Seperti disampaikan oleh Endro Sutarno saat masih menjabat sebagai Technical Service Division AHM, mesin baru itu memang dirancang performa dan efisiensi bahan bakar.
"Olinya memang berkurang. Tapi, desain baru ini membuat sirkulasi oli lebih baik. Jadi, maksimal juga melumasi ke seluruh bagian mesin," katanya.
Kenyataannya, daya tampung yang sedikit itu tidaklah memengaruhi umur pakai dari si pelumas.
Dengan kata lain, penetapan oli memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari mesin itu sendiri.
Toh, pada prakteknya anjuran servis Honda Scoopy tak ubahnya dengan skutik Honda kebanyakan. Setidaknya ada empat kali perawatan berkala yang wajib dilakukan.
Panduan Servis Berkala Honda Scoopy
Sama halnya dengan Honda Beat atau Scoopy, perawatan berkala Honda Scoopy dimulai pada 1.000 km atau satu bulan pertama pemakaian.
Di sini oli mesin Honda Scoopy Anda wajib diganti. Aktivitas ini sangat penting karena berperan juga untuk membersihkan sisa-sisa komponen mesin pasca produksi.
Begitu pula ketika odometer kendaraan mencapai 4.000 km. Penggantian oli mesin Honda Scoopy juga harus dilakukan kembali pada kelipatan yakni 8.000 km dan 12.000 km.
Tentu tidak hanya pelumas saja yang diperhatikan. Khususnya pada servis di 8.000 km, pihak bengkel menyarankan ganti oli Scoopy juga diiringi dengan penggantian busi dan oli gardan.
Mengenai jenis, oli yang bagus untuk Scoopy ini adalah AHM Oil MPX2.
Saat melihatnya dari daftar katalog produk pendukung di Honda Cengkareng, produk itu dijual dengan harga Rp 58.500 untuk kapasitas 800 ml.
Sementara untuk oli gardan serta busi masing-masing dipasarkan Rp 16.500 dan Rp 19.500 untuk yang full sintetik.
Ketika Anda servis ke bengkel resmi, mekanik juga akan melakukan pemeriksaan terhadap bagian CVT.
Hal ini juga penting mengingat tugasnya yang penting dalam mentranslasikan output dari mesin ke roda.
Tapi untungnya, permasalahan volume oli mesin sudah diantisipasi oleh AHM, khusus untuk mesin 110 cc eSP generasi baru ini.
Beberapa waktu lalu, AHM merilis 2 jenis AHM Oil untuk mesin ini dengan volume oli 650 ml.
Dari situs serupa, banderol AHM Oil MPX2 650 ml berlabel harga Rp 49.500 per botol.
Kemudian untuk AHM Oil SPX2 650 ml dilepas dengan nominal Rp 60.500 per botol.
Bolehkah Ganti Oli Mesin Honda Scoopy Sendiri?
Servis berkala, terutama mengganti oli mesin pun bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti disebutkan sebelumnya, kapasitas oli mesin Honda Scoopy adalah 650 ml.
Sementara pelumas bawaan pabrikan punya volume 800 ml. "Perhatikan dipstick oli mesin bertuliskan 0,65 L," ujar Endro lagi.
Dia mengatakan, jangan sampai takarannya melebihi batas atas dipstick. Kalau sampai lebih, bisa mengakibatkan kebocoran karena ada seal engine yang rusak.
"Selanjutnya, oli akan rembes dan berisiko menyebabkan keausan pada komponen mesin seperti ring piston misalnya," terang Endro.
Lagi pula, kebanyakan oli juga membuat kerja mesin menjadi lebih berat, alih-alih bikin mesin lebih halus.
Honda Scoopy yang meluncur November 2020 lalu, menawarkan beberapa kebaruan.
Pembawaan desain retro saat kali pertama dilahirkan, tetap dituangkan pada generasi terbaru ini.
Sebut saja lampu utama berbentuk oval. Penerangannya sendiri menggunakan model projector jenis LED. Di sini juga sudah terintegrasi daytime running light (DRL) berjenis serupa.
Pembeda Scoopy baru tampak pada penyajian lampu sein. Ya, dibuat terpisah bukan lagi menyatu seperti Scoopy lama.
Penegasan unsur retro justru terlihat jelas pada lampu belakang. Bentuknya dibuat membulat jua dengan sinyal belok terpisah seperti pada bagian depan.
Seperti disebutkan sebelumnya, Honda Scoopy kini menggendong mesin eSP terbaru seperti Honda Beat dan Genio.
Diameter dan langkah piston serta rasio kompresi disetel selevel yaitu 47,0 x 63,1 mm dan 10,0:1.
Dari racikan itu pula Scoopy mampu menorehkan tenaga 9,0 PS di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm @5.500 rpm.
Berkat mesin ini pula Honda Scoopy diklaim mengalami peningkatan ihwal efisiensi bahan bakar. Saat ini, catatannya mencapai 59 km/liter.
Hal baru darinya juga terlihat pada rancang bangun. Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) berbahan baja, ikut diadopsi.
Bukan hanya berdampak terhadap penurunan bobot. Hal itu juga memungkinkannya dipasangi tangki bensin berkapasitas 4,2 liter.
Dampak paling signifikan, bagasi di bawah jok Honda Scoopy punya daya tampung sebanyak 15,4 liter.
Kemudahan lain seperti ketersediaan konsol di bawah setang tetap tersedia. Namun di kantong berpenutup sebelah kiri, kini sudah dilengkapi USB port untuk mengisi daya ulang gawai.
Khusus pada varian atas, tersedia sistem kunci pintar (Smart Key System) dengan kelengkapan remote dengan fitur Answer Back System dan Anti Theft Alarm.
Namun perlu juga diingat. Honda Scoopy 2021 menjadi satu-satunya skutik 110 cc Honda yang dibanderol paling mahal.
Di Honda Cengkareng, Honda Scoopy dijual dengan harga Rp 20,517 juta sampai Rp 21,317 juta.
Daftar Harga Honda Scoopy 2021 Jakarta & Tangerang
Honda Scoopy Sporty
Rp 22.425.000
Honda Scoopy Fashion
Rp 22.425.000
Honda Scoopy Prestige
Rp 23.230.000
Honda Scoopy Stylish
Rp 23.230.000
Kesimpulan
Walau tergolong mahal, tak dipungiri Honda Scoopy memang menawarkan penyajian saran transportasi yang unik.
Secara desain tentu lebih segar ketimbang pendahulu. Apalagi diikuti pula dengan pengembangan berupa sematan rangka baru.
Perlakuan itupun berdampak terhadap penawaran bagasinya yaitu 15,4 liter.
Begitu pula pada mesin. Honda Scoopy mewarisi mesin baru yang sudah dipakai oleh Honda Beat dan Genio.
Meski terdapat penurunan performa, tapi efisiensi bahan bakarnya justru mengalami peningkatan.
Namun, Anda juga wajib memerhatikan perawatan berkalanya. Memang tak ada korelasi karena kapasitas olinya yang lebih sedikit dari Scoopy lama.
Toh, hal ini sudah disesuaikan dengan ukuran dari mesin itu sendiri. Perhatikan juga pengisiannya, agar disesuaikan dengan takaran dan jangan sampai telat ganti oli.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!