Harga Tembus Rp 98 Juta, Apa Menariknya Motor Listrik Smoto?
Fariz · 20 Okt, 2022 12:30
0
0
Smoto TC Max dibanderol Rp 98 juta OTR Jakarta
Dibekali pengereman CBS agar tekanan rem depan dan belakang lebih merata
Menggunakan controller canggih dan pintar
Smoto hadir di Indonesia sebagai motor listrik yang mengusung konsep cafe racer, beda dengan kebanyakan motor listrik yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia, karena umumnya menggunakan konsep scooter.
Produk yang dihadirkan oleh PT Star Indonesia Motorsport ini mendatangkan 2 pilihan tipe. Pertama ada Smoto TC yang dibanderol Rp 68 juta, kalau mau lebih advanced bisa tengok Smoto TC Max yang punya harga jual Rp 98 juta, semuanya on the road Jakarta.
Perbedaan utama dari kedua tipe tersebut yang membuat adanya perbedaan harga Rp 30 juta ada pada kapasitas baterai yang digunakan dan spesifikasi dinamo. Bahkan TC Max pakai dinamo mid drive, beda dengan TC yang pakai model hub drive.
Lantas apa saja suguhan fitur dan teknologi dari motor listrik ini?
Lampu Full LED
Pertama yang bisa langsung dilihat adalah adanya penggunaan lampu LED di seluruh lampu penerangannya. Seperti di dalam reflektor lampu utamanya, terdapat DRL dan LED projector sebagai penerangan utama.
Lampu rem model kotak mungil dengan lampu pelat nomer menghadap atas
Dengan adanya projector, tentu pancaran sinar yang disuguhkan Smoto akan lebih fokus. Kemudian keempat lampu sein model terpisahnya juga sudah menggunakan LED.
Lampu belakang model kotak dengan DRL LED di pinggir dan LED dots untuk lampu rem. Yang unik adalah lampu penerangan pelat nomornya yang juga LED, posisinya justru di bawah karena letak pelat nomornya di atas lampu belakang.
Controller
Berikutnya ada controller yang punya spesifikasi berbeda. Smoto TC pakai FOC Vector Controller 2.0 yang punya algoritma sistem presisi tinggi dan seamless connection.
Controller ini juga memiliki self-development smart interactive, mampu meningkatkan output power sebanyak 10%, dan rata-rata energy conversion hingga 92%.
Kemudian untuk Smoto TC Max pakai FOC Vector Controller 3.0 yang lebih canggih, controller ini lebih bertenaga dan sangat efisien. Memiliki self developed BMOS communication system dan mampu meningkatkan tenaga hingga 16%.
Power system yang sudah ditingkatkan dibarengi dengan fitur torque control untuk memberi respon lembut pada TC Max. Controller ini juga bekerja dengan tingkat akurasi kontrol yang tinggi.
CBS
Kedua tipe dari Smoto sudah dibekali rem cakram ukuran 240 mm di depan dan 180 mm di belakang, walau tanpa ABS tapi keduanya sudah menggunakan CBS alias Combi Brake System.
Kaliper depan 3 piston dan 2 slang rem untuk fitur CBS
Fitur ini bisa terlihat dari 2 buah selang rem pada kaliper depannya yang memiliki 3 piston. Dengan adanya fitur ini, pengereman akan lebih merata dan tentunya bisa lebih ampuh dalam menghentikan laju kendaraan.
Spidometer
Untuk memberi kesan klasik yang lebih terasa, Smoto menyematkan spidometer dengan desain jadul pakai kombinasi analog dan digital. Yang unik adalah penggunaan jarumnya yang seperti takometer, namun di sini berfungsi sebagai penunjuk kecepatan.
Spidometer model klasik pakai kombinasi analog dan digital
Di sebelahnya terdapat layar digital dengan isi informasi riding mode, range battery, odometer, kapasitas baterai dalam satuan persen dan bar, suhu baterai, dan beberapa lampu indikator lainnya.