Dua kompatriot Honda, Yamaha dan Suzuki tampak 'dingin' melihat Honda CBR150R terbaru meluncur tahun ini. Dari Yamaha Indonesia misalnya, salah satu pesaing sang produk yakni Yamaha YZF-R15 hanya bersolek dengan skema warna baru. Sementara Suzuki Indonesia, tampak belum ada pergerakan.
Walau demikian, bukan berarti tidak ada langkah dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Faktanya, tahun lalu sudah ada GSX-R150 MotoGP Edition yang merupakan bentuk dari perayaan 100 tahun Suzuki Global. Namun, lagi-lagi tak ada pembaruan baik dari sisi desain maupun fitur.
Suzuki GSX-R150R Minus Upside Down dan Assist & Slipper Clutch
Sebagaimana kita tahu dari kubu Honda, CBR150R 2021 hadir dengan ubahan cukup masif. Terlihat dari penawaran desain yang merujuk kepada Honda CBR250RR 2021. Tak cuma itu, nyatanya penambahan berupa peredam kejut model upside down (USD) dan Assist and Slipper Clutch ikut teraplikasi pada motor sport entry level-nya tersebut.
Bukan tanpa alasan, giat ini tentu saja dilakukan Honda dalam rangka menyetarakan kedudukannya dengan Yamaha R15. Sementara Suzuki GSX-R150 masih minus akan terapan fork model terbalik maupun Assist and Slipper Clutch itu.
Meski begitu, ada sinyal dari pabrikan Suzuki untuk menyegarkan satu-satunya andalan motor sport-nya tersebut. "Mengenai GSX-R150, kita baru memperbaharui dengan livery 100 tahun. Untuk yang lainnya, kita tunggu sebentar lagi. Walau kompetitor ada perubahan, tapi kita tidak tinggal diam. Penambahan fitur di GSX pasti akan kita lakukan untuk perbaikan," ujar Yohan Yahya, Assistant to 2W Sales & Marketing Dept Head PT SIS di acara media gathering virtual bersama Suzuki Indonesia, Kamis (4/3).
Sayang, Yohan tak memaparkan lebih detail soal peluncuran Suzuki GSX-R150 2021. Walaupun diduga kedua hal itulah yang akan disematkan Suzuki pada GSX-R150 nanti. Dengan begitu, semakin lengkap penyajiannya untuk konsumen di Tanah Air.
Motor dengan tubuh ramping ini memang dirancang untuk pecinta kecepatan. Total dimensi yakni P x L x T adalah 2.020 x 700 mm x 1.075 mm, serta posisi sumbu roda diangka 1.300 mm. Selain itu pun ramah untuk pengendara karena ketinggian tempat duduknya hanya 785 mm saja.
Ramuan posisi berkendaranya pun memudahkan si penunggang membungkuk kala memacunya di kecepatan tinggi. Sebuah paduan ideal mengingat performa Suzuki GSX-R150 2021 yang mumpuni. Bekalan mesin DOHC satu silinder yang dimiliki, sanggup melontarkan daya 19 PS di putaran 10.500 rpm. Sementara torsi maksimal mencapai 14 Nm pada 9.000 rpm.
Mesin Suzuki GSX-R150 Boleh Diadu!
Di atas kertas, Ada keterpautan Honda CBR150R 2021 terutama soal capaian tenaga. Dengan mesin serupa (DOHC), produk Honda meraih catatan output sebesar 17 PS @9.000 rpm dan 14,4 Nm @7.000 rpm. Lain hal dengan Yamaha R15. Perbekalan mesin SOHC berpelengkap VVA, membuatnya sanggup melontarkan 19,2 PS @10.000 rpm dan 14,7 Nm @8.500 rpm.
Keterpautan itu wajar, lantaran R15 punya kubikasi 155 cc. Namun perlu diketahui, GSX-R150 dikatakan mampu meraung hingga putaran mesin 13.000 rpm. Jika diaplikasikan ke lintasan balap, ia harusnya masih bisa diandalkan saat berada di trek lurus.
Fitur Ini Tak Dipunyai Kompetitor Suzuki GSX-R150
Bagaimana dengan kelengkapan standar-nya? Suzuki GSX-R150 2021 sudah mendapatkan penerangan utama LED. Lalu panel meter full digital, cakram pada kedua roda dan ban berukuran 90/80-17 dan 130/70-17 (depan-belakang). PT SIS juga menyediakan fitur rem antilock braking system (ABS) pada varian teratas (Suzuki GSX-R150 ABS).
Ada juga satu penawaran dengan kelengkapan sistem kunci keyless (Suzuki GSX-R150 Keyless Ignition System). Satu keunggulan lain darinya, fitur penguncian tersebut belum dipakai oleh Honda CBR150R 2021 maupun Yamaha R15 2021.
Menariknya lagi, ketiga opsi Suzuki GSX-R150 itu dijual lebih murah daripada para rival. Sekalipun dia ketambahan Assist And Slipper Clutch dan USD, banderolnya pasti tak akan lebih mahal dari motor Yamaha dan Honda. Layak ditunggu!
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!