Segini Biaya Service Nissan Serena e-Power di Bengkel Resmi, Mobil listrik yang Nggak Perlu Ngecas
Enda · 27 Des, 2024 14:04
0
0
Rincian biaya service Nissan Serena e-Power akan kami sampaikan secara detail melalui ulasan ini. Serena e-Power merupakan mobil jenis MPV elektrifikasi berpenampilan boxy pesaing dari Toyota Voxy.
Mengusung teknologi e-Power seperti yang dipakai Nissan Kicks, Serena dengan kode bodi C28 ini meluncur secara resmi di Tanah Air melalui ajang GIIAS 2024. Bicara soal harga, untuk varian single tone mobil ini ditawarkan Rp635 juta, dan Rp639,5 juta OTR Jakarta pada model two-tone.
Serena e-Power menggunakan full penggerak listrik tanpa plug-in charger yang ramah lingkungan. Tanpa plug-in charger, daya listriknya diperoleh dari mesin ICE (Internal Combustion Engine) yang berfungsi sebegai generator.
Daya listrik yang dihasilkan kemudian disimpan ke dalam baterai sebelum diteruskan ke motor penggerak untuk membuat mobil berjalan.
Berbeda dengan mobil listrik murni, untuk perawatan Serena e-Power seperti mobil hybrid dan konvensional pada umumnya. Mengetahui berapa total biaya service Nissa Serena e-Power di bengkel resmi sampai dengan pemakaian 100.00 km, berikut adalah rinciannya.
Biaya Service Nissan Serena e-Power di Bengkel Resmi
Perlu diketahui bahwa biaya service Nissan Serena e-Power di bengkel resmi yang akan kami sampaikan pada ulasan kali ini merupakan estimasi dan dapat berbeda-beda berdasarkan diler dan kota. Untuk biaya juga belum termasuk layanan tambahan yang ditawarkan oleh pihak diler dan disetujui oleh konsumen.
Sebagai catatan, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) memberikan gratis biaya jasa maupun suku cadang Serena e-Power hingga pemakaian 50.000 km atau 30 bulan setelah pembelian. Selanjutnya pemilik baru akan dikenakan biaya jasa maupun penggantian suku cadang ketika mobil memasuki service pada pemakaian 60.000 km atau 3 tahun setelah pembelian.
1. Pemakaian 60.000 Km
Karena masih menggunakan mesin ICE yang berfungsi sebagai generator untuk menghasilkan daya listrik, maka service pada pemakaian 60.000 km parts yang diganti meliputi oli mesin, filter oli dan ring oli gasket.
Tak lupa juga filter udara dilakukan penggantian untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin agar tetap sehat. Selain mesin, pengecekan fisik lainnya juga dilakukan pada motor listrik, baterai, sistem pengereman, serta kelistrikan.
Biaya yang dihabiskan ketika melakukan service Nissan Serena e-Power untuk pemakaian 60.000 km termasuk dengan jasa yakni sebesar Rp2.534.241.
2. Pemakaian 70.000 Km
Memasuki pemakaian 70.000 km, service Nissan Serena e-Power pada periode ini hanya menghabiskan biaya Rp1.433.121. Biaya tersebut sudah termasuk jasa dan penggantian parts.
Suku cadang yang diganti hanya oli mesin, filter oli dan ring oli gasket. Tak lupa pengecekan lainnya tetap dilakukan sebagai SOP yakni motor listrik, baterai, sistem pengereman, kelistrikan dan beberapa bagian penting lainnya.
3. Pemakaian 80.000 Km
Tidak seperti service sebelumnya, perawatan dan perbaikan Serena e-Power untuk pemakaian 80.000 km di bengkel resmi menghabiskan biaya lebih banyak dari service sebelumnya yang mencapai Rp3.387.159 termasuk jasa. Suku cadang yang diganti mulai dari oli mesin, filter oli, ring oli gasket, filter AC, minyak rem dan filter udara.
Untuk bagian lainnya yang dilakukan pengecekan masih sama seperti service sebelumnya.
4. Pemakaian 90.000 Km
Service Serena e-Power di bengkel resmi untuk pemakaian 90.000 km menghabiskan biaya yang sama seperti ketika melakukan perbaikan pada penggunaan 70.000 km.
Berdasarkan data yang tercantum, biaya yang dihabiskan untuk service kali ini hanya Rp1.433.121 sudah termasuk jasa dan penggantian parts.
Suku cadang yang diganti oli mesin, filter oli dan ring oli gasket serta pengecekan lainnya.
5. Pemakaian 100.000 Km
Serena e-Power ketika melakukan perawatan di bengkel resmi dengan pemakaian 100.000 km habiskan biaya mencapai Rp3.703.071. Biaya tersebut sudah termasuk dengan jasa, pengecekan, dan penggantian spare part seperti oli mesin, filter oli, ring oli gasket, filter udara dan busi.
Serena e-Power sebagai salah satu mobil keluarga yang sangat populer di Jepang dan beberapa negara lainnya. Memiliki slogan “Harmony in Every Journey”, mobil ini hadir dengan membawa konsep Big, Easy dan Fun yang mana memberikan ketenangan dan keamanan dalam setiap perjalanan.
Big
Konsep Big yang diusung pada mobil ini berarti besar. Serena e-Power menawarkan dimensi kabin yang luas dan seating arrangement yang fleksibel untuk menjadikan pengemudi dan penumpang dapat menikmati setiap perjalanan bersama keluarga dengan nyaman dan menyenangkan.
Easy
Serena e-Power dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan penumpang untuk menikmati perjalanan mereka. Fitur seperti dual back door dan touchless sliding door akan memberikan kemudahan pada saat memasukan dan mengeluarkan barang bawaan ke dalam mobil.
Fun
Fun secara konsep yang diusung pada Serena e-Power menjanjikan perjalanan keluarga yang menyenangkan. Dikarenakan mobil ini didukung oleh fitur Nissan Connect yang memungkinkan penumpang untuk tetap terkoneksi dengan Apple Car Play dan atau Android Auto sehingga perjalanan akan terasa mengasyikan.
Serena e-Power dijejali dengan fitur ADAS yang dinamai ProPilot 2.0. Fitur keselamatan ProPilot 2.0 memungkinkan mobil untuk berakselerasi, mengerem, dan berbelok sendiri di jalur lurus, yang menyuguhkan rasa berkendara lebih aman dan nyaman.
Fitur ProPILOT Assist memanfaatkan kamera dan sensor radar, yang mendeteksi marka jalur dan kendaraan di sekitar. Berikut fitur ProPilot 2.0 pada Serena e-Power.
Intelligent Cruise Control (ICC)
Intelligent Forward Collision Warning
Intelligent Emergency Braking
Predictive Forward Collision Warning (PFCW)
Forward Collision Warning (FCW)
Forward Emergency Braking (FEB)
Lane Keeping Assist (LKA)
Lane Departure Warning (LDW)
Lane Departure Prevention (LDP)
Intelligent Blind Spot Intervention (IBSI)
Blind Spot Warning (BSW)
Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Intelligent Driver Attention Alert
High Beam Assist
Jantung Pacu Serena e-Power
Serena C28 menggunakan teknologi e-Power generasi kedua yang dipersenjatai mesin HR14DDe-EM57 bensin 1.400 cc 3-silinder segaris. Seperti yang disampaikan sebelumnya, mesin ini bertugas sebagai generator untuk melakukan pengisian daya pada baterai sebelum diteruskan ke motor litsrik. Jadi untuk menggerakan mobil seutuhnya menggunakan motor listrik seperti kendaraan BEV.
Memanfaatkan sistem kerja e-Power, motor listrik yang digunakan sanggup meletupkan tenaga 163 PS serta torsi sebesar 315 Nm. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan di Jepang untuk penggunaan bahan bakar yang berkerja sebagai generator tersebut dapat mengkonsumsi BBM dengan jarak tempuh 22,5 km/liter.
Teknologi e-Power yang digunakan mendapat banyak pujian dan penghargaan. Teknologi inovatif ini memungkinkan pengendara menikmati pengalaman berkendara mobil listrik sepenuhnya tanpa membutuhkan plug-in charger, sehingga menjadikannya lebih praktis, dan hemat waktu.
Menariknya mobil ini juga dilengkapi teknologi Nissan Intelligent Driving dengan penggunaan e-Pedal. Kehadiran fitur ini memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.