window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tidur di Mobil yang Parkir Sambil Menyalakan AC, Apakah Bahaya?

Yongki Sanjaya · 29 Mar, 2022 17:00

Tidur di Mobil yang Parkir Sambil Menyalakan AC, Apakah Bahaya? 01


Saat perjalanan jauh seperti mudik Lebaran atau berlibur ke luar kota, kita kadang perlu beristirahat sejenak saat di tengah perjalanan. Supaya nyaman, tak jarang kita parkir kemudian tidur di dalam mobil sambil menyalakan AC. Apakah hal itu aman dilakukan? 

Biasanya, kita membiarkan mobil dalam keadaan terparkir, tapi mesinnya tetap menyala sehingga AC-nya tetap berembus. Beristirahat di dalam mobil tidak akan membosankan karena ada AC dan head unit yang terus menyala sebagai hiburan. 

Perlu diketahui bahwa hal itu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Cukup banyak kejadian orang meninggal di dalam mobil ketika sedang tidur seperti itu. Mengapa berbahaya? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jika ada gas buang kendaraan bocor dan masuk ke area kabin, bisa terisap orang yang sedang tidur. Seseorang dapat mati lemas akibat kadar oksigen di dalam kabin menurun. Penyebabnya karena meningkatnya akumulasi gas karbon monoksida (CO) di dalam kabin. 

Tidur di Mobil yang Parkir Sambil Menyalakan AC, Apakah Bahaya? 01

Dengan kondisi mesin menyala, artinya gas buang dari knalpot terus keluar dan dapat membahayakan orang di sekitar mobil. Bahkan juga bisa membuat bahaya fatal bagi penumpang.

Dikutip dari laman Auto2000, mesin mobil akan mengeluarkan gas buang melalui knalpot seperti hidrokarbon (HC), karbonmonoksida (CO), dan Nitrogen Oksida (NO). Di antara ketiganya, CO merupakan gas yang berbahaya bagi manusia jika terhirup dengan paparan yang berlebihan. 

Bahaya ini semakin bertambah apabila jendela kabin mobil berada dalam kondisi tertutup rapat. Akibatnya, gas tersebut terperangkap di dalam kabin mobil dan akhirnya terhirup oleh penumpang. Masalahnya bukan pada pemborosan bensin, tapi kesehatan dan keselamatan penumpang.

Emisi buang ini bisa sangat berbahaya jika dihirup terus menerus oleh orang di dekat mobil tersebut. Bahkan tidak jarang gas buang tersebut masuk ke kabin lewat berbagai celah sempit yang tersedia saat mobil parkir dan mesinnya menyala. Hal tersebut akan membahayakan penumpang dan pengemudi didalamnya.

Buka Sedikit Jendela Anda Untuk Ventilasi Saat Tidur di Mobil 

Tidur di Mobil yang Parkir Sambil Menyalakan AC, Apakah Bahaya? 02

Jika tetap ingin menyalakan AC saat beristirahat, usahakan untuk membuka jendelanya. Hal ini harus dilakukan agar gas buang dalam kabin terdorong keluar. Selain itu, sirkulasi udara juga tetap lancar sehingga pernapasan penumpang tidak ikut terganggu.

Itulah mengapa, istirahat di dalam mobil yang parkir dalam kondisi mesin menyala tidak dibenarkan. Sebab, potensi masalah ini tidak terjadi saat mobil dalam keadaan berjalan. 

Saat mengendarai mobil, gas buang dari mobil bakal terbawa angin ke belakang. Dengan demikian, emisinya tidak akan naik dan masuk ke dalam kabin lantaran terdorong ke belakang.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil