-Trail berkode T32 saat ini masih ditawarkan dengan mengusung mesin 4-silinder 2,5 Liter yang berbanderol Rp576 juta. Sebelumnya, Nissan Indonesia juga sempat memperkenalkan Nissan X-Trail Hybrid di Tanah Air. Saat ini, Nissan sudah memiliki Nissan Kicks yang mengusung teknologi e-Power. Lalu, mana mesin yang paling cocok dengan pasar Indonesia untuk generasi Nissan X-Trail terbaru?
Nissan X-Trail 2021 di China menggunakan mesin 3-Silinder 1.5L Turbocharger
Untuk pasar China, Nissan X-Trail menggunakan mesin 3-silinder 1.5 Turbo dengan rasio kompresi variable sebagai fitur unggulannya. Mesin 1.5T VC-Turbo ini memiliki rasio kompresi yang dapat berubah-ubah mulai dari 8:1 hingga 14:1 secara cerdas sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimal 206 PS dengan torsi puncak hingga 300 Nm.
Nissan X-Trail 2021 hadir pertama kali di Shanghai Auto Show 2021
Mesin kecil dengan imbuhan turbo ini jelas menawarkan keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar, namun dengan performa yang juga tak bisa dianggap remeh. Jika masuk ke Indonesia, Nissan X-Trail 2021 dengan mesin baru ini akan menantang langsung Honda CR-V dan Mazda CX-5 di pasar medium SUV. Di China, mobil ini ditawarkan dengan opsi penggerak dua roda depan (2WD) atau penggerak empat roda (4WD).
Mesin Nissan X-Trail 2021 bertenaga maksimal 206 PS dengan torsi puncak 300 Nm
Salah satu kelemahan yang perlu dikhawatirkan dari penggunaan mesin 3-silinder ini adalah getaran yang dihasilkannya. Meski begitu, perkembangan teknologi yang digunakan Nissan seharusnya sudah dapat meminimalisir kekurangan ini.
Di Jepang, Nissan X-Trail 2021 akan Pakai Teknologi e-Power Turbo
Meski akan mengusung sosok yang sama dengan di China, namun jantung pacu Nissan X-Trail 2021 yang digunakan di Negeri Matahari Terbit diperkirakan akan berbeda. Di Jepang, Nissan X-Trail disebutkan akan menggunakan mesin berteknologi e-Power Turbo yang serupa dengan mesin Nissan Qashqai yang dijual di Eropa.
Di Jepang, Nissan X-Trail 2021 akan mendapatkan mesin serupa Nissan Qashqai di Eropa
Mesin ini dipilih mengingat regulasi soal emisi gas buang di Jepang yang semakin ketat, namun di sisi lain Nissan X-Trail juga memerlukan performa yang cukup untuk bersaing dengan rival-rivalnya. Berpadu dengan teknologi e-Power, mesin konvensional yang dipilih untuk bersanding dengan motor listrik pada X-Trail diperkirakan adalah mesin 1.5 turbo juga.
Alhasil tenaga puncak yang ditawarkan adalah kombinasi tenaga 206 PS dan torsi 300 Nm dari mesin 1.5L turbo dengan motor listrik e-Power yang menghasilkan tenaga 114 PS dan torsi maksimal 280 Nm. Angka ini jelas akan memberikan performa lebih dahsyat dibandingkan Nissan X-Trail di China yang hanya mengandalkan mesin 3-silinder 1.5L Turbo.
Interior Nissan X-Trail 2021 tampak mewah
Tak dapat diragukan jika teknologi e-Power tak hanya memberikan efisiensi bahan bakar, namun juga performa yang lebih hebat. Meski begitu, kecanggihan teknologi ini bisa menjadikan biaya perawatan Nissan X-Trail 2021 lebih tinggi.
Penggunan teknologi e-Power Turbo memang menyuguhkan keunggulan soal performa dan efisiensi. Namun pastinya akan berdampak pada harga jual yang tinggi, termasuk biaya perawatannya. Sementara penggunaan mesin konvensional 3-silinder 1.5L Turbo seperti yang telah dijual di China sepertinya sudah lebih dari cukup untuk memberikan efisiensi bahan bakar yang dibutuhkan untuk melawan rivalnya.
Mana pilihan mesin terbaik untuk Nissan X-Trail 2021 di Indonesia?
Di Indonesia, Honda CR-V sudah memberikan bukti bahwa penggunaan mesin berkapasitas kecil dengan imbuhan turbocharger pada model SUV dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Meski begitu, pemilihan mesin 3-silinder yang dimiliki Nissan memang bisa menjadi keraguan bagi konsumen Tanah Air dalam memilih Nissan X-Trail 2021. Kuncinya ada pada bagaimana Nissan di Indonesia menyuguhkan informasi terbaik soal keunggulan teknologi yang dimilikinya.
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius.
Facebook: budityas
Instagram: budityasbebe