window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?

Adit · 13 Mei, 2024 12:01

toyota rush gr sport

Toyota Rush GR Sport yang telah meluncur sejak Agustus 2021, resmi menggantikan varian Rush TRD Sportivo.

Bahkan penamaan GR Sport mengganti TRD Sportivo ini bukan cuma sekedar terjadi di Toyota Rush, namun seluruh varian TRD Sportivo dari Toyota yang dijual secara global.

Penggantian nama ini menyusul pengumuman perusahaan yang mulai memakai nama Gazoo Racing (GR) untuk seluruh lini produk mereka yang bertema sporty.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alhasil, selain Rush, untuk produk Toyota di Indonesia yang sebelumnya juga sudah ada varian TRD Sportivo seperti Agya, Yaris, hingga Fortuner, semuanya berubah pakai nama GR Sport.

toyota rush gr sport

Rush GR Sport pre facelift

Balik lagi ke Toyota Rush GR Sport, mobil baru itu rupanya tak sekadar membawa sejumlah ubahan sektor eksterior.

Dibanding Toyota Rush TRD Sportivo, varian terbaru itu juga dijejali beberapa fitur baru, tak heran harga Toyota Rush GR Sport pun kala itu naik sekitar Rp 5 jutaan dibanding Rush TRD Sportivo.

Selanjutnya di April 2024, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melakukan peremajaan untuk Rush GR Sport.

Improvement yang dilakukan penyasar sisi eksterior dan interior, sementara soal spesifikasi teknisnya masih ttap dipertahankan.

Harga Toyota Rush terbaru 2024:

  • Rush G MT: Rp 284.400.000
  • Rush G AT: Rp 295.200.000
  • Rush GR Sport MT: Rp 299.750.000
  • Rush GR Sport AT: Rp 310.450.000

Bagi kalian yang tertarik meminangnya tapi belum mengetahui secara rinci perbedaan antara Toyota Rush GR Sport vs Rush TRD Sportivo yang baru, berikut ini ulasan lengkapnya. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Rush 2024, Beli di Auto2000 Bisa Dapat Hadiah Umroh atau Liburan ke Eropa

1. Toyota Rush GR Sport Pakai Bumper Depan yang Berbeda

toyota rush gr sport

Tampak depan Rush GR Limited vs Rush TRD Sportivo

Sekilas bila melihat keduanya seperti tampak tak ada perbedaan, namun jika diteliti lagi, maka terkuak detail diferensiasinya.

Contohnya pada area depan, walaupun desain bumper-nya terlihat sama, desainer Toyota mengubah detil fisiknya biar terlihat beda.

Antara lain dari desain housing lampu kabut yang dulunya serba hitam kini ditambahkan garis horizontal yang mengikuti warna bodi mobil. 

Kemudian desain underguard yang sebelumnya berwarna silver cerah, kini kelirnya hitam sehingga tampak lebih gelap dan tanpa tambahan garis merah.

Makanya boleh dibilang Rush GR Sport, gabungan karakter sporty dan elegannya dari depan lebih terpancar daripada versi TRD Sportivo.

2. Sisi Samping Ada Sentuhan yang Juga Beda

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 03

Desain side body moulding juga terlihat berbeda

Lanjut ke samping, lagi-lagi varian GR Sport ini membuat Rush jadi lebih proporsional.

Sebab side body moulding yang sebelumnya berada hampir ke tengah pintu samping, kini letaknya makin ke bawah.

Bentuk komponen tambahan di pintu ini juga beda dari TRD Sportivo, kemudian dibubuhi emblem GR sebagai penanda.

Meski demikian, desain side skirt masih serupa sebelumnya, pun dengan desain velg tetap palang lima berdiameter 17 inci yang diselimuti ban dengan profil 215/60. 

Baca juga: 5 Varian Toyota GR Sport Sudah Resmi Meluncur, Ini Model dan Harga Lengkapnya

3. Tampilan Belakang Ikut Berubah Sedikit

toyota rush gr sport

Ada beberapa komponen bagian belakang kedua mobil ini yang berbeda

Selain area fascia depan, serta sisi kiri dan kanan bodi, jika dilihat dari belakang juga ternyata ada sejumlah perbedaan Toyota Rush GR SPort vs Rush TRD Sportivo.

Ya hanya sedikit memang, paling kentara ubahannya cuma di desain underguard.

Lekukannya tetap serupa, tapi seperti bagian depan tak ada lagi tarikan garis merah khas TRD Sportivo, sebagai gantinya pada bagian tengah dibubuhi warna yang lebih gelap menyesuaikan tampangnya. 

Urusan kelengkapan masih sama, lampu belakang sudah pakai LED, bumper ditambah dengan reflektor pada sisi kiri dan kanannya.

Lalu kaca belakang juga sudah dilengkapi rear wiper dan defogger, lantas ada juga spoiler atap pakai high mount stop lamp.

Serta sebagai identitas baru, disematkan juga emblem GR Sport pada sisi kanan pintu bagasi mengganti emblem TRD Sportivo di model sebelumnya.

4. Punya Fitur Penghemat Bensin

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 05

Fitur Auto Idling Stop untuk menghemat konsumsi BBM

Lanjut ke dalam mobil, semua masih tampak sama antara Rush GR Sport dan TRD Sportivo, bedanya beberapa logo TRD Sportivo kini diganti dengan GR Sport.

Kemudian di bagian dashboard sisi pengemudi, rupanya pada bagian kiri sudah ada Start/stop Button untuk mengaktifkan atau mematikan mesin mobil tanpa perlu memasukkan anak kunci.

Lantas di samping tombol berbentuk bulat itu juga sudah ada tombol dengan gambar mobil dengan ilustrasi jalan licin.

Ini adalah tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Vehicle Stability Control (VSC), sebagai fitur yang mampu membantu pengemudi menjaga kestabilan berkendara di jalanan yang licin.

Selanjutnya ada pula tombol baru yang simbolnya berupa huruf A yang dilingkari dan di bawahnya disertai tulisan OFF. 

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyebutnya tombol itu sebagai fitur Automatic Idling Stop System.

"Fitur idling stop ini dibutuhkan untuk lebih ramah lingkungan dan fuel economy. Fitur ini tidak dijual terpisah," katanya.

Baca juga: Tampilan Toyota Rush GR Sport Makin Keren, Tambah Fitur dan Harga Naik Rp5 Jutaan

5. Head Unit Baru Tanpa Pemutar CD

5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana? 06

Head unit baru Rush GR Sport

Bagi pengemudi yang suka dengar musik lewat CD, sayangnya tidak akan bisa lagi menerapkan hal tersebut di Toyota Rush GR Sport.

Sebab pabrikan telah mengganti head unit layar sentuhnya tanpa pemutar CD, alias semuanya sudah panel layar sentuh.

Dari informasi tenaga penjual Toyota, head unit anyar itu bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay atau Android Auto, sehingga kalian cukup mengkoneksikan ponsel ke layar head unit, dan memilih lagu-lagu kesayangan untuk diputar di perangkat tersebut, bisa melalui MP3 Player atau layanan musik streaming seperti Spotify.

Ada juga tambahan fitur pelipat spion, yang digembar-gemborkan Toyota sebagai barang baru, namun dari versi sebelumnya sebenarnya sudah ada.

Yang jadi pembeda hanyalah spion bisa menutup saat pintu dikunci, kemudian sebaliknya saat tombol Unlock pada remote kunci mobil ini ditekan, maka spion akan ikut terbuka. 

Toyota Rush GR Sport 2024

toyota rush gr sport 2024

Rush GR Sport facelift 2024

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, pada April 2024 lalu TAM juga sudah merilis versi facelift dari Rush GR Sport yang tentunya membawa sejumlah perubahan.

Adapun perubahan Rush GR Sport dapat dilihat dari tampang depan, berkat Black Glossy Front Grille Ornament serta desain bumper depannya juga dibuat baru yang kini hadir dengan warna Black Gloss untuk memberikan tampilan muka yang lebih segar dan mewah. 

Beberapa bagian eksterior dari Rush GR Sport facelift juga kini diberikan tema warna hitam, seperti Black Outer Mirror, Black Door Handle, Black Glossy Over Fender sampai emblem Dual VVT-i, dan GR Sport kini tak lagi disertakan. 

Selain itu, improvement lain ada pada desain baru Black Glossy Side Body Moulding yang penempatannya di pintu digeser lebih rendah, bersama desain baru pada Two-tone Alloy Wheel.

toyota rush gr sport 2024

Side Body Moulding posisinya lebih turun dan tanpa emblem GR Sport

Pada bagian belakang, Black Glossy Upper Door Garnish semakin mengentalkan nuansa sporty dan berkelas. 

Selaras bumper depan, New Design Black Glossy Rear Bumper Spoiler menampilkan postur tubuh yang lebih macho dan tangguh di belakang.

Adapun perubahan pada bagian interiornya adalah dipasangnya head unit layar sentuh 9 inch, serta kabin yang kini dominan hitam dengan logo GR Sport pada sandaran jok pengemudi dan penumpang depan serta jadi aksen di setir.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Daihatsu Terios Lebih Layak Dipilih Dibandingkan Toyota Rush Konde

Spesifikasi Toyota Rush GR Sport 2024
Dimensi
Panjang 4.435 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.705 mm
Jarak sumbu roda 2.685 mm
Jarak ke tanah 220 mm
Ukuran roda 215 / 60 R17
Kapasitas tangki BBM 45 liter
Mesin
Tipe mesin 2NR-VE 16 Valves DOHC Dual VVT-i
Kapasitas silinder 1.496 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 104 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 136 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
  Otomatis 4-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Belakang
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi belakang 5 Link Coil Spring with Lateral Rod and Stabilizer
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil