window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok?

Harry · 23 Agu, 2022 12:00

Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok? 01

Honda ADV 160 2022 dipakai touring.
  • Lewat jalur Puncak 2 yang kondisi jalannya rusak.
  • Melintasi jalur pegunungan.
  • Sengaja menghajar lubang jalan yang dalam.

Beberapa waktu lalu PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak awak media untuk merasakan sensasi berkendara Honda ADV 160 2022. Produk motor matic paling terbaru mereka yang dirilis awal Juli lalu.

Bukan di area test ride yang berada di Safety Riding Park AHM di Cikarang, tapi dipakai touring. Ya walau memang jaraknya tak terlalu jauh dan hanya 1 hari perjalanan saja.

Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?

Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok? 02

Jalur Puncak 2 sempit.

Rutenya dari Pulo Gadung, Jakarta Timur menuju Puncak, Bogor. Tapi gak lewat jalan yang biasa, karena rutenya melewati jalur Puncak 2 yang langsung tembus ke Cipanas, yang sudah masuk wilayah Kabupaten Cianjur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kondisi jalannya lengkap banget, dari perkotaan yang padat dengan cuaca panas, jalanan mulus dan kosong sampai jalur sempit, gravel, tanah, bebatuan, aspal rusak hingga naik-turun pegunungan. 

Mesin Gampang Mentok?

Sejak hadirnya Honda PCX 160 disusul Honda Vario 160, ada banyak kekhawatiran, akan perubahan posisi engine mounting. Pada mesin 150 cc eSP, posisi engine mounting ada di bawah sedangkan mesin 160 cc eSP+ engine mounting di atas.

Baca juga : Antrean Honda ADV 160 2022 Sampai 2 Bulan, Nih Cara Biar Dapat Lebih Cepat

Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok? 01

Kolong mesin Honda ADV 160 2022.

Perubahan ini membuat crankcase mesin rawan terbentur batu atau lubang di jalanan. Maka rasa khawatir yang sama juga ada saat AHM merilis Honda ADV 160 dengan mesin eSP+ ini.

Terlebih, Honda ADV 160 merupakan motor matic crossover yang sesekali pasti dipakai pemiliknya untuk melintasi jalan baru, dengan kondisi medan yang beragam. Resiko membentur benda keras macam batu pasti ada.

Kami pun mencoba membuktikan rasa khawatir banyak orang dengan sengaja menghajar lubang-lubang dalam selama perjalanan touring tersebut. Memang terdengar suara "brakk!" setiap kami melibas lubang dengan cepat.

Baca juga : Ternyata Bobot Honda ADV 160 2022 Naik 2 Kg dari Pendahulunya, Bagaimana Handling-nya?

Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok? 02

Dipakai blusukan menuju curug.

Untungnya unit yang kami pakai masih aman dan tak ada tanda-tanda crankcase mesin terbentur benda keras. Kira-kira bunyi tadi berasal dari mana ya?

Nah selengkapnya bisa kalian simak pada video touring Honda ADV 160 di kanal Youtube MotoFun Indonesia di bawah ini. Semoga bisa menggambarkan seperti apa rasanya touring dan menyiksa motor ini ya. Jangan lupa subscribe!


 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });