Dimensi pas, performa puas.
Mesin 125 cc bertenaga tapi irit.
Dimensi pas untuk semua orang.
Harga mulai Rp 23 jutaan.
Diantara Honda BeAT dan juga Scoopy, semua orang pasti tak bisa melewatkan Honda Vario 125 .
Yup, motor satu ini jadi salah satu model yang menyumbang penjualan cukup signifikan.
Produknya pun laris manis dibeli masyarakat Indonesia, dan hingga kini telah masuk generasi keempat.
Kapasitas mesin 125 cc dianggap pas untuk penggunaan harian, performa cukup memuaskan tanpa harus korbankan efisiensi bahan bakar.
Dari hasil pengetesan harian tim Autofun.co.id, motor ini bisa menorehkan angka 45,7 km/liter.
Menarik ya? Tapi berapa harganya terbarunya sekarang?
2 Tipe Honda Vario 125
Generasi terakhir atau keempat Honda Vario 125, dikenalkan akhir tahun 2022 lalu.
Secara desain perubahannya tidak begitu signifikan, hanya ada update minor pada bodi depan sisi samping.
Alasannya karena desain ini sudah disukai, dan pihak Honda enggan merubah bentuknya terlalu banyak.
Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda
Warna Sporty Red Black.
Saat dikenalkan, awalnya motor ini punya 2 tipe dengan 3 varian, namun kini hanya 2 tipe saja.
Pertama tentu tipe CBS (Combi Brake System) yang jadi tipe basic setiap motor matic Honda.
Pada tipe ini, tampilan motor lebih berkarakter dan penggunaan pelek serta ban yang lebih lebar dari generasi sebelumnya.
Opsi warnanya ada Sporty Matte Black dan Sporty Red Black, yang tampil atraktif dengan grafis bodi.
Tipe ini punya fitur lampu full LED, panel meter digital, konsol depan kiri dengan penutup dan ada socket USB type A.
Warna Sporty Matte Black.
Bagasi berkapasitas 18 liter bisa menyimpan helm, dan tangki berkapasitas 5,5 liter.
Kunci kontak pakai tipe pengaman magnet, dengan tombol terintegrasi untuk membuka jok.
Sedangkan tipe CBS-ISS (Idling Stop System) memiliki pilihan warna Advance Matte Black, Advance Matte Blue dan Advance Matte Red.
3 pilihan warna ini dipadu dengan kelir Burn Titanium pada bagian pelek.
Pada tipe ini Honda Vario 125 tampil elegan dengan warna polos, hanya ada emblem 3D bertuliskan Vario pada bodi belakangnya.
Baca juga : Honda Vario 125 2023 Hadir Dalam 3 Varian, Nih Beda Tiap Tipenya!
CBS-ISS Advance Matte Blue.
Tipe CBS-ISS memiliki semua kelengkapan tipe CBS, ditambah kunci kontak Smart Key System.
Jantung Pacu Tak Berubah
Mesin yang digunakan oleh Honda Vario 125 tidak ada perbedaan dengan generasi sebelumnya.
Punya spesifikasi 124,8 cc SOHC 2 katup, pendingin cairan, eSP, dan injeksi.
Diameter piston yang digunakan 52,4 mm dengan panjang langkah 57,9 mm.
Mesin 125 cc eSP masih jadi andalan.
Ruang bakarnya menggebuk perbandingan kompresi 11:1 dengan klaim tenaga maksimal 11,1 ps pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.
Salah satu keunggulan dari matic dengan kapasitas mesin kecil tentu saja konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.
Jika hasil pengetesan internal bisa 45,7 km/liter maka klaim pabrikan dengan WMTC Mode bisa menyentuh 51,7 km/liter.
Harga Honda Vario 125 Mulai Rp 23 Jutaan
Bagasi kapasitas 18 liter.
Sebagai model yang banyak disukai, berapa harga terbaru Honda Vario 125 sekarang, atau tepatnya Oktober 2024?
Well, kini sudah mulai dari Rp 23 jutaan atau tepatnya Rp 23,310 juta untuk tipe CBS.
Sedangkan untuk tipe CBS-ISS sejutaan lebih mahal dengan label harga Rp 24,965 juta, on the road Jakarta.
Harga Honda Vario 125
CBS
Rp 23,310 juta
CBS-ISS
Rp 24,965 juta
*on the road Jakarta
Kesimpulan
Jadi model favorit banyak orang.
Honda Vario 125 diklaim sebagai motor matic yang pas untuk harian, dengan dimensi proporsional, mesin bertenaga dan irit.
Bagasi 18 liter dengan 2 buah konsol di depan jadi akomodatif untuk penggunaan harian.
Namun karena desainnya tidak berubah banyak, orang-orang mengira motor ini tidak ada yang berubah dari model sebelumnya.
Spesifikasi Honda Vario 125 2025
Dimensi
P x L x T
1.918 x 679 x 1.066 mm
Sumbu Roda
1.280 mm
Tinggi Jok
769 mm
Jarak Terendah
131 mm
Kapasitas Tangki
5,5 liter
Berat Basah
111 kg
Mesin
Tipe
4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas
125 cc
Suplai Bahan Bakar
Injeksi, PGM-FI
Diameter x Langkah
52,4 x 57,9 mm
Transmisi
Otomatis, CVT
Tenaga Maksimal
11,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal
10,8 Nm @ 5.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka
Underone
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Tunggal
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
90/90-14
Ban Belakang
100/90-14