Jadi produk paling baru dari Alva.
Dijual Rp 11,5 juta.
Bisa tempuh jarak 140 km.
Dimensi mirip Vario 125.
PT Ilectra Motor Group yang merupakan produsen motor listrik Alva memboyong N3 di GIIAS 2024.
Ini adalah motor listrik mid-level untuk pasar Indonesia, dan sudah bisa dipesan konsumen.
Purbaja Pantja selaku Chief Executive Officer Alva mengungkapkan, pihaknya bertekad menjadi yang terdepan dalam transformasi mobilitas listrik di Indonesia.
"Setelah One dan Cervo yang masuk kategori high level EV, kini N3 jadi produk mid-level kita," ucap Purbaja.
Yang menarik harga jual motor ini cuma Rp 11,5 juta saja setelah potong subsidi pemerintah Rp 7 juta.
Nah, kalau sudah dapat subsidi artinya Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sudah lebih dari 40 persen nih!
Lantas, seperti apa detail dari sosok Alva N3 ini?
Baca juga : Alva One XP Dibanderol Rp 38,5 Juta, Rasanya Gak Beda Jauh!
Dimensi Mirip Vario 125
Meski sejatinya data spesifikasi dari motor ini belum diungkap, namun secara dimensi ini Nampak besar.
Bentuknya sporty.
Yup, bukan seperti motor listrik asal Cina yang kebanyakan ukurannya kecil dan tak nyaman dinaiki.
Dilihat sekilas Alva N3 punya ukuran yang mirip Honda Vario 125 yang dikenal pas untuk semua kalangan.
Posisi setang terlihat rendah, dek rata yang tipis, jadi kaki akan lebih nyaman berpijak.
Buritan belakang pun dibuat tipis dan meruncing ke atas, yang memberi kesan sporty.
Lampu depan mirip kepunyaan Alva Cervo.
Kaki-kaki pakai pelek lingkar 14 inci terbungkus ban Kenda ukuran 80/90-14 dan 90/90-14.
Secara desain motor ini tidak seagresif Alva Cervo , karena lebih menonjolkan aura sporty.
Tampilan fascia depannya menarik, penyematan lampu vertikal ala Alva Cervo menarik!
Tapi ingat, tidak ada lensa projektor ya, karena pakai reflektor biasa, dengan total 6 buah LED.
Aksen hitam di bawah lampu memberi kesan ini semacam airscoop, yang sejatinya adalah ornament saja.
Dek rata jelas memberi fleksibilitasmembawa barang, namun buritannya dibuat gondrong.
Baca juga : Gak Ribet, Beli dan Rawat Motor Listrik Alva Bisa Lewat Pihak Ketiga
Finishing masih kurang rapi.
Terutama bagian tengah yang menutup hingga bawah, yang mana semakin tipis menuju ujungnya.
Bodinya yang lebar sejatinya menarik untuk diberi stripe bodi, tapi Alva hanya menempatkan emblem N3 saja.
Oiya, lampu belakang dibuat tipis namun punya lekuk melebar, lampu seinnya sendiri menempel dengan mud guard.
Meski secara desain nampak apik, tapi detail bodi masih perlu disempurnakan nih.
Jok nampak nyaman diduduki.
Yup, karena kami menemukan cetakan cover bodi yang terlihat tidak rata pada cover setang.
Kemudian, pinggiran bodi belakang ada yang tercoak dan catnya kurang menutup sempurna.
Fitur Alva N3
Sebagai produk paling terjangkau dari Alva, fitur yang disematkan ternyata cukup lumayan.
Misalnya lampu-lampu udah full LED jadi hemat konsumsi listrik dan lebih keren pastinya.
Kemudian panel meter full digital, infonya masih LCD biasa nih, belum TFT display.
Panel meter digital.
Kunci kontak sudah keyless jadi lebih aman, terintegrasi juga dengan tombol pembuka jok.
Sayangnya cuma ada 1 konsol terbuka nih, tapi ukurannya cukup lebar dan lumayan dalam.
Tentunya masih ada ruang penyimpanan di balik joknya, meski rasanya tidak terlalu besar, karena berbagi dengan baterai.
Melirik area kaki-kaki, remnya sudah pakai cakram dikedua roda dan ini sudah combi brake!
Yup, terlihat dari kaliper depan dengan 3 piston dan terdapat 2 buah slang rem.
Suspensi sih standar saja, depan pakai teleskopik dan belakang model ganda tanpa setelan.
Rem cakram sudah CBS.
Kalau melihat peleknya pasti tidak asing ya, persis milik Vario 125 juga tuh!
Performa Alva N3
Meski berharga terjangkau, Alva N3 juga sudah menerapkan teknologi baru dari Alva yakni Boost Charge.
Ini adalah fitur fast charging yang bisa mengisi daya baterai dari 10-50 persen kurang dari 30 menit.
Baterainya sendiri Lithium-Ion 3,2 kWh yang terbagi menjadi 2 buah baterai.
Motor penggerak BLDC.
Tenaga penggeraknya 3 kW atau sekitar 4 PS, yang berjenis BLDC alias menyatu dengan hub roda belakang.
Motor ini punya jarak tempuh maksimal 140 km dengan 2 buah baterai dan kecepatan maksimal 75 km/jam.
Lebih dari cukup untuk penggunaan harian nih, apalagi sudah Boost Charge juga!
Harga dan Biaya Lain
Mengetahui pengumuman harganya tentu menarik, Rp 11,5 juta setelah subsidi jelas murah untuk motor listrik seperti ini.
Tapi harga tersebut ternyata belum termasuk baterai, yang dijual Rp 10 juta per buah.
Artinya jika membeli 1 buah baterai, maka harga total motor menjadi Rp 21,5 juta.
Baca juga : Murah, Alva Kenalkan Motor Listrik Seharga Rp 11,5 Juta!
Suspensi belakang ganda.
Dan jika membeli 2 buah baterai maka menjadi Rp 31,5 juta, harga tersebut on the road Jakarta.
Dan jika tidak terkena subsidi, maka harga asli dan paket lengkap motor ini adalah Rp 38,5 juta.
"Nantinya kita akan sediakan opsi dengan 1 atau 2 baterai," ungkap Purbaja disela peluncuran.
Meski sudah dikenalkan, namun motor ini baru akan mulai dikirim bulan November mendatang, jadi kudu sabar ya!