Honda menggambarkan HR-V sebagai kendaraan rekreasi tinggi. Itu adalah crossover yang melihat pasar pada tahun 1998, dan pada tahun 2001 menerima versi 5 pintu. Pasar crossover belum ditemukan pada tahun 1998 ketika Honda memperkenalkan HR-V. Tetapi pembuat mobil Jepang mengambil platform kendaraan kecil, memperluas wheelbase-nya, menempatkan tubuh yang berbeda di atasnya, dan HR-V baru. Keberhasilannya instan karena biaya operasional yang rendah, posisi tempat duduk yang tinggi, dan opsi 4x4. Tetapi model baru tidak memiliki faktor kepraktisan: pintu belakang. Jadi, Honda tetap nanti. Pada tahun 2001, pembuat mobil itu memperkenalkan facelift untuk seluruh kisaran, dan kehilangan versi 3 pintu. Desainer Honda membayangkan bentuk yang menarik untuk lampu depan, dengan bentuk semi-melingkar kembar di bagian bawah, yang memotong jalan mereka melalui bagian atas bumper. Ada lubang kecil di antara mereka untuk menggunakan mesin, tetapi gril yang lebih besar berada di bagian bawah bumper. Untuk rumah kaca, Honda mencoba campuran antara gerobak stasiun dan hatchback. Dengan kaca depan yang disapu dan apung, ekor vertikal, hasilnya baik dan membentuk interior yang luas. Di belakang, lampu belakang yang dipasang secara vertikal menyerupai yang dipasang di Honda CR-V. Di dalam, sisi vertikal mobil dan pintu tipis meninggalkan ruang yang cukup untuk lima penumpang dewasa, tetapi sebagian besar versi ditawarkan sebagai empat kursi, dan hanya ada dua sabuk pengaman di belakang. Bangku belakang lipat dan memiringkan memungkinkan peningkatan untuk area bagasi. Di bawah kap, Honda menawarkan HR-V dengan pilihan dua mesin. Keduanya adalah perpindahan 1,6 liter tetapi memberikan daya output yang berbeda. Crossover Jepang menampilkan penggerak roda depan atau sistem all-wheel-drive.