Bukan Crankcase, Bagian Ini Lebih Rawan Mentok di Honda ADV 160 2022
Harry · 22 Jul, 2022 09:30
0
0
Punya ground clearance 175 mm.
Rasa khawatir lantaran engine mounting berada di atas.
Standar tengah justru gampang mentok.
Honda ADV 160 2022 menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda PCX 160 2022, yakni eSP+, SOHC 4 katup, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Mesin baru ini memiliki engine mounting di atas, bukan lagi di bawah seperti Honda ADV 150.
Tentunya penggunaan mesin baru dan juga posisi engine mounting, membuat rangka yang dipakai berubah. Jadi seperti milik Honda PCX 160, namun dengan perbedaan dudukan bodinya.
Memiliki letak engine mounting di atas, timbul rasa khawatir akan bagian bawah mesin yang mudah mentok dan terbentur benda keras, seperti batu atau polisi tidur yang tinggi.
Dan jika dilihat memang bagian kolong mesin cukup terekspos. Apalagi dengan genre motor matic adventure, bukan tak mungkin jika Honda ADV 160 akan digunakan pemiliknya untuk blusukan dan melintasi beragam kondisi jalan.
Mesin Honda ADV 160 2022 Gampang Mentok?
Kebetulan selama menjajal Honda ADV 160 ini dipakai touring Jakarta-Puncak via Cipamingkis pada 19 Juli 2022 kemarin, jalur yang dilewati beragam. Dari aspal mulus, aspal rusak, kerikil, gravel hingga bebatuan.
Kami melintasi jalan rusak dengan santai, dan bahkan sesekali sengaja melindas lubang yang besar dan dalam, dengan kecepatan lumayan tinggi. Sengaja untuk mengetahui apa serawan itu kolong mesinnya.
Alhasil terdengar suara 'braakkk!' setiap kali sengaja menghantam lubang. Crankcase mesin mentok? Bukan, ternyata suara benturan tadi diduga berasal dari standar tengah. Lantaran bagian kolong mesin pun aman tanpa ada bekas-bekas terbentur.
Yup, setelah diamati memang posisi standar tengah termasuk rendah, dekat dengan dinding ban sehingga mudah mentok benda keras, utamanya bagian ujung standar tengah yang memang paling rendah.
Belum lagi saat benturan, ada kemungkinan standar tengah juga turun karena momentum benturan. Sebagai informasi saja, jarak terendah dari Honda ADV 160 adalah 165 mm, lebih tinggi dari Honda PCX 160 yang cuma 135 mm saja.
Tapi jika masih ada rasa khawatir, tak ada salahnya memasang engine guard untuk kolong mesin dengan bahan pelat. Sudah dijual bebas di toko online dengan pilihan harga dan bahan yang bervariasi, sesuaikan saja dengan budget.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil