Serba-serbi Mitsubishi Jetstar, DNA Daihatsu Hijet yang Cuma Seumur Jagung
Yongki Sanjaya · 12 Sep, 2024 17:02
0
0
Nama Mitsubishi Jetstar mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Tak heran memang, mengingat mobil berdimensi compact ini usianya memang cukup singkat di pasar otomotif Indonesia.
Awal kehadirannya dulu, Mitsubishi Jetstar diposisikan untuk melawan Suzuki Carry. Tapi ternyata, rivalnya itu yang lebih melegenda dan dikenal hampir semua kalangan.
Namun begitu, Jetstar yang hadir dengan tipe bodi minibus dan pick up sebenarnya cukup laris di kalangan masyarakat. Apalagi pabrikan berlogo tiga berlian itu juga tersohor karena piawai membuat kendaraan niaga dengan menciptakan suatu produk yang lebih unggul.
Contohnya pun banyak, antara lain sebut saja Mitsubishi Colt T120, Mitsubishi L300, Mitsubishi Colt Diesel , Mitsubishi Fuso dan Bus Mitsubishi BM / RM, yang jadi pilihan para pengusaha di Indonesia akibat keunggulan produk-produk tersebut.
Kalau melihat rupa dari Mitsubishi Jetstar, kalian mungkin akan terbesit sosok Hijet 1000. Yes, Jetstar dan Hijet ini memiliki DNA yang sama. Jetstar menjadi wujud kerjasama Mitsubishi dengan Daihatsu yang hadir pada September 1986. Konon nama Mitsubishi Jetstar diambil dari gabungan kata Hijet (Daihatsu Hijet) dan Star (logo 3 berlian Mitsubishi yang mirip bintang).
Jetstar ini hadir sebagai penerus Mistubishi L100. Desain kotak dengan ukuran minimalisnya begitu khas Hijet 1000. Keberadaan Jetstar ini tidak banyak, dan biasanya kita bisa temukan di daerah pegunungan seperti Temanggung, Magelang, Malang dan daerah Sumatra.
Jetstar saat itu ditawarkan dalam tiga varian yakni Jetstar Pick Up, Jetstar Minibus Original dan Jetstar Bus Chassis yang banyak dibangun body minibus oleh industri karoseri. Bahkan, Mitsubishi Jetstar juga populer digunakan sebagai basis mobil angkot di beberapa kota.
Jetstar pick up merupakan varian pick up kecil yang ditujukan buat pengusaha kecil dan menengah, menyasar konsumen di kawasan pedesaan. Sementara Jetstar Minibus merupakan model bodel minibus yang diracik oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang kemudian lebih populer dengan sebutan Jetstar Permorim. Jetstar minibus original dipasarkan dalam dua trim yaitu Jetstar Royal dan Jetstar Diplomat.
Adapun Jetstar bus chasis digunakan sebagai basis kendaraan komersial jenis bis oleh karoseri pada era 1980-an. Apalagi kala itu merupakan masa jaya Industri Karoseri di Indonesia, sebur saja New Armada, Gajah Mada, Podo Joyo, Arindo, dan lainnya.
Selain digunakan oleh pribadi, Jetstar juga sangat digemari oleh pengusaha angkutan umum pada masa itu, Jetstar banyak digunakan sebagai angkota di kota kota besar Indonesia seperti Semarang dan Surabaya.
Rancang bangun Jetstar ini menggunakan body bikinan Mitsubishi sementara dari mesin memakai kepunyaan Daihatsu, yang kemudian digunakan mesin Kei Car 3 silinder berkapasitas 1000cc, mesin bensin dengan kode CB20. Walau menggunakan mesin sama, namun Mitsubishi memberikan sentuhan khasnya yang membuat mesin tersebut lebih bertenaga.
Sayangnya umur Mitsubishi Jetstar tidak lama, karena produksi Jetstar di hentikan pada 1989 oleh KTB. Meski begitu, biar kalian lebih mengenai motuba (mobil tua bangka) yang satu ini, mari baca sampai habis serba serbi mengenai Mitsubishi Jetstar berikut ini.
Mesin Mitsubishi Jetstar Lebih Galak di Pegunungan
Pihak KTB, yang sekarnag berganti nama menjadi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku produsen, memberikan sentuhan di bagian mesin Mitsubishi Jetstar sehingga sensasi berkendaranya berbeda dengan Daihatsu Hijet.
Racikan khusus ini antara lain di bagian inlet manifold dan exhaust manifold dengan proses polishing, sehingga mempunyai karakteristik tersendiri khas Mitsubishi. Akibatnya performa semakin oke karena ukuran filter udaranya lebih besar sehingga tarikan Jetstar terasa lebih mumpuni.
Mesin dengan konfigurasi 3 silinder berkapasitas 1000cc ini di atas kertas mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 52 ps dan torsi maksimal 75 nm. Kemampuannya cukup perkasa di tanjakan sehingga pangsa pasarnya kebanyakan dari wilayah kota pegunungan seperti Magelang, Temanggung atau Wonosobo.
Selain punya mesin lebih kuat karena mendapat racikan khusus dari Mitsubishi Indonesia, namun kelebihan berikutnya dari Jetstar adalah soal perawatan kendaraan ini.
Berbagi mesin dengan Daihatsu menjadi keuntungan bagi pemilik Jetstar. Itu bertari urusan sparepart mesin tergolong mudah dan murah, tidak seperti Mitsubishi lainnya.
Dengan begini, perawatan mobil tersebut juga jadi lebih mudah.
Jenis dan Varian Mitsubishi Jetstar, Bervariasi Sesuai Kebutuhan
Pada era 1980-an, cukup banyak pabrikan yang merancang kendaraan serba bisa. Maksudnya, satu basis kendaraan Mitsubishi Jetstar bisa diolah menjadi minibus atau pick up. Berikut ini perbedaan varian minibus bikinan pabrikan dengan karoseri lokal.
Jetstar Minibus Original
Jetstar Minibus Original merupakan produk minibus yang dibuat oleh KTB , yang kemudian lebih populer dengan sebutan Jetstar Permorim. Jetstar minibus original dipasarkan dalam dua trim yaitu Jetstar Royal dan Jetstar Diplomat.
Jetstar Royal merupakan tiper tertinggi, dilengkapi dengan interior yang cukup mewah, sliding door, AC original Denso, ban radial serta body stripe kashizawa, bahkan pada tipe ini bangku tengah bisa diputar kearah belakang.
Pada tipe ini punya fitur yang cukup keren pada masanya, seperti adanya spoiler belakang, headrest, velg racing, dan batang besi pelindung bemper depan hingga tape merk Panasonic.
Sedangkan Jetstar Diplomat merupakan tipe standar tanpa memiliki fitur layaknya tipe Royal. Jetstar Diplomat hanya dilengkapi dengan sliding door.
Jetstar Bus Chassis
Jetstar bus chasis inilah yang kemudian digunakan sebagai basis kendaraan oleh karoseri lain, termasuk dijadikan basis mobil angkot. Ini karena pada era 80an merupakan masa jaya Industri Karoseri di Indonesia. Adapun karoseri yang pernah menggarap body Jetstar yaitu New Armada, Gajah Mada, Podo Joyo, atau Arindo.
Setelah Jetstar disuntik mati, penerus baru muncul pada 1991 melalui Mitsubishi Colt T120SS yang dibangun dengan kerja sama kepada Suzuki.
Mitsubishi Jetstar merupakan kendaraan hasil kolaborasi antara Mitsubishi dan Daihatsu yang menjadi kembaran Daihatsu Hijet 1000. Secara desain, Jetstar memiliki banyak kesamaan dengan Daihatsu Hijet, karena kedua mobil ini berbagi platform.
Namun, Jetstar tetap mempertahankan identitas Mitsubishi, khususnya dari segi bodi yang dirancang oleh Mitsubishi, memberikan karakteristik yang berbeda dari Hijet meskipun secara umum tampilannya serupa.
Keunikan dari Mitsubishi Jetstar terletak pada kombinasi komponen yang digunakan, yaitu mesin dari Daihatsu. Meskipun memakai mesin Daihatsu, Mitsubishi Jetstar hadir dengan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan Daihatsu Hijet. Hal ini memberikan performa yang lebih baik saat digunakan, terutama ketika membawa muatan atau digunakan dalam perjalanan jarak jauh.
Selain itu, karena berbagi komponen dengan Daihatsu, suku cadang Mitsubishi Jetstar mudah didapat dan sama dengan yang digunakan pada Daihatsu Hijet 1000. Ini menjadi keuntungan bagi pemilik, karena tidak perlu khawatir kesulitan mencari suku cadang, sehingga perawatannya menjadi lebih mudah dan murah.
Menariknya lagi, Jetstar hadir dengan ragam tipe bodi, ada pick up, minibus hingga sasis bus. Dengan segala kelebihannya, mobil ini sekarang menjadi pilihan menarik bagi kalian yang mencari kendaraan niaga kecil dengan performa kuat khas Mitsubishi
Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget.
FB:Yongki Sanjaya Putra