Eksistensi mobil ini mampu bertahan hingga 2014 sebelum digantikan oleh generasi berikutnya, yakni Jazz GK5.
Sebagai informasi, generasi kedua Honda Jazz untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua varian, S dan RS.
Keduanya sama-sama ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dengan opsi transmisi otomatis 4-percepatan yang dilengkapi paddle shift di tipe teratas.
Memiliki performa paling besar di kelasnya, kemampuan yang dimiliki mesin L15A 1.500 cc dari Jazz GE8 ini sanggup memeras tenaga hingga 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.
Mesin L15A
Jazz GE8 juga memiliki fitur modern serta ruang kabin fleksibel.
Ini bisa tercipta lantaran joknya disematkan fitur ultra seat yang mana penggunanya bisa dengan bebas mengatur posisi jok sesuai kebutuhan.
Fitur ultra seat pada generasi kedua Honda Jazz terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.
Dan menariknya mobil ini juga memiliki ruang bagasi terbesar di kelasnya sehingga sangat cocok untuk kalian yang gemar berpergian ke luar kota.
Bicara harga sekennya, Honda Jazz GE8 bekas kini ditawarkan mulai dari Rp100 jutaan.
Tetapi lagi-lagi kami ingatkan, setiap produk selain ada kelebihan juga pasti punya kekurangan.
Nah ebelum membeli Honda Jazz GE8 bekas, simak dulu beberapa kekurangannya di bawah ini.
1. Beli Honda Jazz GE8 Bekas Waspada di Kaki-kaki Depan
Karet-karet di suspensi biasanya mulai getas atau robek
Kekurangan pertama yang biasa dialami pemilik mobil ini yaitu timbul gejala di kaki-kaki depan.
Menggunakan penggerak Front-wheel Drive, mobil ini seringkali mengalami masalah di bagian suspensi depan yakni timbulnya suara asing seperti ‘gluduk’ ketika melewati jalan keriting.
Hal ini biasanya diakibatkan karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia.
Selain itu juga ada baiknya ketika melewati jalan rusak untuk mengurangi kecepatan.
Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan komponen kaki-kaki.
2. Suspensi Bukan yang Paling Nyaman
Nyaman ketika hanya dipakai satu atau dua penumpang
Memiliki handling lincah dan stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi atau bermanuver, ternyata berdampak pada bantingan yang dihasilkan.
Ketika melewati jalan yang rusak maupun speed bump, untuk bantingannya mobil ini terbilang moderat.
Dengan begitu bantingan suspensinya bisa dibilang tidak empuk dan juga tidak keras.
Untuk membuatnya terasa lebih empuk namun tetap stabil, mungkin pemilik bisa menggantinya dengan produk aftermarket.
Kelemahan berikutnya yang terdapat pada mobil ini yaitu sistem peredam.
Dimana untuk peredam kabinnya terbilang tipis sehingga masih dapat mendengar suara kendaraan lain dari luar maupun gesekan antara ban dengan aspal.
Tentunya ini akan sedikit mengurangi kenyamanan berkendara.
Demi mengatasi hal tersebut, kalian bisa menambahkan pelapis peredaman untuk kabin dari produk aftermarket, terutama di bagian pintu, atap, dan lantai.
4. Suhu Mesin Cepat Panas
Mesin Jazz cepat panas
Honda Jazz GE8 bekas pada beberap kasus kerap dijumpai suhu mesinnya cepat panas.
Peningkatan suhu mesin yang terbilang cepat bisa disebabkan karena mobil ini memiliki kompresi yang terbilang tinggi.
Belum lagi jika pemilik sebelumnya tidak rutin melakukan perawatan berkala pada kendaraan tersebut.
Untuk itu sebaiknya selalu mengecek sistem pendingan mesin meliputi radiator serta extra van.
Karena tidak sedikit kasus menimpa pemiliknya, dimana kipas pendingin mesin mobil ini mati satu sehingga tidak dapat menurunkan suhu mesin dengan cepat.
5. Ground Celarance Rendah
Ground clearance Jazz rendah
Terakhir kekurangan Honda Jazz GE8 yang wajib menjadi perhatian yakni ground clearance.
Sebab untuk jarak antara permukaan tanah dengan kabin bagian bawahnya hanya 150 mm, bahkan cuma 135 mm pada tipe RS.
Untuk itu ketika melewati jalan berkontur atau speed bump terlebih membawa penumpang penuh, ada baiknya melaju pada kecepatan rendah dan berhati-hati supaya bagian bawah mobil tidak rusak.
Kasus side skirt penyok atau robek, serta bagian bawah bemper depan yang rusak, sering ditemukan pada Honda Jazz GE8 bekas akibat ground clearance rendah ini.
Berdasarkan data terkini yang diambil dari Mobil123.com, mengenai penjualan mobil bekas Honda Jazz tahun 2008-2013, terungkap beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan bagi calon pembeli.
Harga Honda Jazz bekas tahun 2012-2013 menunjukkan variasi yang signifikan, berkisar antara Rp 125.000.000 hingga Rp 180.000.000.
Terdapat penawaran khusus dan diskon, dengan harga termurah mungkin ditemukan dalam penawaran kredit dengan uang muka (TDP) sekitar Rp 12.000.000 - Rp 15.000.000.
Kendaraan Honda Jazz bekas umumnya memiliki total jarak tempuh (kilometer) berkisar antara 55.000 km hingga 150.000 km.
Beberapa mobil menawarkan kilometer rendah, di bawah 100.000 km, sementara yang lain memiliki total jarak tempuh yang lebih tinggi.
Calon pembeli perlu mempertimbangkan faktor ini untuk mendapatkan kendaraan sesuai kebutuhan dan budget.
Sebagian besar Honda Jazz bekas yang dianalisis dilengkapi dengan transmisi otomatis (AT), tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan transmisi manual (MT).
Pilihan transmisi dapat menjadi pertimbangan utama bagi calon pembeli yang memiliki preferensi tertentu.
Mobil bekas Honda Jazz ini dapat ditemukan di berbagai lokasi, termasuk DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan sekitarnya.
Distribusi yang luas ini memberikan fleksibilitas kepada calon pembeli untuk menemukan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus melakukan perjalanan jauh.
Sebagai saran akhir, para calon pembeli disarankan untuk melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi kendaraan, riwayat perawatan, dan melakukan pembelian melalui dealer yang terpercaya untuk mendapatkan pengalaman pembelian yang memuaskan.
Harga Honda Jazz Bekas 2009-2013
No.
Tahun
Deskripsi
Harga (Rp)
Kilometer
Transmisi
Lokasi
1
2009
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback
105,000,000
85,000 - 100,000 KM
Automatic
Jawa Barat
2
2010
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback - TDP 6 JUTA Kredit KTP d...
115,000,000
115,000 - 125,000 KM
Automatic
DKI Jakarta
3
2010
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback - DP 15 jt, FULL ORI AT A...
120,000,000
125,000 - 135,000 KM
Automatic
DKI Jakarta
4
2011
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback - M T ( Manual ) 2012 Sil...
125,000,000
130,000 - 135,000 KM
Manual
Jawa Barat
5
2011
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback - 1,5 At Istimewa Bisa Kr...
135,000,000
115,000 - 125,000 KM
Automatic
Jawa Barat
6
2012
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback Bekas (Manual)
135,000,000
115,000 KM
Automatic
DKI Jakarta
7
2012
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback - ( TDP 9jt ) 1,5 AT Silv...
140,000,000
100,000 - 115,000 KM
Automatic
DKI Jakarta
8
2013
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback 11Bekas
150,000,000
105,000 - 110,000 KM
Automatic
DKI Jakarta
9
2013
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback - ISTIMEWA
150,000,000
107,000 KM
Automatic
Not specified
10
2013
Honda Jazz 1.5 RS Hatchback 21Bekas
136,500,000
100,000 KM
Automatic
Banten
Kesimpulan
Varian RS menjadi fokus utama dalam ulasan kendaraan ini, menunjukkan bahwa sebagian besar kendaraan yang dipertimbangkan adalah varian RS.
Varian RS dikenal sebagai varian yang lebih sporty dan sering kali dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang menarik bagi para konsumen yang menginginkan pengalaman berkendara yang dinamis dan bergaya.
Selain itu, penawaran kredit juga menjadi sorotan dalam ulasan ini. Beberapa penawaran mencakup opsi kredit dengan uang muka (TDP) yang beragam, memberikan pelanggan fleksibilitas pembayaran yang lebih besar.
Hal ini dapat menjadi faktor penting bagi mereka yang mencari opsi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan mereka.
Informasi tambahan yang disertakan mengenai warna, plat nomor, dan masa berlaku pajak kendaraan turut memperkaya ulasan ini.
Dengan menyediakan data mengenai warna kendaraan dan informasi administratif seperti plat nomor serta masa berlaku pajak, pembeli potensial dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang kendaraan yang mereka pertimbangkan untuk dibeli.
Dengan melihat rentang harga, kondisi kendaraan, tipe transmisi, dan distribusi lokasi penjualan, dapat disimpulkan bahwa Honda Jazz GE8 bekas menawarkan variasi yang cukup dalam hal harga dan spesifikasi.
Hal ini memberikan peluang bagi calon pembeli untuk menemukan kendaraan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.