Adopsi Pelek Honda PCX 150 ke Honda PCX 160, Pelek Jadi 14 Inci Rata Anti Mentok Poldur
Fariz · 7 Apr, 2022 11:30
0
0
Pelek belakang jadi ring 14 inci seperti depan.
Harus custom bushing roda dan pengereman.
Selain dibekali dengan sektor mesin baru, Honda PCX 160 2022 juga dibekali dengan lingkar pelek baru. Kombinasi antara ring 13 inci di belakang dan 14 inci di depan, sama seperti Honda ADV 150.
Namun untuk beberapa orang, masih lebih senang menggunakan pelek ring 14 inci di kedua peleknya. Dari segi tampilan, ring 14 inci di belakang juga terlihat lebih padat.
Muhammad Ikim dari RI Matic Shop & Service jadi salah satu yang kurang suka dengan lingkar pelek belakang 13 inci, akhirnya memutuskan untuk memasang sepasang pelek Honda PCX 150 di Honda PCX 160.
“Karena emang kurang suka sama pelek standarnya, yang depan lebar banget jadi keliatan bantet. Nah yang belakang ring 13 jadi keliatan pendek, apalagi kalau boncengan jadi gasruk kalau lewat polisi tidur,” cerita Ikim panggilan akrabnya.
Eksekusi dimulai dengan memasang pelek belakang Honda PCX 150 yang ring 14 inci tapi dengan lebar yang sama, yaitu 3.50 inci. “Harus tambah bushing di dalem tromol sekitar 2 mm, biar peleknya tetep lurus.”
“Pelek yang ke swing arm juga tambah ring 2 mm. Jadinya emang sedikit ada jarak antara crankcase sama pelek, tapi masih aman. Selebihnya harus ganjel kaliper belakang, karena posisi cakramnya lebih ke dalem,” tunjuknya.
Untuk roda depan pengerjaannya sama, dengan membuat bushing baru kanan dan kiri karena pelek Honda PCX 150 lebih ramping. Ikim pun mengubah cakram pakai baut empat milik Honda Vario atau Honda BeAT yang lebih banyak aftermarketnya.
Tambah Adaptor Cakram
“Jadi perlu tambah adaptor dan braket kaliper, tergantung mau pakai 240 mm atau 260 mm. Enaknya baut cakram model ini lebih banyak aftermarketnya, tapi jadi gak bisa buat versi ABS, karena gak ada celah buat ring sensor ABSnya. Kalau mau harus ganti cakram yang dudukan bautnya lebih keluar,” rinci pria yang bengkelnya ada di bilangan Pondok Kopi, Jaktim ini.
Rampung sudah pemasangan pelek Honda PCX 150 pada Honda PCX 160, kini tampilan belakang jadi lebih padat dibanding sebelumnya. “Roda belakang lebih ngisi ruang di kolong sepakbor belakang. Ground clearance juga kerasa lebih tinggi.”
“Akselerasi juga berubah, sedikit lebih lambat tapi putaran tengah ke atasnya jadi lebih ngisi. Karena kan lingkar rodanya atau langkahnya jadi lebih jauh. Sepaket bushing, braket kaliper, dan adaptor cakram kena Rp 850 ribuan. Kalau sama cakram sekitar Rp 1,5 juta, bisa lebih murah tergantung cakram yang dipakai. Ini diluar pelek Honda PCX 150,” tutup Ikim.