Untuk itu Ducati pun membuat Panigale varian khusus yang diberi nama Ducati Panigale V4R, secara bentuk mungkin memang tidak banyak perbedaan dengan varian V4 lainnya.
Namun secara spesifikasi motor ini bikin merinding! Karena dibuat sangat mendekati pacuan di WorldSBK.
Bahkan bisa dikatakan kalau Ducati Panigale V4 R ini merupakan racing homologated, jadi bisa dikatakan sebagai motor pacuan balap yang dihomologasi, diproduksi massal dan bisa dibeli.
Mesin Cuma 998 Cc
Ducati Panigale V4 biasa menggunakan mesin Desmosedici Stradale 90 derajat V4, punya kapasitas mesin 1.103 cc hasil dari kombinasi diameter piston 81 mm dan panjang langkah 53,5 mm.
Meski kapasitas mesin lebih kecil, tapi klaim tenaga maksimalnya 207 ps pada 13.500 rpm dan torsi maksimal 111,1 Nm di 12.000 rpm.
Ketika dibekali full racing exhaust menjadi 236,5 ps di 15.500 rpm dengan torsi 118 Nm pada 12.250 rpm.
Bahkan disediakan additive oil yang bisa menaikan tenaganya lebih banyak saat dikombinasi dengan knalpot full system, menjadi 243,8 ps!
“Jadi motor ini memang dipersiapkan untuk ajang balap, jadi motor produksi massal. Produksinya sendiri gak terbatas, tapi lebih diprioritaskan untuk kebutuhan balap."
“Makanya untuk Indonesia sendiri jatahnya cuma dua unit. Tahun 2023 sudah sold out dan tahun 2024 juga datang dua unit, harganya Rp 1,8 miliar,” sambung Dito.
Spesifikasi Mesin Ducati Panigale V4 R
Karena hadir sebagai motor massal yang punya spesifikasi mendekati pacuan balap, jadi gak heran kalau detail komponen mesinnya cukup spesial.
Seperti titanium connecting rods, aluminium piston dengan DLC (Diamond Like Carbon) treatment.
Desain piston baru membuatnya 5 gram lebih ringan, gigi 1 2 dan 6 yang lebih panjang terapan dari SBK ratio.
Gak ketinggalan ada ada camshaft baru yang punya angka lift lebih tinggi, klepnya pakai titanium berukuran 34 mm untuk in dan ukuran 27,5 mm berbahan besi untuk ex.