Generasi kedua Honda Jazz tipe A disebut-sebut merupakan versi lama (S) yang dipertahankan, namun memiliki sejumlah fitur yang didowngrade.
Jika dilihat, antara Jazz 2013 tipe A dan S sekilas terlihat sama untuk tampilan eksteriornya tidak dilengkapi body kit baik di bumper maupun side skirt.
Menggunakan grill dengan bentuk heksagonal, pada tipe S sudah diberi sentuhan aksen krom yang membuat tampilannya terlihat lebih mewah.
Beranjak ke bagian samping, kedua tipe sama-sama disematkan velg berukuran 15 inci, tetapi pada varian terendahnya masih menggunakan velg kaleng dengan dop.
Tak hanya itu, perbedaan lainnya terletak pada spion samping yang mana tipe S sudah diaplikasikan lampu sein pada cover.
Oh iya, untuk spion samping tipe A diletakan di fender depan, dan cover spion serta handle pintu yang dilabur warna hitam.
Bergeser ke buritan, kedua varian ini sama-sama mendapatkan high mount stoplamp, defogger dan juga wiper belakang.
Untuk diketahui tipe S baik high mount stoplamp maupun lampu blakangnya sudah dibekali teknologi LED yang terlihat lebih modern.
Tipe Terendah Tidak Dilengkapi Telescopic Steering
Melihat tampilan dalam daripada keduanya, Jazz 2013 untuk tipe A dibenamkan head unit single din pada center clusternya yang mendukung format CD, radio, MP3 dan AUX.
Sedangkan varian satu tingkat diatasnya, Jazz S sudah mengaplikasihan head unit 2din yang kompatibel dengan iPod, iPhone, USB, CD dan MP3.
Selain sistem hiburan yang berbeda, tipe A untuk pengaturan setirnya hanya dibekali fitur tilt steering.
Sedangkan pada varian S, pabrikan sudah menyematkan tilt&telescopic yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi tinggi-rendah maupun maju-mundurnya setir dan kaca pada sunvisor.
Sekedar informasi, mulai dari tipe paling murah Jazz GE8 sudah dilengkapi ultra seat yang menyuguhkan keluasan kabin dan serba praktis.
Seperti diketahui fitur ultra seat pada mobil ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode yang dapat disesuaikan akan kebutuhan pengguna.
Fitur Keselamatan Honda Jazz GE8 Tipe S Lebih Komplit
Jazz GE8 tipe A dan S sama-sama dilengkapi ABS maupun EBD pada sistem pengeremannya yang mencegah tergelincirnya roda ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.
Namun pada tipe S, remnya sudah menggunakan cakram di semua roda yang memudahkan penggunanya ketika melakukan deselerasi, sedangkan tipe A rem belakangnya mengandalkan tromol.
Bicara keamanan berkendara, tipe S mendapatkan keyless entry dan alarm system, sedangkan tipe A hanya mengandalkan kunci dengan immobilizer.
Tipe A Tidak Memiliki Transmisi Matic
Honda Jazz GE8 dibekali mesin L15A 4-silinder segaris SOHC i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang memiliki performa paling besar di kelasnya.
Meilhat data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan sebesar 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.
Pada varian terendah, Jazz A dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, sedangkan tipe diatasnya mendapatkan opsi transmisi matic 5-percepatan torque converter,
Menariknya, transmisi matic yang digunakan dilengkapi Grade Logic Control untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan yang berbukit.
Lainnya terdapat teknologi Shift Hold Control berfungsi untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan berliku.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.