window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

All New Honda CBR150R 2021 Punya Upside Down dan Assist & Slipper Clutch, Selisih Dari CBR150R Lama Cuma Rp 600 Ribu

Ary · 12 Jan, 2021 15:41

All New Honda CBR150R 2021 resmi meluncur hari ini (12/1). Sesuai dugaan, generasi terbaru motor sport entry level buatan PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami beberapa pengembangan. Desain fasadnya pun selaras dengan sang kakak yaitu Honda CBR250RR 2021. Begitu pula penetapan slogan 'Total Control" yang kini menjadi bagian dari CBR150R terbaru.    

Perihal tampilan, model pendahulu CBR150R sebenarnya sudah cukup agresif. Ditandai dengan penegasan gurat-gurat tegas di bagian muka. Tetap mempertahankan pola penerangan headlamp ganda, seperti trah CBR150R generasi pertama versi CBU Thailand.

All New Honda CBR150R 2021 Punya Upside Down dan Assist & Slipper Clutch, Selisih Dari CBR150R Lama Cuma Rp 600 Ribu 01

All New Honda CBR150R menjadi produk pertama yang meluncur di 2021.

Namun hal itu tidaklah cukup, karena revisi desain terlihat saat si produk meluncur via daring. Bentuk dua lampu utama gandanya menjadi lebih sempit. Otomatis pula turut mengubah wujud yang dibawanya kini. Paras motor sport 150 cc justru kian sangar berkat sematan bodi di bawah lampu depan. Lagi-lagi serupa dengan CBR250RR. Kemiripan itu jua makin kental lantaran ia mengaplikasi daytime running light (DRL). Plus, cover depan lebih landai.

Honda CBR150R 2021 Pakai Fork USD dan Assist & Slipper Clutch

Hal inilah yang rupanya menjadi benang merah antara si kakak-adik. Tarikan bodi nan garang juga berdampak terhadap impresi berkendara CBR150R 2021. Seperti disampaikan oleh Keiichi Yasuda, Presiden Direktur AHM menyebut pembeli unit ini akan mendapatkan kelincahan dalam pengendalian. Makanya pula pembaruan juga tertuju kepada gaya berkendara yang lebih condong.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

All New Honda CBR150R 2021 Punya Upside Down dan Assist & Slipper Clutch, Selisih Dari CBR150R Lama Cuma Rp 600 Ribu 01

All New Honda CBR150R 2021 memakai fork USD 37 mm seperti Honda CBR250RR 2021.

Faktor itu pun nyatanya ditunjang dengan ketersediaan fitur baru berupa fork depan upside down (USD). Mengenai ukuran, sama dengan CBR250RR yaitu berdiameter 37 mm. Artinya, ekspektasi ihwal optimasi stabilitas dapat dirasakan oleh pembeli CBR150R 2021. Boleh dikatakan, kubu sayap kepak kini menawarkannya sebagai penunjang bagi para penggemar motor sport.

Termasuk soal kelengkapan Assist & Slipper Clutch, demi mengurangi roda belakang terkunci akibat dampak terjadinya engine brake. Tak cuma itu, penerapannya juga akomodatif untuk penggunaan sehari-hari karena memudahkan Anda dalam mengoperasikan tuas kopling - menjadi enteng.     

All New Honda CBR150R 2021 Punya Upside Down dan Assist & Slipper Clutch, Selisih Dari CBR150R Lama Cuma Rp 600 Ribu 02

Mesin All New Honda CBR150R 2021 tetap sama, namun sudah ketambahan Assist & Slipper Clutch. 

"Kami tertantang menghadirkan sepeda motor yang mampu memberi kebanggaan. Hanya dengan melihatnya, pengguna semakin yakin terhadap kecepatan dan kekuatan All New CBR150R. Berbagai fitur baru dan penyempurnaan di dalamnya sekaligus meningkatkan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Keiichi Yasuda, Presiden Direktur PT AHM. Dikatakannya pula sepeda motor ini akan menjadi pilihan terbaik untuk penggemar sepeda motor sport.

Performa Honda CBR150R 2021 Tidak Berubah

Meski begitu, kebaruan pada generasi terbaru Honda CBR150R 2021 tidak terjadi di sektor mesin. Baik jenis mesin, kalkulasi diameter dan langkah piston hingga rasio kompresi tidak ada ubahan. Mesin DOHC berpendingin cairan itu tetap menorehkan tenaga maksimal 16,8 Hp @ 9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @ 7.000 rpm.

Capaian ditranslasikan transmisi enam percepatan ke roda belakang. Alhasil, tidak ada yang berubah pula soal akselerasi maupun topspeed. Pencatatan 0-200 meter dicapainya dalam waktu 10,6 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi diraih pada 127 km/jam (pengujian internal AHM). 

All New Honda CBR150R 2021 Punya Upside Down dan Assist & Slipper Clutch, Selisih Dari CBR150R Lama Cuma Rp 600 Ribu 03

Lini tertinggi All New Honda CBR150R 2021 ada di varian MotoGP Edition.

Cukup menjanjikan, terlebih terapan-terapan anyar pada CBR150R 2021 menjadi setara dengan Yamaha YZFR15. Kita tahu baik Assist & Slipper Clutch maupun suspensi depan USD, dipakai lebih dulu oleh sang kompetitor. Dengan begitu, Anda punya poin yang apple to apple saat membandingkan keduanya.

Bagaimana dengan harga jual? Dengan penambahan dua perangkat dan desain baru tadi, Harga Honda CBR150R 2021 hanya naik Rp 600 ribu (dibandingkan berdasarkan varian standar).

Seperti sebelumnya, Honda CBR150R 2021 masih ditawarkan dalam dua tipe. Versi standar atau CBR150R non-ABS warna Matte Black, Dominator Matte Black dan Victory Black Red, dilepas Rp 35,9 juta. Sementara pada varian Racing Red dilabeli Rp 36,6 juta.

Sementara empat pilihan tersedia pada Honda CBR150R ABS 2021. Varian berwarna Victory Black Red dan Dominator Matte Black dihargai Rp 39,9 juta. Lalu corak Honda Racing Red dijual Rp 40,6 juta serta MotoGP Edition yang dipatok Rp 40,8 juta. Seluruh harga Harga berstatus on the road wilayah DKI Jakarta. 
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });