window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Diandalkan Untuk Hybrid, Bagaimana Perawatan Aki Yamaha Fazzio?

Harry · 12 Feb, 2022 14:30

Diandalkan Untuk Hybrid, Bagaimana Perawatan Aki Yamaha Fazzio? 01

Yamaha Fazzio andalkan aki saja untuk hybrid-nya.
  • Aki yang digunakan adalah Yuasa YTZ6T.
  • Harga akinya Rp 280 ribuan.

Sistem hybrid pada Yamaha Fazzio 2022 berbeda dengan Honda PCX e:HEV, lantaran hybrid hanya berupa assist pada mesin ketika hendak berakselerasi dari posisi diam, dengan batas waktu aktif sampai 3 detik dan maksimal sebelum 5.500 rpm.

Itulah kenapa Yamaha Fazzio tak dibekali baterai khusus untuk hybrid-nya, dan hanya mengandalkan baterai alias aki biasa. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun mengklaim jika soal perawatan pun akan sama dengan matic pada umumnya.

Aji Handoko, Manager Technical & Education YIMM mengatakan, fungsi aki pada Yamaha Fazzio tak hanya untuk menyalakan motor dan sumber energi komponen elektrik lainnya, namun juga membantu tenaga motor lewat fitur yang disebut Electric Power Assist Start.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Jangan Panik, Ini Sebab Hybrid Yamaha Fazzio 2022 Tak Bisa Langsung Aktif

Tenaga yang dihasilkan mesin dibantu power assist akan membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan kuat, khususnya kala berakselerasi awal yang memang paling membutuhkan torsi kuat. Kemudian efek lainnya pada efisiensi bahan bakar.

Tipe Aki Yamaha Fazzio 2022

Diandalkan Untuk Hybrid, Bagaimana Perawatan Aki Yamaha Fazzio? 01

Aki Yamaha Fazzio.

Untuk diketahui, aki yang digunakan Yamaha Fazzio pun aki biasa yang dijual bebas di pasaran. "Kapasitas akinya memang lebih besar, kita pakai 5,3 ampere Yuasa YTZ6T, sama yang dipakai Yamaha Freego ABS, Yamaha R15, jadi aki normal cuma kapasitas lebih besar," jelasnya.

Baca juga : Jadi Motor Viral, 'Racun' Yamaha Fazzio 2022 Mulai Bertebaran, Apa Saja Pilihannya?

Lantas bagaimana dengan perawatan akinya, apakah perlu perlakuan khusus? Ternyata tidak perlu, seperti dikatakan Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, Community & YRA YIMM sesuai peluncuran Yamaha Fazzio.

"Tidak perlu perawatan khusus, karena ini aki motor biasa. Pengalaman saya, kendaraan yang sering digunakan masa pakai aki juga akan panjang, beda kalau lama diam bisa saja akinya cepat soak," jelasnya.

Diandalkan Untuk Hybrid, Bagaimana Perawatan Aki Yamaha Fazzio? 02

Hybrid hanya membantu selama 3 detik.

Sebagai gambaran, aki Yamaha Fazzio merupakan jenis aki MF (maintenance free) yang bebas perawatan. Meski digunakan untuk sistem hybrid, harga akinya tak terlalu mahal, yakni Rp 287 ribu saja untuk harga eceran tertinggi.

Baca juga : Detail Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022, Matic Retro Hybrid Cuma Rp 20 Jutaan

Letak aki Yamaha Fazzio 2022 sendiri terdapat di bawah dek pijakan kaki pengendara. Tinggal melepaskan baut pakai obeng plus, maka aki sudah bisa diakses.

Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022
Mesin
Tipe mesin 4-tak, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Diameter X langkah 52,4 mm x 57,9 mm
Kapasitas mesin 124,8 cc
Rasio kompresi 11:1
Tenaga maksimal 8,4 ps @6.500 rpm
Torsi Maksimal 10,6 Nm @4.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Kapasitas Oli Mesin 0,84 liter
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal, unit swing
Ban Depan Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Ban Belakang Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Dimensi
P x L x T 1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak sumbu roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Berat Isi 95 kg
Kapasitas Tangki 5,1 liter
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ6V

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });