Dua pemain trail 250 cc.
Harga sama-sama Rp 70 jutaan.
Spesifikasi mesin mirip.
Motor trail bermesin 250 cc di Indonesia saat ini opsinya ada Kawasaki KLX250 2024 dan Honda CRF250L 2023.
Keduanya menawarkan sensasi berkendara yang lebih agresif dengan mesin yang lebih kuat untuk off road berat atau ringan.
Kawasaki KLX250 merupakan pemain lama dan sejauh ini belum ada update berarti, kecuali pada tampilan warnanya.
Sedangkan Honda CRF250L merupakan pemain baru yang rilis awal tahun ini, dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya.
Lantas diantara keduanya, mana yang sebaiknya dipilih?
Desain Sesuai Selera
Dikenalkan pertama kali sekitar tahun 2008, Kawasaki KLX250 jelas pemain lama yang diterima cukup baik sejauh ini.
Desainnya khas motor trail Kawasaki namun nampak berisi, dengan penggunaan shroud tangki yang menjorok ke depan.
Lampu depannya model bohlam dengan reflektor besar. Kemudian terdapat tas kecil di buritan sebagai tempat menyimpan barang.
Namun secara keseluruhan desainnya ini memang sudah terlihat berumur, dengan garis bodi yang cenderung lebih kaku.
Baca juga : Basis Mesin Sama, Begini Performa Honda CRF250 Rally dan CRF250L
Desain Kawasaki KLX250 2024.
Pun untuk model year 2024 pun, tak ada perubahan desain kecuali permainan warnan dan bentuk knalpot.
Padahal di luar sana KLX250 2024 punya tampang kekinian lho, dengan lampu depan LED dan batok lampu yang lebih ramping.
Berbeda dengan Honda CRF250L yang tampil kekinian dengan desain lebih ramping, garis bodi dinamis.
Diperkuat dengan penggunaan lampu depan LED yang kekinian, juga fitur-fitur baru yang menegaskan ini motor tahun muda.
Di luar sana model ini pun updatenya signifikan, dari perubahan rangka, teknologi dan bobot.
Honda CRF250L.
Tapi meski begitu desain tetaplah soal selera, sesuaikan dengan keinginan dan kesukaan dimata kalian.
Fitur Honda CRF250L 2023 Unggul?
Perbedaan tahun produksi yang jomplang jelas membuat keduanya terpaut jauh soal fitur yang ditawarkan.
Misal panel meter sudah full digital LCD, suspensi depan upside down 43 mm dan belakang monosok adjustable.
Kawalan roda depan 21 inci dan belakang 18 inci, dibungkus ban tapak kasar sudah jadi bawaannya.
Mesin Kawasaki KLX250.
Rem cakram depan belakang tanpa ABS, dengan desain cakram flower yang menarik.
Honda CRF250L sendiri bisa dikatakan memiliki fitur yang nyaris mirip, sebagai perlengkapan sebuah motor trail.
Suspensi depan upside down dan belakang monosok, rem cakram kedua roda yang tanpa ABS serta roda 21-18 dengan ban tapak kasar.
Tapi gacoan Honda ini unggul dengan penerapan lampu LED pada lampu depan dan juga sein.
Belum lagi panel meter digital yang sama-sama LCD, tapi punya informasi lebih lengkap dan menarik dilihat.
Performa Honda CRF250L 2023 Lebih Mumpuni
Honda CRF250L 2023 lebih bertenaga.
Dengan tahun yang jauh lebih muda, performa Honda CRF250L 2023 lebih mumpuni dibandingkan rivalnya.
Mesin 250 cc silinder tunggal DOHC 4 katup, pendingin cairan, assist & slipper clutch jadi andalan motor ini.
Memiliki klaim tenaga dan torsi 25,6 PS @ 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm @ 6.500 rpm.
Sedangkan Kawasaki KLX250 2024 andalkan jantung pacu 250 cc, 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan.
Performa sebesar 22 PS di 7.500 rpm serta torsi 21 Nm di 7.000 rp mampu dihasilkannya.
Baca juga : 15 Tahun Minim Ubahan, Harga Kawasaki KLX250 2024 Lebih Mahal dari Ninja 250
Mesin Honda CRF250L ada Assist & Slipper Clutch.
Selain kalah tenaga dan torsi di atas kertas, fiturnya pun juga lantaran belum dibekali Assist & Slipper Cluth.
Tapi soal bobot, andalan Kawasaki itu lebih ringan dengan 137 kg berbanding 140 kg.
Pun soal kapasitas tangki hanya hanya terpaut tipis, 7,8 liter di Honda CRF250L dan 7,7 liter di Kawasaki KLX250.
Kesimpulan
Selanjutnya tentu saja soal harga, dengan kebaruannya, teknologi, mesin lebih bertenaga, Honda CRF250L dilepas lebih mahal.
Kawasaki KLX300 2024 versi Amerika.
Dengan status sama-sama CBU Thailand, PT Astra Honda Motor menjualnya diangka Rp 79,9 juta on the road Jakarta.
Sedangkan Kawasaki KLX250 dibanderol dengan harga Rp 71,1 juta on the road Jakarta.
Tentunya pilihan ditangan konsumen, mau yang paling baru maka harus menebus lebih mahal.
Atau pemain lama yang mana bisa ditebus lebih murah namun dengan model yang tak berubah signifikan sejak 2008.
Data Spesifikasi
Honda CRF250L
Kawasaki KLX250
Dimensi
2.229 x 903 x 1.203mm
2.200 x 820 x 1.205 mm
Sumbu Roda
1.453 mm
1.430 mm
Tinggi Jok
893 mm
890 mm
Tangki
7,8 liter
7,7 liter
Berat
140 kg
137 kg
Tipe Mesin
4-tak, DOHC 4 katup
4-tak, DOHC 4 katup
Diameter x Langkah
76 x 55 mm
72 x 61,2 mm
Isi Silinder
249,67 cc
249 cc
Tenaga Maksimal
25,6 PS / 8.500 rpm
22 PS / 7.500 rpm
Torsi Maksimal
23,1 Nm / 6.500 rpm
21 Nm / 7.000 rpm
Transmisi
Manual, 6 speed
Manual, 6 speed
Suspensi Depan
Upside Down
Upside Down
Suspensi Belakang
Monosok
Monosok
Ban Depan
80/100-21
3.00-21
Ban Belakang
120/80-18
4.60-18
Rem Depan
Cakram
Cakram
Rem Belakang
Cakram
Cakram
Harga
Rp 79,9 juta
Rp 71,1 juta